Beranda Pengetahuan Dasar Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore?

Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore?

183

Kenapa Samsung Z2 Tizen Tidak Ada PlayStore? – Salah satu hape yang sedang jadi perbincangan hangat di akhir tahun 2016 ini adalah Samsung Z2, sebuah smartphone yang sedang gencar di promosikan oleh Samsung melalui berbagai media.

Spesifikasi Samsung Z2Perangkat ini membidik kelas entry-level yang jelas, sangat mengandalkan harga murah (dibawah sejutaan) serta konektivitas 4G LTE sebagai daya tarik utamanya. Dan menurut mimin, Samsung Z2 merupakan alat bagi Samsung untuk memperkenalkan sistem operasi Tizen yang juga digunakan oleh perangkat ini.

Iya, ini OS nya Tizen loh, bukan Android. Nah bicara soal OS ini, beberapa waktu lalu ada salah satu pemilik Samsung Z2 yang bertanya seperti ini :

Kok Samsung Z2 nggak ada PlayStore nya sih? Terus bisa dipasangin PlayStore gak? Kalau bisa, bagaimana caranya?

Wah wah, sepertinya pertanyaan ini salah alamat karena mimin sendiri belum pernah mencoba Samsung Z2. Tapi, disini mimin akan coba bantu menjawab sedikit yaa, berdasarkan apa yang mimin tau. Jadi gini, gaes….

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, Samsung Z2 itu menggunakan sistem operasi Tizen, yang merupakan OS hasil pengembangan dari Samsung sendiri, dan bukan menggunakan OS Android seperti yang digunakan oleh sebagian besar smartphone lainnya.

BACA JUGA : Spesifikasi Lengkap Samsung Z2

Sedangkan PlayStore adalah sebuah toko aplikasi resmi bagi semua perangkat yang menggunakan OS Android. Sehingga, sangat wajar jika ternyata kamu tak menemukan aplikasi PlayStore pada Samsung Z2 karena sekali lagi, ia tidak menggunakan OS Android.

Lalu, apakah bisa hape ini dipasangi aplikasi PlayStore? Jawabannya, ya jelas nggak bisa dong! Setidaknya, sampai saat tulisan ini dipublikasikan. Kalaupun bisa (karena di modding dsb), kemungkinan sih yaa bakalanΒ ada kendala lain seperti misalnya soal kesesuaian aplikasi.

OS Tizen sendiri sebenarnya sudah mempunyai Tizen Store yang merupakan toko aplikasi resminya. Jadi, kalau kamu mau install aplikasi di hape Samsung Z2, kamu bisa mampir ke Tizen Store yang aplikasinya juga udah tersedia kok.

Di Tizen Store ini sebenarnya kita bisa menemukan cukup banyak aplikasi, mulai dari game, hingga aplikasi mainstream seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, Facebook, dan LINE Messenger. Tapi sayangnya aplikasi mainstrean lain termasuk BBM ternyata belum tersedia untuk OS ini.

Oke, mungkin hal ini terbilang sepele yaa, tapi berdasarkan apa yang mimin lihat, apps BBM masih menjadi salah satu aplikasi favorit bagi para user smartphone. Sehingga ketiadaan apps ini bisa dianggap sebagai kekurangan yang sangat tidak bisa dimaafkan. #HalahLebay

Aplikasi BBMTapi kedepannya, kemungkinan untuk bisa menginstall aplikasi BBM untuk OS Tizen masih sangat besar, meskipun kita belum tau kapan hal itu akan terjadi. Yaa kalo itu sih tergantung si Samsung bisa ngerayu BlackBerry atau nggak? Kalo misal BlackBerry nya enggan untuk mengembangkan apps messenger andalannya itu untuk OS Tizen, maka yaa terpaksa user Samsung Z2 hanya bisa gigit jari.

Jadi, sepertinya sudah jelas yaa. Kalau misalnya kamu nggak mau nunggu kelamaan soal kehadiran BBM di hape ini, kamu bisa kok beralih ke hape lain yang pake OS Android. Di kisaran harga yang sama juga udah banyak tuh yang lumayan oke! Atau kalo kamu pengen yang dari brand Samsung juga, kamu bisa lirik Samsung Galaxy J1 MiniΒ yang juga sudah pakai OS Android.

Oke, sekian dulu yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! πŸ˜€

Artikel sebelumnyaMemanfaatkan MicroSD Card di Andromax M3Y Sebagai Cloud Storage
Artikel selanjutnyaSmartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

183 KOMENTAR

  1. Katanya kalo di tizen store ada aplikasi wa,fb dan lainnya ini ko gk ada? Knpa tuch coba gk da penjelasan pula tau2 pada ngilang gitu az,,dan yang paling sebel nya itu yang ilang itu aplikasi paling penting nya lagi bikin emosi az nich

  2. Hadehh.. Mkanya kalo beli hale ditanya dlu yg detil, pke sistem operasi apa, klo mo gini gimana, mo gitu gimana. Komplain disini jg gak ngrrubah kondisi, toh ini bukan thread pihak developer. -_-

