Cara Mengunci Jaringan Pada ASUS Zenfone

Cara Mengunci Jaringan Pada ASUS Zenfone – Saat pertama kali menggunakan Zenfone, mimin sempat dibuat bingung karena tidak ada setting untuk mengunci jaringan baik itu 3G/WCDMA (HSDPA) Only, GSM Only ataupun semacamnya. Oke mungkin ini bukanlah sebuah masalah besar, namun akan menjadi sangat menyebalkan ketika kita sedang asyik browsing lalu jaringan yang tadinya menunjukkan huruf H (HSDPA) mendadak berubah menjadi E (EDGE). Kebayang kan lemotnya seperti apa?

Mimin sudah coba untuk mencari settingannya namun mimin tidak menemukannya. Tapi tenang, itu bukan berarti kita tidak bisa “memaksa” perangkat agar tetap di jaringan 3G atau HSDPA karena mimin sudah menemukan caranya. Cara ini secara tidak sengaja mimin temukan ketika berkunjung ke blog Oom Yahya dan membaca salah satu artikel yang ada disana. Berarti bukan mimin donk penemu caranya? Ya bukanlah! Hihi ๐Ÿ˜›

Oke, lupakan soal temu-temuan. Di posting ini mimin bermaksud untuk membagikan cara yang sudah mimin singgung diatas untuk kamu para pengguna perangkat ASUS Zenfone baik Zenfone 4, 5 ataupun 6. Sayangnya mimin tidak bisa mencoba metode ini pada perangkat Fonepad karena perangkat tablet kesayangan mimin itu sudah berpindah tangan secara paksa & tanpa ijin beberapa waktu lalu. Baiklah, silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk melakukannya:

1. Buka aplikasi Phone dialer (icon telepon, yang biasanya untuk memasukkan no telepon, cek pulsa, dll) pada perangkatmu. Sekarang ketikkan kode berikut pada Zenfone mu :

*#*#4636#*#*

Selanjutnya perangkat akan masuk pada menu Testing. Nah pada menu ini silahkan kamu pilih menu Phone information seperti pada gambar dibawah ini.
Menu testing pada ASUS Zenfone
2. Pada menu Phone info ini akan muncul berbagai informasi mulai dari kekuatan signal, lokasi dan banyak lagi. Silahkan scroll layar kebawah hingga kamu menemukan tulisan WCDMA preferred (dibawah option Set preferred network type) seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan klik pada icon yang ditunjukkan oleh tanda panah seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Memilih setting jaringan pada ASUS Zenfone
3. Akan muncul menu drop down seperti pada gambar dibawah ini. Nah sekarang kamu bisa menentukan pilihan pada perangkatmu apakah akan dikunci pada jaringan 3G/HSDPA saja (no 1), jaringan 2G saja (no 2) atau membiarkan perangkat menentukan sendiri seperti pengaturan default (no 3). Pada pengaturan default (WCDMA preferred) perangkat akan secara otomatis menentukan apakah harus menggunakan jaringan 3G atau EDGE sesuai dengan kekuatan jaringan, dimana perangkat akan lebih mengutamakan untuk terhubung di jaringan 3G.
Mengunci jaringan pada ASUS Zenfone
Namun perlu diketahui bahwa jika kamu memaksa untuk mengunci jaringan 3G pada area yang tidak memiliki koneksi 3G yang baik, maka itu akan berdampak pada penggunaan baterai dimana daya baterai akan lebih cepat habis.

Nah itulah trik untuk mengunci jaringan pada ASUS Zenfone agar tetap stabil di 3G/HSDPA ataupun 2G/EDGE. Jika kamu rasa kode diatas terlalu sulit untuk diingat, maka kamu bisa mencatatnya pada aplikasi Quick Memo atau SuperNote yang ada pada Zenfone mu. Silahkan jelajahi Techijau.comย untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Referensi & Sumber gambar : Oom Yahya
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P