Home News Mouse Biasa vs Mouse Gaming, Bedanya Apa?

Mouse Biasa vs Mouse Gaming, Bedanya Apa?

60
0

Mouse Biasa vs Mouse Gaming, Bedanya Apa? – Kita semua pasti sudah tau kalau “gear” atau perlengkapan yang ditujukan untuk para gamers pada umumnya memiliki desain yang lebih agresif ketimbang perlengkapan biasa. Salah satunya adalah mouse gaming yang kali ini akan kita bahas.

Peran mouse memang sangat penting untuk menjalankan aktifitas dengan komputer. Karena dengan hardware inilah kita bisa dengan mudah melakukan berbagai navigasi. Namun belum pernah terpikirkan sebelumnya bahwa ternyata mouse bisa memiliki peran yang bahkan lebih penting lagi ketika menjalankan game di pc atau laptop yang kita gunakan.

Awalnya mimin kurang tertarik dengan mouse gaming karena mengira bahwa letak perbedaan antara mouse gaming dengan mouse biasa adalah hanya dari sisi bentuk fisik alias desain. Iya, saat itu mimin berpikir bahwa fungsi antara keduanya tuh palingan yaa sama aja, cuma gitu-gitu aja. Namun ternyata pendapat itu terbantahkan setelah mimin memutuskan untuk coba membeli mouse gaming.

Perbedaan Mouse Gaming vs Mouse Biasa

Bedanya mouse gaming dengan mouse biasaSebelumnya disclaimer dulu ya, kalian perlu tau bahwa gaming gear yang mimin beli tersebut merupakan mouse gaming murah dari Fantech yang harganya cuma beda tipis dibandingkan dengan mouse biasa. Dan posting ini ditulis berdasarkan pengalaman menggunakan mouse tersebut. Secara garis besar, “feel” ketika menggunakannya memang nggak jauh beda.

Namun untuk urusan fungsi, memang benar bahwa gaming gear yang satu ini memiliki fitur lebih yang bisa dibilang menjadi keunggulan dari mouse gaming, sekaligus juga menjadi sebuah fitur yang membedakannya dengan mouse biasa. Salah satu fitur yang mimin maksud disini adalah adanya tombol-tombol tambahan yang bisa di kustomisasi fungsinya.

Kesemua tombol yang terdapat pada mouse gaming (termasuk tombol klik kiri & klik kanan) memiliki fungsi macro. Artinya, masing-masing dari tombol yang ada itu bisa kita ubah fungsinya sesuai dengan keinginan kita. Sederhananya, kita bisa mensetting tombol tersebut sebagai shortcut untuk membantu kita dalam mengontrol permainan. Jadi nggak cuman buat klik kiri dan klik kanan doang.

Misal kalau dalam game FPS, kita bisa mengatur tombol pertama pada mouse untuk reload senjata, dan tombol kedua untuk ganti senjata. Itu contoh sederhana aja loh ya. Mimin sudah pernah membahas soal tombol macro ini pada posting sebelumnya.

Keistimewaan lain dari mouse gaming adalah, ia memiliki lebih banyak pilihan sensitifitas yang bisa kita atur. Jadi range DPI nya itu kita bisa atur lebih leluasa, misal mulai dari DPI 800, hingga DPI 3200 atau bahkan lebih. Semakin tinggi DPI nya, maka mouse akan semakin sensitif terhadap pergerakan tangan kita.

Hal ini sedikit banyak akan membantu kita ketika bermain game FPS. Karena kalau misal kita pakai senjata biasa, kita bisa set DPI lebih tinggi agar pergerakan makin sensitif / cepat, sementara kalau misal kita mengganti ke senjata jarak jauh (snipper), maka kita bisa mengubah sensitifitasnya ke DPI yang lebih rendah agar kita dapat membidik dengan lebih akurat.

Asiknya, untuk dapat mengganti DPI tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu hanya dengan menekan salah satu tombol yang ada, yang sudah kita setting sebelumnya.

Bagi para pecinta game FPS, urusan DPI pada mouse ini menjadi amat sangat penting peranannya. Sehingga, sangat disarankan bagi kamu untuk memperhatikan seberapa luas range DPI yang dimiliki oleh mouse yang kamu incar sebelum kamu membelinya.

Sementara bagi para penggemar game non FPS, mimin rasa hal ini tak perlu terlalu menjadi hal yang dipermasalahkan ya. Yang penting adalah pastikan mouse gaming yang akan kamu beli itu punya tombol dengan fungsi macro. Karena kadang kan ada tuh mouse yang judulnya doang “mouse gaming” tapi fiturnya sama aja seperti mouse biasa. Cuma beda casing doang 😀

Dan mungkin masih ada beberapa hal lain yang belum mimin ketahui soal mouse gaming. Karena seperti disclaimer yang udah disebut diatas tadi, posting ini ditulis berdasarkan pengalaman mimin menggunakan mouse gaming yang harganya murah. Dan mimin belum pernah nyobain mouse gaming yang mahal-mahal, dimana bisa jadi ada beberapa hal lain yang membuatnya makin istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here