  3. Tolong tingkatkan lagi APK2 ny, ini sudah bagus tetapi masih byk yg kurang seperti, WA tidak bisa untuk melihat status/bikin status, IG tidak bisa untuk diperbaruhi tidak bisa menggandakan foto, SHARE IT nya harus pakai ACL FOR TIZEN tetapi sekarang sudah tidak ada. Tolong tambahkan APK2 nya. Pleasseee

  4. Kenapa hp z2 gk suport plyastore dan sarite jg gk suport tlng doong aplikasi di tizen ada aplikasi seperti di plyastore

  5. Gue pengen bangen punya play store bisa buat tik tok dan lain lain tapi aku cari aplikasi acl di tizen store kok gan muncul sebel banget gue untung ini hp gue nemu eman rezeki anak soleh

  6. Wa saya slalu ada perbaikan atur jam tngl yg bnar saya dah atur jam dan tnggl bnar.. Ttp jja gx bissa kbka ea.. Tolong msukanya..

    • Perbaharui di tizen store nya mba , tapi pertama2 diminta untuk perbaharui facebook dulu karena bersangkutan ,, baru perbaharui whatsapp nya di tizen store.maka whatsapp akan bisa di pergunakan seperti semula.

  7. Z2 mmng lumayan menarik,syng aqu tertipu ket*lolan sipembuat Os Tizen alias zezen keparat!!!! b*bi bod*h NGK mungkin beli HP di Cek satu persatu,yg ada yg jualin bosan ngelihat sipembeli,it NGK bro”

  8. Is sih game nya kayak tp bukan yg kt mau … Kalo boleh kasih saran ga usah pake si tizen ribet banget . emang Samsung ga mampu pake app sendiri … Pengguna mau nya yg simple bukan yg ribet mas bro …

  9. kenapa hp saya tidak bisa download aplikasi padahal say udah masukin account samsung namun setelah itu verivikasy akun sudah ada..tetap saja belum bisa buat mendownload.mhon solusinya

  10. Dulu Saya juga sudah mencoba bbm Dari uc browser-share it,Itu udah bisa.Kemudian beberapa hari kemudian udah ga bisa lagi,dicoba berulang ulang tetapi juga tidak bisa.
    Kenapa?bagaimana caranya agar bisa kembali lagi???

  11. Hahahaha koneksi OK 4g men.. Tapi aplikasi hahahaha jadulll nya hahahaha
    Lumayan lay buat bnting bantingan kalo lagi kesell hahahahaha

  12. Yaaa….. Kok kgk tizen store-nya g bisa di pake perbaharui aplikasi yg sudah diinstal…. Trus g bisa download WA…..

  13. Comment:
    bang.. gw beli z2 trus gw donlod aplikasi wa,salaam, trus gw isi pulsa..masa pulsa gw langsung abis. mungkin ga sih aplikas yg gw donlod nyedot pls ? pdhal gw udh punya paket internet.. mohon bantu bang.. trims

  14. yg belum bisa instal aplikasi android di z2,, anda kurang piknik… coba masuk group Samsung z di Facebook, maka anda akan makin saya ma HP z2 anda,, play store pun sudah bisa di install, kalau bbm sih udah lama udah bisa

  15. Saya juga pengguna samsung Z2 tp da play store soalnya perangkatnya kerasnya da gue ubah ke OS Android. Car menggantinya yg penting loe punya aplikasi DRIVE.

  16. Tolon di balas, dari Timor Leste,knapa di gara kami tidk bissa menbuka untuk downlod aplikasi di Tizenstore..tampilnya di negara anda tidk bissa di buka..

  17. Pake z2 nyesel banger gk ada game online Dan bbm ketikannya gak pas kalo punya jempol besar tapi jar 4g wow.is tizen. Lebih sekedar os.docomo

  18. Comment:min..bisa bntu cara install telegram di samsung z2.,sejk sy pkai hp ini blm bs pkai telegram.krena nyari di tizen store gk ad??

  19. Kenapa sering putus koneksi WiFi yang ya, aku koneksi WiFi bgt selancar di Tizen selalu kost koneksi gak paket paket data, kok bisa gitu y?

    • Eits, bukan sepenuhnya salah Samsung sih Kak. Yang punya kuasa untuk bikin apps itu kan developer (dalam kasus ini, BlackBerry) nya. Jadi yaa developer itulah yang memutuskan untuk menyediakan apps nya pada OS apa yang mereka mau

  20. Kasih masukan ke RIM aja biar bikin BBM buat os Tizen.. Ke samsung develovernya jg kasih msukan via tizen community, biar di rilis BBM nya..

  21. Saya pengguna samsung z2.sebenarnya nyesel karena app nya tdk sekumplit play store.tp mau gimana lg.kapan min,kr2 ada perbaikan pelayanan dr tizen store ya.

    • Nahhh, kalo itu sih cuma Samsung yang tau. Etapi kalo soal perbaikan dari segi jumlah aplikasi, tergantung dukungan dari developer juga deng (si pembuat aplikasi itu sendiri). Kalo developernya niat untuk main di Tizen OS, yaa aplikasinya bakal cepet bermunculan

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini