Beranda Pengetahuan Dasar Istilah Penjelasan Sederhana Tentang Apa Itu Stereo

Penjelasan Sederhana Tentang Apa Itu Stereo

0

Penjelasan Sederhana Tentang Apa Itu Stereo – Pada beberapa produk yang berkaitan dengan audio, kita seringkali akan mendengar kata “stereo” yang merupakan salah satu fitur dari produk tersebut. Entah itu pada produk speaker, earphone, headphone, hingga TWS sekalipun. Lalu yang jadi pertanyaan adalah, sebenarnya apa sih arti dari kata stereo?

Seperti yang kita ketahui bersama, produk-produk yang berkaitan dengan audio, pasti harus sanggup untuk menghasilkan suara. Untuk sebuah earphone ataupun headphone, biasanya mereka akan memiliki dua buah sumber suara yang berada di sebelah kanan dan kiri, yang kemudian diletakkan atau didekatkan dengan kedua telinga kita.

TWS Bluetooth earbuds untuk olahraga Philips TAT3216

Sedangkan untuk speaker, mereka punya jumlah sumber suara yang berbeda-beda. Ada yang cuma punya satu sumber suara, ada yang dua, bahkan ada yang jumlahnya 7. Nah sekarang, kita akan masuk ke pembahasan soal apa itu stereo.

Apa Itu Stereo?

Sederhananya, stereo adalah sebuah sistem audio yang dirancang agar ia dapat menghasilkan keluaran suara yang independen. Dalam arti, terkadang ia akan menghasilkan suara berbeda di sisi kiri dan kanan. Contoh paling mudah adalah saat kita menggunakan earphone. Pada sebuah earphone, pastilah akan terdiri dari sisi kiri dan sisi kanan yang masing-masing memiliki speaker driver sebagai penghasil suara.

Contoh speaker driver ukuran besar

Jika misalnya earphone yang kita gunakan itu mampu mengeluarkan suara gitar yang lebih dominan di sebelah kiri, dan suara cymbal drum yang lebih dominan di sebelah kanan (atau sebaliknya), maka earphone tersebut dipastikan memiliki sistem audio stereo.

Contoh lagu yang bisa menunjukkan hal diatas adalah intro lagu berjudul Panic Attack dari Dream Theater. Kamu bisa mendengarkannya di link ini (perhatikan sampai detik ke 40). Atau kamu juga bisa coba mendengarkan lagu berjudul Untethered Angel mulai dari menit 4:25. Jika kamu bisa mendengarkan nada suara gitar yang berbeda di sisi kanan dan kiri earphone pada lagu tersebut, maka dipastikan earphone yang kamu pakai sudah memiliki sistem audio stereo.

Nah, oleh karena harus memiliki lebih dari satu speaker driver sebagai sumber suara, maka bisa dipastikan bahwa speaker yang hanya memiliki satu buah speaker driver hanya akan mampu menghasilkan suara mono, dan tidak akan bisa menghasilkan suara stereo.

Apa Keunggulan Audio Stereo?

Keunggulan dari sistem audio stereo adalah, ia akan mampu menghasilkan suara yang lebih jelas, serta lebih jernih, sekaligus lebih indah, jika dibandingkan dengan sistem audio mono. Terlebih jika ternyata musik atau suara yang sedang diperdengarkan itu memang dioptimalkan untuk sistem audio stereo. Seperti halnya contoh lagu yang saya sertakan di atas.

Pada sistem suara mono, semua suara akan diperdengarkan oleh satu saluran suara (speaker driver). Yang mana, hal ini akan membuat semua suara menjadi menumpuk, sehingga sulit bagi speaker driver untuk mengeluarkan kesemua suara tersebut secara jelas. Terlebih, jika suara yang diperdengarkan tersebut merupakan suara (musik) yang benar-benar kompleks. Efeknya, keluaran suaranya menjadi kurang maksimal dan seringnya terkesan seperti tertahan (orang biasa menyebutnya sebagai suara “mendem”).

Sedangkan kemampuan serta keleluasaan untuk mengeluarkan suara secara independen di masing-masing sumber suara (speaker driver) pada sistem suara stereo, membuatnya bisa memperdengarkan suara dengan lebih jelas dan jernih. Bahkan dalam beberapa contoh seperti misalnya saat mendengarkan musik yang memang mengoptimalkan efek stereo, keluaran suara yang dihasilkan bakal terdengar lebih indah.

Berkat kemampuannya tersebut juga, audio stereo jadi bisa mensimulasikan posisi datangnya suara. Bukan hanya saat mendengarkan musik, tapi juga saat bermain game misalnya. Hal ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri pada game yang memang memanfaatkan efek audio stereo sebagai salah satu fiturnya. Contohnya bisa kamu perhatikan pada video gaming test dibawah ini. Jika earphone atau headphone milikmu sudah mendukung fitur stereo, maka harusnya kamu bisa mendengarkan dari mana datangnya arah langkah kaki dan juga hal lain yang ada di video ini.

Akan tetapi, perangkat audio stereo tidak akan bekerja dengan semestinya, jika ternyata file suara atau musik yang diperdengarkan itu masih menggunakan sistem audio mono. Tapi jangan khawatir. Di era modern ini, rasanya semua musik yang diproduksi sudah memanfaatkan teknik rekayasa audio stereo.

Sedangkan untuk earphone ataupun headset, terkadang kita masih akan menemukan earphone yang menggunakan sistem audio mono. Khususnya untuk earphone atau headset dengan harga dibawah 50 ribuan. Itulah sedikit pembahasan tentang apa itu stereo speaker dan apa keunggulannya. Semoga bermanfaat!

Artikel sebelumnyaBaterai Hapemu Lama Terisi Saat Di-charge? Mungkin Ini Penyebabnya!
Artikel selanjutnyaInilah Penjelasan Singkat Tentang Arti TWS, Serta Keunggulan & Kekurangannya
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini