Home News Sekilas Pandang Tentang ASUSPRO P5440FA, Laptop Profesional Pendukung Produktifitas

Sekilas Pandang Tentang ASUSPRO P5440FA, Laptop Profesional Pendukung Produktifitas

0

Sekilas Pandang Tentang ASUSPRO P5440FA, Laptop Profesional Pendukung Produktifitas – Setiap pebisnis pasti setuju bahwa waktu adalah sebuah hal yang sangat berharga. Maka jangan heran jika mereka akan bekerja nyaris dimana saja demi dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat. Bahkan saat sedang dalam perjalanan bisnis pun mereka bakal menyempatkan diri untuk bekerja.

Untuk itulah mereka bakal butuh sebuah perangkat laptop yang tepat demi dapat menunjang pekerjaan mereka. Karena jika hanya mengandalkan smartphone, keterbatasan fungsinya justru bakal membuat semuanya berjalan kurang optimal. Laptop yang tepat disini adalah laptop yang cocok untuk dapat bekerja secara mobile. Baik dari segi bobot, ukuran, hingga performa.

Hal itulah yang coba dijawab oleh ASUS dengan produk laptop terbarunya yaitu ASUSPRO P5440FA. Seperti namanya, laptop ini memang ditujukan untuk para profesional. Tentu ada beberapa alasan mengapa laptop ini cocok untuk digunakan oleh para profesional.

Desain Simple, Fleksibel dan Kokoh

Desain ASUSPRO P5440FAASUSPRO P5440FA menggunakan desain ultraportable yang dirancang khusus agar penggunanya bisa lebih produktif. Kalau dilihat dari segi desain, laptop ini memang terlihat simple dan tak memiliki banyak ornamen. Menurut keterangan dari ASUS, desain tersebut dipilih agar dapat memperlihatkan nuansa profesional.

Hal yang menarik adalah, pemilihan material body dari laptop ini membuatnya terasa sangat ringan ketika saya coba mengangkatnya. Menurut data dari ASUS, ia memang memiliki bobot hanya 1.23kg saja. Dan meski ringan, ASUS juga mengklaim bahwa body tersebut terbilang sangat tangguh dan memang di desain untuk tahan terhadap benturan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan akibat benturan yang mana resiko terbentur adalah salah satu hal yang bakal ditemui ketika kita menggunakan laptop saat sedang mobiling. Terlihat pula bahwa material yang digunakan tersebut tidak mudah ternodai oleh sidik jari kita.

Dimensi fisiknya juga tidaklah terlalu besar dan cukup tipis yaitu hanya 18.5mm saja. Body nya yang ringkas itu memungkinkannya untuk lebih mudah diselipkan dalam tas atau dibawa begitu saja. Hal ini bisa terwujud berkat bezel dari layarnya yang tipis.

Layar yang digunakan oleh laptop 14 inch ini menggunakan panel LED beresolusi 1920 x 1080 pixel (Full HD), serta memiliki viewing angle yang luas. Artinya, layarnya akan tetap mampu menunjukkan gambar dengan warna yang baik dan jelas walaupun dilihat dari sudut manapun.

Review ASUSPRO P5440FAKeuntungannya adalah, konten yang ditampilkan pada layar akan dapat ditampilkan dengan jelas ketika kita harus menunjukkannya ke banyak orang sekaligus, tanpa harus repot mencari sudut yang pas hanya untuk dapat melihat tampilan layar dengan jelas. Selain itu, ia juga sudah dilengkapi dengan lapisan anti-glare yang akan meminimalisir pantulan cahaya atau dengan kata lain meminimalisir efek silau saat ada sumber cahaya lain yang lebih terang.

Dari sisi layar saja, laptop ini sudah jelas sangat mendukung untuk digunakan nyaris dimana saja, khususnya diluar ruangan. Beralih ke bagian keyboard, saya rasa keyboard dari laptop ini sudah terbilang nyaman untuk mengetik. Menurut data dari ASUS, tombol yang ada di keyboard nya memiliki key pitch sebesar 19.05mm, dish key 0.15 mm, serta key travel 1.5mm. Hal ini adalah untuk menghadirkan sensasi mengetik yang pas karena kita tidak harus menekan terlalu dangkal atau terlalu dalam pada saat mengetik.

Tidak lupa, fitur backlight di keyboard juga sudah ada pada ASUSPRO P5440FA.Sehingga akan memudahkan pengguna ketika harus mengetik dalam keadaan gelap. Oh iya, fitur fingerprint scanner juga sudah disematkan di dekat touchpad. Fingerprint scanner ini sudah terintegrasi dengan Windows Hello, sehingga dapat memudahkan sekaligus memberikan pengamanan ekstra ketika akan login ke laptop.

Keunggulan ASUSPRO P5440FAKonektivitas Lengkap

Salah satu syarat bagi sebuah laptop yang menyandang gelar sebagai laptop bisnis atau enterprise adalah kelengkapan di sisi konektivitas. Berbeda dengan pengguna laptop pada umumnya, biasanya pengguna di segmen ini bakal membutuhkan beragam konektivitas khusus untuk terhubung ke berbagai perangkat kostum.

Maka, ASUS juga sudah membekali laptop ini dengan konektivitas lengkap termasuk diantaranya ada HDMI, USB Type-C, USB to LAN, USB Type-C to VGA converter, dan tentu saja USB Type-A serta Wi-Fi. Daftar lengkap untuk soal konektivitas ini bakal kusertakan dibawah ya!

ASUS juga menyediakan perangkat bernama SimPro Docking yang dijual secara terpisah. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah atau menambah konektivitas dari P5440FA menjadi sekelas PC desktop. Ditambah lagi, kita bisa menghubungkannya dengan dua monitor tambahan ketika menggunakan perangkat ini.

Performa

Spesifikasi lengkap ASUSPRO P5440FAASUSPRO P5440FA diotaki dengan prosesor Intel Core i7-8565U (generasi 8) 1.8GHz (8M Cache, hingga 4.6GHz), RAM 8GB DDR4 SDRAM, serta penyimpanan M.2 NVMe SSD berkapasitas 512GB. Prosesor yang digunakannya tersebut mempunyai 4 core dan 8 thread untuk membuatnya lebih cepat dalam melakukan pengolahan data.

Masih merasa kurang? ASUS mengklaim bahwa laptop ini juga mudah untuk di upgrade. Pengguna dapat dengan mudah mengakses slot RAM dan juga penyimpanan. Kapasitas RAM nya bisa ditambah hingga 16GB serta memiliki dua pilihan penyimpanan melalui slot M.2 dan juga slot SATA yang tersedia. Dan oleh karena memang ia tak ditujukan untuk urusan performa grafis termasuk game, maka ia hanya menggunakan grafis integrated dari Intel (Intel UHD Graphics 630).

Di sisi lain, hal ini membuat ASUS dapat memaksimalkan efisiensi daya sehingga ia lebih hemat baterai. Poin ini tentu lebih penting karena para profesional akan membutuhkan daya tahan baterai yang baik saat digunakan untuk mobiling. Berikut adalah screenshot hasil benchmarknya:

Menggunakan Windows 10 Pro dan Sistem Keamanan Mumpuni

Dari sisi software dan sistem keamanannya, sebuah perangkat kelas enterprise juga harus punya sesuatu yang lebih. ASUS juga sudah menyadari hal ini dan telah membekali ASUSPRO P5440FA dengan sistem operasi Windows 10 Pro, dan bukan Windows 10 Home yang biasa digunakan pada laptop untuk konsumen biasa. Keunggulan dari OS ini adalah ia memiliki beragam fitur tambahan untuk pengguna profesional yang tidak ada di varian Windows 10 lainnya.

Di Windows 10 Pro, kita akan mendapatkan beragam fitur eksklusif termasuk sistem keamanan canggih. Fitur eksklusif tersebut di antaranya adalah Domain Join, Group Policy Management, Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Remote Desktop, Client Hyper-V, dan Direct Access. Sebagain besar merupakan fitur yang kerap digunakan di lingkungan perusahaan.

Assigned Access 8.1 misalnya. Fitur tersebut memungkinkan administrator untuk memblokir aplikasi tertentu agar tidak bisa digunakan oleh pengguna di User Account lainnya. Fitur lainnya seperti BitLocker membuat laptop ini semakin aman dengan mengenkripsi data yang ada di dalamnya. BitLocker bahkan merupakan salah satu fitur enkripsi data yang paling canggih saat ini.

Jika Anda bekerja dengan fasilitas cloud Microsoft Azure, Windows 10 Pro merupakan pilihan yang tepat. Sistem operasi ini sudah mendukung fitur seamless connectivity untuk Azure Active Directory. Bahkan Windows 10 Pro memiliki Business Store for Windows 10.

Kesimpulan

Kekurangan dari sisi grafis kurasa bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan pada laptop ini. Karena memang, ASUSPRO P5440FA bukan ditujukan untuk bermain game atau hanya sekadar melihat konten multimedia saja. Kita mesti ingat bahwa ia memang ditujukan untuk kalangan profesional yang lebih membutuhkan soal kecepatan pemrosesan data, kenyamanan saat mengetik, body yang tangguh, daya tahan baterai yang cukup, serta bobot yang ringan agar lebih mudah saat dibawa-bawa.

Semua poin tersebut rasanya sudah bisa dipenuhi oleh laptop yang satu ini. Terlebih lagi, ia juga sudah memiliki berbagai sistem keamanan baik dari sisi software maupun hardware. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUSPRO P5440FA:

Main Spec. ASUSPRO P5440FA
CPU Intel® Core™ i7-8565U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.6 GHz)
Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 SDRAM
Storage 512GB M.2 NVMe SSD
Display 14.0” 120Hz Ultra Slim 300nits, FullHD 1920×1080 16:9, Anti-Glare NTSC 45% 
Graphics Integrated Intel UHD Graphics 630
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1x Type-A USB 3.1 (Gen 1), 1x Type-A USB 3.1 (Gen 2), 1x HDMI, 1x Fingerprint reader, 1x AC adapter plug
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac, Bluetooth 4.2
Audio Built-in speaker

Built-in array microphone

Battery 3-Cell 50 Wh Polymer Battery
Dimension  326 x 229.3 x 10.1~18.5 mm
Weight 1,23Kg with Battery
Security BIOS user password protection, HDD user password protection, TPM (Trusted Platform Module), Fingerprint reader
Price Starting From IDR 16,599,000
Warranty 3 tahun garansi global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here