ASUS Memperkenalkan 3 Varian Zenfone 3 Series

ASUS Memperkenalkan 3 Varian Zenfone 3 Series

1112
0
SHARE

ASUS Memperkenalkan 3 Varian Zenfone 3 Series – Menjelang digelarnya event Computex yang akan berlangsung di Taiwan, hari ini, 30 Mei 2016, ASUS menyambut kedatangannya dengan menggelar lebih awal sebuah event bertajuk Zenvolution. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, pada event kali ini mereka berkesempatan untuk memperkenalkan beberapa produk terbaru mereka. Dan ya, lini produk Zenfone 3 juga termasuk di dalamnya.

ASUS Zenfone 3 Series DiperkenalkanSetidaknya ada 3 varian dari Zenfone 3 series yang saat ini sudah resmi diperkenalkan ke publik, yakni Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra. Mengusung konsep desain yang amat sangat berbeda dengan pendahulunya, ketiga varian smartphone (dan phablet) ini sangat jelas sekali ditargetkan untuk pasar yang berbeda-beda, namun sama-sama mengusung desain dan material premium.

Yap, kali ini sepertinya ASUS sangat serius untuk menggarap pasar smartphone yang memang persaingannya semakin sengit saja. Dan ketiga produk baru mereka ini nampaknya benar-benar disiapkan untuk bertarung di segmen pasarnya masing-masing.

Zenfone 3

Ditempatkan sebagai smartphone yang akan bertarung di kelas menengah, Zenfone 3 “versi dasar” ini juga merupakan varian paling murah diantara ketiganya. Ia mempunyai frame metal berlapis kaca Corning Gorilla Glass dengan sisi tumpul di tepiannya (2.5D), membuatnya nampak seperti sebuah smartphone kelas premium.

ASUS Zenfone 3Masih mempertahankan layar dengan lebar 5.5 inch IPS dengan resolusi Full HD, Zenfone 3 membawa berbagai peningkatan serta fitur baru dibandingkan dengan pendahulunya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah dari sisi kamera. ASUS membekalinya dengan sensor kamera Sony IMX298 di bagian belakangnya, yang memiliki total resolusi 16 megapixel, aperture f/2.0, yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur premium termasuk OIS (Optical Image Stabilization) 4-axis, EIS (Electronic Image Stabilization) 3-axis, serta sistem autofocus ganda yang disebut sebagai TriTech AF.

BACA JUGA : Apa Itu Aperture Pada Kamera?

Teknologi autofocus kamera “TriTech AF” yang diterapkan oleh ASUS di perangkat ini akan mengkombinasikan 3 teknologi autofocus, yakni Laser autofocus, Phase detection, serta Continous autofocus yang diklaim akan mampu menentukan fokus dengan amat cepat yakni 0.03 detik saja. Sementara itu, di bagian depannya juga telah disematkan kamera beresolusi cukup besar yakni 8 megapixel (meningkat dari pendahulunya yang hanya 5 megapixel) untuk mendukung urusan selfie.

Di sisi performa, ASUS membekalinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz, RAM 3 atau 4 GB LPDDR3, baterai 3000 mAh (support Quick charging 3.0) serta berjalan dengan OS Android v6.0 Marshmallow yang di kustomasi oleh ASUS dengan launcher ZenUI v3.0. ASUS juga telah menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang dari Zenfone 3, serta konektivitas USB Type-C 2.0.

Zenfone 3 Deluxe

Tak seperti seri Deluxe sebelumnya yang hanya memiliki sedikit perbedaan dari “versi dasar”, seri Deluxe pada lini produk Zenfone kali ini benar-benar ditargetkan untuk pasar yang berbeda serta memiliki perbedaan yang cukup jauh dengan Zenfone 3, baik dari sisi fitur maupun desain.

Zenfone 3 DeluxeBerbeda dengan Zenfone 3 yang memiliki lapisan kaca di bagian belakangnya, Zenfone 3 Deluxe mengusung desain full metal body dengan bagian belakang yang dibuat agak melengkung, agar lebih nyaman di genggaman. Ukuran layar dari perangkat ini pun dinaikkan menjadi 5.7 inch, menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD.

