Beranda News Cara Jualan di Website Simpel dan Cepat

Cara Jualan di Website Simpel dan Cepat

0

Cara Jualan di Website Simpel dan Cepat – Website adalah salah satu platform yang sering digunakan oleh pebisnis untuk mengiklankan produk mereka secara online. Seiring berkembangnya zaman, cara jualan di website juga semakin mudah dan semua orang bisa melakukannya.

Tidak diperlukan kemampuan pemrograman untuk bisa membuat website sendiri. Kamu bisa membuat website secara instan atau menjual produkmu dengan cara menumpang ke website e-commerce yang sudah besar. Untuk mendalami informasi ini, berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Jualan di Website dengan Mudah

website online shop
Vector by pikisuperstar – www.freepik.com

Secara umum penjualan di website bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu dengan membangun website dengan menyewa nama domain dan layanan web hosting murah di Indonesia sendiri atau menggunakan layanan yang sudah ada. Berikut pembahasan selengkapnya.

1.Menggunakan Layanan E-Commerce

Saat ini sudah banyak layanan website yang menyediakan tempat bagi para pebisnis online untuk mulai menjual produknya. Baik itu barang maupun jasa. Salah satu yang paling jelas terlihat adalah penggunaan e-commerce.

Kelebihan ketika kamu memutuskan untuk menjual di e-commerce adalah, kamu tidak hanya akan menjual produkmu melalui website tapi juga aplikasi mobile. Karena hampir semua e-commerce besar pasti memiliki aplikasi mobile mereka sendiri. Selain e-commerce terkenal seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli, kamu juga bisa menjual produkmu melalui website e-commerce kurang terkenal tapi memiliki niche spesifik.

Misalnya untuk penjualan mobil, ada website khusus penjualan mobil namun kurang terdengar di telinga masyarakat. Tapi peluang jangkauan calon customer tetap tinggi karena pasarnya sudah spesifik.

Kedua cara di atas sama-sama efektif tergantung produk apa yang ingin kamu jual. Tidak ada cara jualan di website yang pasti untuk metode ini. Kamu harus mencari tahu, melakukan trial and error, dan terus melakukan optimasi dengan toko online yang sudah kamu buat.

2.Membangun Website Sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan membangun websitemu sendiri. Cara ini terdengar lebih profesional karena kamu akan memiliki website dengan brand-mu sendiri. Tapi pastinya membangun website sendiri bukanlah hal yang mudah. Setidaknya berikut beberapa step yang harus kamu lakukan :

  • Menentukan Nama Website

Menentukan nama website adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Ini akan berpengaruh pada nama domain yang akan kamu gunakan nantinya. Kamu bisa menggunakan nama toko yang sudah dibuat sebelumnya atau membuat tagline baru.

  • Memilih Layanan Hosting

Cara jualan di website yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih layanan hosting yang tepat. Hosting yang digunakan oleh website-mu akan berpengaruh besar terhadap performa website nantinya.

BACA JUGA : Layanan wordpress hosting terbaik

Jika kamu berpotensi memiliki pengunjung yang sangat banyak, maka pastikan kamu mengambil paket dengan bandwith yang sesuai. Atau kalau tidak website milikmu akan sering down karena tidak bisa menampung semua pengunjung dalam waktu bersamaan.

  • Mengatur CMS

Membuat website sendiri dan menerapkan CMS mungkin akan memakan waktu dan biaya. Apalagi jika kamu menggunakan jasa programmer, maka biaya yang dikeluarkan bisa sangat besar.

CMS atau Content Management System adalah sebuah sistem dimana website bisa membuat, mengubah, dan menghapus konten yang ada di dalamnya. Persis seperti e-commerce yang sudah banyak tersebar saat ini.

Satu di antara banyak platform Content Management System terbaik yang mudah digunakan yakni WordPress. WordPress sudah menyediakan banyak template untuk online shop. Kamu bisa menggunakannya dengan sangat mudah dan juga bisa dikustomisasi.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menggunakannya, kamu bisa mempelajarinya dengan menonton tutorial di Youtube atau bahkan mengambil kursus berbayar agar bisa mendalaminya.

Sama seperti website yang lain, menggunakan WordPress masih mengharuskanmu untuk mengatur hosting sendiri. Jadi pilihlah perusahaan hosting terpercaya.

Tips Optimasi Penjualan di Website

1. Memanfaatkan Iklan

Cara jualan di website adalah hal yang susah-susah gampang. Apalagi bagi kamu yang masih pemula. Karena belum ada traffic yang berarti ke websitemu, maka jangan ragu untuk menggunakan layanan iklan.

Saat ini ada banyak layanan iklan yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung. Bisa menggunakan layanan iklan media sosial seperti IG ads, Facebook ads, Tiktok ads, atau non media sosial seperti Google ads.

2.Membuat Konten yang Bagus

Iklan tidak akan berarti jika kontenmu kurang bagus. Konten yang baik dapat menarik banyak orang untuk melihat-lihat website-mu, dengan harapan mereka akan tertarik dengan produk lalu berakhir dengan melakukan transaksi.

3.Melakukan Optimasi pada E-Commerce

Khusus jika kamu menggunakan pemasaran e-commerce, maka jangan ragu untuk melakukan optimasi ala e-commerce. Umumnya masing-masing e-commerce memiliki algoritma sendiri. Mempelajari algoritma tersebut bisa menjadi bekal bagus untuk meningkatkan penjualanmu.

Jangan lupa e-commerce juga memiliki sistem iklan. Menggunakannya juga bukan menjadi sebuah masalah karena potensi pembeli akan meningkat dengan melakukan iklan.

Tidak ada aturan atau tips khusus untuk cara jualan di website. Semua bisa tergantung pada apa yang kamu jual dan di platform mana kamu memutuskan untuk menjualnya. Melakukan trial and error adalah cara terbaik untuk menemukan formula yang tepat pada pemasaran online milikmu.

Artikel sebelumnyaTips Memulai Jasa Percetakan, Calon Pengusaha Wajib Tahu!
Artikel selanjutnyaBakal Hadir di Indonesia Nih! Laptop Bisnis Dengan Konektivitas 4G & 5G Dari ASUS
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini