Home News Melihat Lebih Dekat ASUS Vivobook Ultra A412 Dengan Prosesor Intel

Melihat Lebih Dekat ASUS Vivobook Ultra A412 Dengan Prosesor Intel

0

Melihat Lebih Dekat ASUS Vivobook Ultra A412 Dengan Prosesor Intel – Saat ini, sebuah ultrabook merupakan perangkat yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Salah satu alasannya adalah karena dimensi fisiknya yang mungil serta ringan, yang membuatnya lebih mudah dan praktis untuk dibawa-bawa.

Sayangnya, hampir semua produk ultrabook yang beredar saat ini cukup sulit untuk dijangkau karena harganya yang nggak santai. Dan mungkin hal itulah yang membuat ASUS berinisiatif untuk meluncurkan sebuah pilihan alternatif di lini produk Vivobook, dengan menghadirkan seri terbarunya yaitu Vivobook Ultra A412.

Review singkat ASUS Vivobook Ultra A412Laptop ini diposisikan sebagai laptop kelas mainstream, yang mana banderol harganya pun pastinya lebih terjangkau dibandingkan laptop premium sekelas Zenbook. Namun demikian, Vivobook Ultra A412 juga menawarkan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh sebuah ultrabook, yaitu dimensi fisik yang mungil, tipis, ringan, serta punya performa tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk dapat masuk ke dalam kategori ultrabook, sebuah laptop harus memiliki ketebalan maksimal 2cm. Artinya, dengan ketebalan hanya 1.9cm, Vivobook Ultra sudah bisa dikategorikan sebagai sebuah ultrabook.

Secara fisik, laptop ini hadir dengan berbagai pilihan warna cerah. Karena memang tak hanya ditargetkan untuk para pekerja saja, tetapi juga untuk anak muda agar dapat menampilkan karakter dirinya sekaligus menampilkan kesan ceria melalui pilihan warna yang ada.

Maka jangan heran jika ASUS Vivobook Ultra A412 mendapat julukan sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook”. Iya, dimensi fisiknya memang tergolong sangat kecil dibandingkan laptop kelas mainstream yang punya layar 14 inch. Ukuran panjangnya adalah sekitar 32cm serta lebar sekitar 21cm.

Pengalaman pakai ASUS Vivobook A412 IntelHal ini berkat teknologi NanoEdge Display yang membuat bezel layarnya lebih tipis dari laptop normal. Aku sendiri sudah merasakan perbedaan ketika coba mencicipi laptop ini. Dimensi fisiknya yang kecil dan lumayan tipis serta bobotnya yang cukup ringan (1.5kg) membuatnya terasa lebih praktis dan lebih mudah saat harus ditenteng begitu saja.

Ia juga sudah mendukung teknologi ErgoLift yang akan membuat permukaan bagian bawah laptop sedikit terangkat hingga membentuk sudut sekitar 2° saat layarnya dibuka. Keuntungannya adalah, ia bakal mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik karena ada ruang ekstra dibagian bawah. Sehingga temperatur saat dioperasikan akan lebih terjaga.

ErgoLift ASUS Vivobook Ultra A412 IntelSaat melakukan pengujian singkat, aku sama sekali tidak merasakan panas saat sedang mengetik menggunakan laptop ini. Bahkan ia terasa nyaman karena selain memang tombol keyboardnya terasa punya kedalaman yang pas dan empuk, fitur ErgoLift tadi juga membuat keyboardnya agak sedikit miring.

Selain itu, keyboard dari laptop ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED backlit yang bakal membuat tombolnya dapat terlihat jelas saat digunakan di ruangan gelap. Yang mana ini merupakan sebuah fitur yang bakal sangat membantu buat kamu yang harus kerja atau sedang berjuang menyelesaikan skripsi hingga larut malam.

Performa

Prosesor ASUS Vivobook Ultra A412Aku belum sempat mencoba untuk bermain game atau melakukan aktifitas berat seperti editing video menggunakan ASUS Vivobook A412. Namun diatas kertas, harusnya laptop ini sudah sanggup digunakan untuk mengedit video ataupun bermain game karena ia sudah dibekali dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 (2GB GDDR5 VRAM). Walaupun ya perlu kamu tau bahwa ia tidak ditujukan khusus untuk urusan gaming.

Yang pasti, aku merasa kecepatan loading dari laptop yang sempat aku uji ini terbilang responsif dan cepat. Hal itu berkat perpaduan antara prosesor Intel Core i7-8565U (generasi ke-8) serta penyimpanan 512GB SSD M.2 SATA. Pun demikian saat kucoba untuk melakukan multitasking.

Karena memang laptop yang kucoba ini adalah varian tertinggi dengan RAM 8GB DDR4 2400MHz (4GB on-board RAM + 4GB RAM tambahan). Kabarnya, kapasitas RAM laptop ini bisa di upgrade hingga 12GB (4GB + 8GB). Berikut adalah beberapa screenshot hasil benchmarknya:

Walaupun mengusung desain body yang tipis dan mungil, namun soal konektivitas laptop ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari USB 3.1 Type-A, USB Type-C, HDMI, audio jack, hingga microSD card reader. Sebagai pelengkap, sensor pemindai sidik jari pun sudah dimilikinya.

Sensor yang diletakkan dibagian pojok kanan atas touchpad tersebut juga sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Kesimpulan

Selain soal pilihan warna yang beragam, fisiknya yang mungil, bobotnya yang ringan, serta harganya yang cukup terjangkau membuat ASUS Vivobook Ultra A412 menjadi pilihan yang tepat bagi para pengguna muda yang menginginkan sebuah ultrabook dengan budget yang lebih sedikit.

Apalagi performa yang ditawarkan pun tak kalah dengan ultrabook kelas premium. Tak hanya itu, berita baiknya, ASUS juga menghadirkan beberapa pilihan varian yang lebih murah agar dapat disesuaikan dengan budget para calon konsumen. Mulai dari Rp 7.599.000 untuk varian termurah (Intel Core i3 + RAM 4GB) hingga Rp 13.799.000 untuk varian tertinggi (Intel Core i7 + RAM 8GB).

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS Vivobook Ultra A412 versi tertingginya:

Main Spec. ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU Intel Core i7-8565U Processor (4C/8T, 8MB cache, up to 4.60GHz)
Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 RAM
Storage 512GB M.2 SATA SSD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel HD Graphics 620

Input/Output 1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2×2), Bluetooth 4.2
Audio Sonic Master audio, Array Microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.90 (H) cm
Weight 1.5Kg with battery
Colors Peacock Blue
Price 13.799.000
Warranty 2 tahun garansi global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here