BACA JUGA : Perbedaan Resolusi HD, Full HD, atau QHD?

Di sisi kamera, ia dibekali dengan sensor Sony IMX318 (versi update dari sensor yang digunakan pada kamera smartphone Sony Xperia Z5) beresolusi 23 megapixel, serta mengusung dukungan fitur yang sama dengan Zenfone 3 termasuk OIS, EIS, dan TriTech AF, serta PixelMaster 3.0. Pada mode Super Resolution, kamera yang diusungnya tersebut akan mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 92 megapixel. Edan ora?

Beralih ke dapur pacu, ASUS telah membekali perangkat ini dengan chipset kelas flagship yang juga digunakan pada smartphone flagship lain termasuk Galaxy S7 dan LG G5 yakni Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core Kryo 64-bit dengan dukungan RAM ekstra besar yakni 6 GB serta berjalan dengan OS Android Marshmallow yang di kustomasi dengan ZenUI 3.0.

Kapasitas penyimpanannya pun tak main-main, mulai dari 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Kesemuanya itu ditopang oleh daya baterai berkapasitas 3000 mAh yang juga support Quick charging 3.0. Tak lupa, sensor sidik jari dan juga USB Type-C 3.0 juga sudah disematkan pada perangkat ini.

Zenfone 3 Ultra

Merupakan saudara yang paling besar dari ketiga varian Zenfone 3 yang diperkenalkan di event Zenvolution. Perangkat ini nampaknya lebih ditujukan untuk urusan hiburan karena ia merupakan varian yang memiliki dukungan fitur hiburan / multimedia yang paling kaya.

ASUS Zenfone 3 UltraBerbekal layar super besar yakni 6.8 inch IPS beresolusi Full HD, perangkat yang lebih cocok disebut sebagai phablet ini mengusung desain yang sama sekali berbeda dengan saudaranya yang lain. Menggunakan body full metal, ASUS nampak memindahkan posisi kameranya ke bagian pojok kanan atas, ditemani dengan sensor laser autofocus dan juga dual-LED flash.

Sepintas, penempatan kamera ini mirip dengan perangkat Sony Xperia X series, namun akan jelas perbedaannya ketika kita melihat tombol volume yang ternyata juga diletakkan di bagian belakang, seperti pada Zenfone 2 series. Sensor sidik jari pada perangkat ini dipindahkan di bagian depan, menjadi satu dengan tombol home yang bisa di tekan, seperti yang biasa ditemukan pada perangkat Samsung.

Zenfone 3 Ultra merupakan satu-satunya varian yang dibekali dengan stereo speaker, dukungan teknologi DTS HD Headphone X untuk pengalaman audio yang lebih baik ketika menggunakan earphone / headphone yang bakal memberikan performa / efek surround sound 7.1 channel. Di sisi layar, ASUS mengklaim bahwa display dari perangkat ini sudah dioptimasi sedemikian rupa dengan teknologi Tru2Life+ agar dapat menampilkan tampilan kontras dan ketajaman yang menawan.

Untuk urusan kamera, disebutkan bahwa ia memiliki fitur yang sama dengan kamera belakang yang dimiliki oleh Zenfone 3 Deluxe. Resolusi 23 megapixel, aperture f/2.0, dukungan OIS, dan EIS, serta teknologi TriTech AF.

Lalu untuk performa, Zenfone 3 Ultra dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 652, RAM 4 GB, serta berjalan dengan OS Android Marshmallow. Yang menarik, baterainya yang berkapasitas besar yakni 4600 mAh dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya bagi perangkat lain, layaknya Zenfone Max. Bedanya, phablet ini sudah didukung dengan fitur Quick charge 3.0.

Berdasarkan fitur yang dibawa oleh masing-masing perangkat ini, jelas ketiganya akan punya tanggung jawab masing-masing untuk bersaing di kelas yang berbeda-beda. Belum ada kabar soal kapan Zenfone 3 series akan dipasarkan di Indonesia, dan belum jelas pula apakah semua perangkat ini akan bermain di pasar Indonesia atau tidak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY