Home Pengetahuan Dasar Istilah Pernah Lihat Tombol Tambahan Pada Mouse Gaming? Ternyata Ini Fungsinya!

Pernah Lihat Tombol Tambahan Pada Mouse Gaming? Ternyata Ini Fungsinya!

80
0

Pernah Lihat Tombol Tambahan Pada Mouse Gaming? Ternyata Ini Fungsinya! – Beberapa waktu lalu mimin sempat iseng mencari mouse di situs e-commerce untuk menggantikan mouse punya mimin yang sudah mulai sering ngambek. Jelas dong, di situs tersebut bakalan muncul berbagai produk mouse yang beraneka ragam merk dan bentuknya.

Kemudian ada satu produk mouse gaming yang menarik perhatian mimin. Bukan karena desain nya yang lebih stylish, melainkan karena mimin melihat ada beberapa buah tombol tambahan pada mouse tersebut. Iya, tombol yang belakangan mimin baru tau bahwa itu adalah tombol macro, membuat mimin penasaran untuk membelinya. Yaa sekalian pengen tau aja sih gimana rasanya pakai mouse gaming. Toh harga dari mouse itu juga nggak jauh beda sama mouse standar.

Pesanan tiba, mimin pun kemudian membaca keterangan dalam kemasan untuk mencari tau apa fungsi dari tombol macro tersebut. Secara garis besar sih keterangannya adalah tombol-tombol tersebut bisa di kustomisasi dan di program sesuai dengan keinginan kita. Makin bingung dong? Jelas! Yaudah, mimin pun memutuskan untuk mencoba fitur tersebut hingga kemudian menemukan jawabannya.

Salah Satu Standar Yang Menjadi Keunggulan dari Mouse Gaming!

Fungsi tombol macro mouse gamingTernyata, tombol macro pada mouse gaming tersebut punya fungsi sebagai shortcut (pintasan / cara cepat) untuk menjalankan perintah-perintah tertentu, yang sebelumnya sudah kita setting.

Jadi kalau misal kita set tombol macro itu untuk menekan angka 1, 2, dan 3, maka ketika kita klik tombol macro nya, otomatis laptop atau PC kita bakalan mengetikkan angka 1, 2 dan 3. Contoh sederhananya:

  • Tombol 1 = Ctrl + C
  • Tombol 2 = Ctrl + V
  • Maka ketika kita ingin menekan tombol Ctrl + C, maka kita cukup menekan tombol 1 pada mouse. Atau jika ingin menekan tombol Ctrl + V, maka kita cukup menekan tombol 2 pada mouse.

Dan ingat, perintah tersebut bisa kita ganti-ganti sesuai dengan yang kita inginkan. Kegunaannya jelas sangat membantu ketika kita bermain game. Misalnya untuk mempermudah kita mengganti senjata, menambah HP, atau menjalankan fungsi-fungsi lain di game dengan hanya menekan tombol macro.

Dan ya, ini bisa dibilang merupakan salah satu keunggulan dari mouse gaming, dimana saat ini tombol-tombol tersebut sudah menjadi sebuah fitur standar bagi sebuah mouse gaming yang juga menjadi salah satu faktor yang membedakannya dengan mouse biasa.

Bukan Cuma Untuk Gaming

Mimin sendiri juga sudah memanfaatkan tombol macro pada mouse ini untuk urusan lain agar lebih produktif. Salah satunya adalah untuk urusan mengedit video karena mimin sudah mengubah settingannya agar menjadi shortcut untuk memotong video pada aplikasi pengedit video yang mimin gunakan.

Sehingga, tiap kali mimin ingin memotong bagian dari video yang mimin edit, mimin hanya tinggal menekan tombol yang ada di mouse tanpa perlu menggeser posisi tangan kiri yang standby diatas keyboard.

Oiya ada lagi nih! Bukan hanya dapat di set untuk mengatur tombol apa saja yang ingin kita jadikan shortcut, tapi kita juga bisa mengatur delay dari masing-masing tombol. Untuk penjelasan lengkapnya, coba deh intip contohnya di halaman cara mengatur tombol macro pada mouse gaming Fantech.

Oke mungkin segitu aja untuk posting kali ini. Semoga bisa dimengerti dan semoga bermanfaat! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here