Home News HP Seperti Apa yang Nyaman Digunakan Bermain Game?

HP Seperti Apa yang Nyaman Digunakan Bermain Game?

12
0

HP Seperti Apa yang Nyaman Digunakan Bermain Game? – Semakin hari, game yang beredar untuk smartphone jumlahnya semakin bertambah sekaligus menjadi semakin menarik, baik dari sisi gameplay maupun grafis. Hal ini tak lepas dari perkembangan smartphone yang makin hari kian mutakhir.

Aktivitas bermain game di smartphone pun kini menjadi sangat populer, bahkan seakan menjadi hobi baru bagi para pemilik smartphone. Walau demikian, beberapa game yang kini tengah populer adalah game berat yang menampilkan grafis kelas tinggi, sehingga tak semua pengguna smartphone bisa menikmati game tersebut dengan baik.

Game yang memiliki grafis kompleks membutuhkan kekuatan lebih untuk dapat dimainkan. Jika spesifikasi pendukung performa dari HP yang digunakan ternyata tak cukup baik, maka game yang dimainkan akan terasa berat, lemot, gerakan tidak mulus, atau bahkan tak bisa berjalan sama sekali (ini sih jarang terjadi ya). Gejala seperti itu jelas akan membuat pengalaman dalam bermain game menjadi kurang menyenangkan. Terkadang masalah tersebut menjadi salah satu penyebab kekalahan ketika bermain karena kita tak dapat mengontrol permainan dengan lancar.

HP Seperti Apa yang Bagus untuk Bermain Game?

Hape untuk main PUBGBeberapa game yang tengah populer saat ini adalah AoV dan Mobile Legend untuk kategori MOBA, PUBG untuk kategori FPS, lalu Real Racing 3 dan Asphalt 9 untuk kategori game balap.

Sebagian besar dari game tersebut bisa dikatakan sebagai game berat. Semakin baik spesifikasi yang dibawa oleh sebuah smartphone, maka ia akan mampu menjalankan semua game berat itu dengan semakin baik. Beberapa vendor smartphone bahkan sudah merilis produk HP khusus yang dioptimalkan untuk game.

Akan tetapi, umumnya HP khusus gaming itu harganya juga tidak murah, sehingga tak semua orang bisa menjangkaunya. Tapi kita tak perlu berkecil hati karena saat ini sudah cukup banyak HP dengan harga terjangkau yang sudah mampu menjalankan game berat tanpa kendala berarti.

Syarat Minimum Agar HP Dapat Menjalankan Game Dengan Baik

Hape murah untuk gamingHal pertama dan paling penting untuk dipertimbangkan jika kamu membeli HP Android untuk kebutuhan gaming adalah storage alias kapasitas penyimpanan. Pilihlah HP yang memiliki storage minimal 32GB. Mengapa?

Jika kita memilih HP yang punya kapasitas penyimpanan 16GB, kapasitas “sebenarnya” adalah hanya 14 koma sekian GB. Lalu, sistem di HP akan membutuhkan ruang sekitar 4GB sampai 6GB (HP yang menggunakan firmware dengan custom UI biasanya akan membutuhkan ruang yang lebih banyak).

Dari sini saja, ruang tersisa yang bisa kita manfaatkan adalah sekitar 8GB. Pada umumnya, sebuah game berat akan membutuhkan ruang minimal 1.5GB. Saat ini ada game yang membutuhkan ruang hingga lebih dari 5GB. Storage tentu akan semakin sesak jika kita juga menginstal banyak aplikasi lain. Akibatnya, storage akan cepat penuh sehingga akan muncul berbagai gejala yang tak menyenangkan.

Yang kedua adalah soal chipset (CPU dan GPU). Mimin sangat menyarankan untuk memilih HP yang menggunakan CPU alias prosesor dengan teknologi fabrikasi 14nm (semakin kecil semakin baik) karena prosesor yang menggunakan teknologi tersebut biasanya memiliki temperatur yang lebih rendah (jika dibandingkan dengan prosesor 28nm). Meski begitu, clock speed dan juga arsitektur dari prosesor yang digunakan juga turut berpengaruh pada temperatur dan juga performa. Arsitektur Cortex-A53 biasanya akan lebih adem walau memiliki clock speed 2.0GHz. Namun untuk urusan performa, ia akan kalah dengan Cortex-A73 yang memiliki clock speed setara meski efek sampingnya adalah temperatur dari chip Cortex-A73 akan sedikit lebih tinggi ketika sedang bekerja keras.

Pada tahun 2018, HP murah yang siap digunakan untuk gaming adalah HP yang minimal sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon seri 625 dan di atasnya. Snapdragon 450 pun sebenarnya sudah menggunakan teknologi fabrikasi 14nm. Namun, chipset seri ini adalah versi downgrade (yang tentu lebih murah) dari Snapdragon 625 sehingga performanya jelas akan di bawah Snapdragon 625. Ada beberapa chipset selain dari Qualcomm yang bisa kita pilih, misalnya Exynos, Kirin, dan juga MediaTek (minimal Helio P20). Yang penting, carilah informasi apakah chip yang digunakan tersebut sudah sesuai dengan apa yang Mimin sebut atau tidak.

Yang terakhir adalah soal RAM. Pilihlah HP yang memiliki kapasitas RAM minimal 3GB. Kalau mau pakai HP yang punya RAM 2GB pun sebenarnya masih sanggup untuk main game berat, namun akan lebih baik jika RAM-nya lebih besar, dan 3GB adalah yang paling pas untuk tahun 2018 ini. Jika RAM-nya kurang, maka game akan terasa tersendat saat ada aplikasi lain yang berjalan di background, misalnya saat ada SMS datang atau ketika group chat sedang ramai-ramainya.

Nah itulah beberapa poin yang menjadi syarat minimum untuk HP yang akan digunakan untuk bermain game berat. Biasanya, HP yang sudah memenuhi persyaratan di atas akan dibanderol dengan harga mulai 2 hingga 6 jutaan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah baik di toko fisik maupun toko online atau situs e-commerce terpercaya seperti Shopee.

Bukan syarat mutlak memang, akan tetapi apa yang Mimin sampaikan di sini adalah rekomendasi agar kamu bisa bermain game dengan layak. Dalam arti, nyaman dilihat karena frame rate-nya tinggi (lebih mulus pergerakannya) serta temperatur saat digunakan masih “manusiawi”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here