Home News Percepat Perkembangan Bisnismu Dengan Xsight

Percepat Perkembangan Bisnismu Dengan Xsight

0

Percepat Perkembangan Bisnismu Dengan Xsight – Saya yakin ada banyak sekali pengusaha atau calon pengusaha yang berpikir tentang bagaimana agar bisnis yang mereka jalankan dapat berjalan dengan baik dan efisien, sehingga perkembangannya pun bisa cepat dirasakan.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat dan memanfaatkan beberapa macam tools pendukung yang berperan untuk mempermudah proses transaksi agar bisnis dapat bergerak lebih cepat.

Sebagai contoh, dengan membuat sebuah situs khusus yang berfungsi sebagai toko online, maka kita dapat dengan mudah menampilkan produk yang kita tawarkan. Lalu kita juga dapat membuat tool untuk mempermudah proses pembayaran, sehingga proses transaksi dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Masalahnya adalah …

Dibutuhkan sumber daya yang besar, serta waktu yang relatif panjang untuk dapat membuat atau membangun tools macam itu mulai dari nol. Sebagai solusi, developer dapat menggunakan dan memanfaatkan API yang sudah tersedia, agar dapat dengan cepat membangun tools yang diinginkan tersebut.

Khususnya untuk urusan bisnis, kita bisa memanfaatkan berbagai API yang disediakan oleh xsight.

Apa itu Xsight?

Cara mempercepat perkembangan bisnisXsight adalah salah satu produk Telkom yang berfungsi sebagai self-service portal, dimana mereka menawarkan akses untuk penggunaan layanan Analitik Big Data dan juga API siap pakai yang bisa dimanfaatkan dalam membangun berbagai tools pendukung bisnis yang dibutuhkan.

Sejak tulisan ini dipublikasikan, setidaknya sudah ada 11 API yang terbagi dalam beberapa kategori yang bisa dimanfaatkan oleh developer, termasuk diantaranya adalah kategori finance, commerce, entertainment, communication, location, dan business.

Kalau kita kembali mengambil contoh skenario seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi, beberapa API yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tools pendukung wajib yang powerful adalah Blanja, SMSOTP (SMS One Time Password) dan TMoney.

Dengan API Blanja, developer bisa membangun sebuah situs e-commerce yang kaya fitur, lalu melengkapinya dengan memanfaatkan API SMSOTP untuk dapat mengirimkan SMS kepada klien/customer sebagai otentikasi keamanan dalam mengkonfirmasi pesanannya, serta memanfaatkan API TMoney untuk membuat tool agar mempermudah proses transaksi.

Kita juga dapat memanfaatkan API SMS Notification untuk membantu menyebarkan campaign atau promosi yang sedang dijalankan, melalui SMS.

Dari sini kita sudah bisa mendapatkan gambaran, bagaimana pemanfaatan tools pendukung amat penting dalam kelancaran bisnis kita. Dan bisa bayangkan, berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan jika kita tak memanfaatkan API yang sudah tersedia?

Do Business Like Never Before

API yang sudah disebutkan tadi hanyalah sebagian dari apa yang bisa kita manfaatkan, karena xsight punya sesuatu yang lebih dari itu.

Xsight dapat membantu para pemilik usaha agar dapat lebih cepat masuk ke pasar, karena mereka juga menyediakan smart insight dari Analytik Big Data xsight. Analitik Big Data dari Xsight tersebut dapat kita manfaatkan untuk membantu membuat pertimbangan, sebelum mengambil keputusan penting dalam berbisnis.

Misalnya saja ketika kita ingin membuat campaign iklan di televisi, maka kita dapat memanfaatkan UNICs, salah satu analitik dari xsight yang berguna untuk melihat rating media, melihat top channel, peak hour, hingga menganalisa program TV apa yang sedang disukai oleh pemirsa.

Sehingga, kita bisa memutuskan dimana dan kapan waktu tayang iklan yang sekiranya efektif bagi campaign yang ingin kita jalankan.

Atau, ada juga analitik bernama Risk Scoring yang akan sangat membantu bagi unit bisnis yang khususnya bergerak di bidang keuangan. Singkatnya, analitik dari xsight ini akan memberikan skor soal kelayakan calon pelanggan, untuk membantu Credit Analyst dalam mengambil keputusan apakah calon nasabah tersebut layak mendapat pembiayaan atau tidak.

Skor yang diberikan tersebut dibangun dan diproses menggunakan Big Data dari Telkom, dengan melihat payment behavior, rata-rata tagihan bulanan, serta data lain dari tiap individu.

Nah, dari apa yang sudah saya bahas disini, tentu kita sudah mendapatkan gambaran bagaimana xsight bisa membantu para pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya, sehingga segalanya dapat berjalan secara efisien, baik dalam hal waktu, maupun sumber daya.

Sehingga, kita bisa memasukkan unit bisnis ke pasar dengan lebih cepat, serta bisnis dapat kita jalankan dengan lebih lancar karena perputaran transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Dan dengan demikian, akan ada lebih banyak waktu dan tenaga untuk berfokus dalam menyusun langkah-langkah penting yang akan dilakukan di masa mendatang. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai xsight, kita bisa mengunjungi situs resminya di link ini.

Punya ide brilian untuk memanfaatkan API xsight? Ikuti saja kompetisi Hackathon Telkom untuk berkesempatan meraih total hadiah senilai 200 juta rupiah! Kompetisi ini dibuka sampai tanggal 11 Februari 2018, dengan 4 kategori berbeda yakni kategori E-commerce, Logistik, Payment/Fintech, dan juga kategori Umum. Silakan kunjungi situs resminya untuk info lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here