Home Tips dan Trik Baca Ini Jika Kamu Terganggu Dengan Notifikasi Yang Muncul Diatas Layar!

Baca Ini Jika Kamu Terganggu Dengan Notifikasi Yang Muncul Diatas Layar!

45
0

Baca Ini Jika Kamu Terganggu Dengan Notifikasi Yang Muncul Diatas Layar! – Lagi asik konsen buat main game, eh tiba-tiba ada notifikasi chat yang muncul diatas layar dan seketika membuyarkan konsentrasi. Pernah ngalamin hal seperti itu? HahahahaSAMAhahaha ..

Pasti ngeselin banget dong ya, apalagi kalau misal saat itu kita mesti fokus banget. Yaa nggak asik aja kalo kita bisa kalah cuma gara-gara munculnya notifikasi WhatsApp, Line, atau aplikasi lainnya.

Secara default memang semua hape Android versi baru bakal seperti itu. Memang sih, beberapa vendor yang punya UI khusus biasanya menyematkan fitur buat memblokir atau menyembunyikan notifikasi tersebut agar tidak muncul dibagian atas layar ketika bermain game.

Namun sayangnya kebanyakan yang lain tidak menyediakan fitur tersebut. Tapi tenang, kamu nggak perlu sampai ganti hape cuma gara-gara masalah sepele itu. Karena kita masih bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa settingan yang mungkin akan sedikit merepotkan, tapi bisa menjadi solusi.

Cara Menyembunyikan Notifikasi Diatas Layar Ketika Bermain Game

1. Agar notifikasi yang mengganggu itu tidak lagi muncul dan mengganggu permainan, yang harus kita lakukan adalah mengubah ijin app notification yang bisa kita akses melalui SettingApps & notifications, pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan notifikasinya (misal dalam contoh ini adalah WhatsApp), lalu pilih menu App notifications seperti pada gambar dibawah ini.

Mematikan notifikasi WA saat main game2. Setelah itu, scroll agak kebawah dan temukan bagian Chat. Dalam contoh ini, kita akan menyembunyikan tampilan notifikasi untuk chat di grup.

Maka, pilih bagian Group notifications. Yang harus dipilih itu dibagian tulisannya ya, bukan dibagian tombol switch yang ada disebelah kanan.

Sembunyikan notifikasi chat saat main game3. Akan muncul menu pilihan seperti dibawah ini, pilih bagian Importance.

Agar notifikasi tidak muncul diatas layar4. Nah sekarang, gantilah prioritas notifikasinya menjadi High atau dibawahnya. Jika memilih high, maka hape bakal tetap mengeluarkan suara ketika ada notifikasi chat, namun tidak lagi memunculkan pemberitahuan yang turun dari atas layar seperti sebelumnya.

Terdapat pula beberapa pilihan lain yang bisa kamu lihat sendiri keterangannya.

Notifikasi saat main gameLalu kalau misal kamu juga ingin menyembunyikan notifikasi untuk chat personal (bukan grup), maka kembalilah ke langkah nomor 2 dan pilih massage notification.

Untuk aplikasi lain, harusnya sih nggak jauh beda ya. Dan sekali lagi, agak merepotkan memang karena kita harus memilih dan mensetting masing-masing aplikasi. Tapi kan yang penting kita sudah tidak tergganggu lagi, bukan?

Oke, mungkin segitu aja. Dan perlu dicatat bahwa cara diatas bukan hanya untuk menyembunyikan notifikasi saat bermain game, tapi notifikasi tersebut akan benar-benar tak akan muncul dan menginterupsi layar sama sekali.

Tapi ia bakal tetep muncul di notification bar kok, jadi kita masih bisa tau apakah ada notifikasi atau tidak. Dan satu lagi, contoh diatas diperagakan menggunakan hape Android versi Oreo. Untuk versi Android yang berbeda, mungkin tampilannya bakal tak sama persis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here