Telah Beredar Asus Zenfone Tiruan! (Hati-Hati)

Telah Beredar Asus Zenfone Tiruan! (Hati-Hati)

4074
0
SHARE
Telah Beredar Asus Zenfone Tiruan! (Hati-Hati) – Beberapa hari lalu ada seseorang yang membagikan sebuah foto dari smartphone di salah satu situs social media. Foto tersebut diambilnya dari akun seseorang yang menjual perangkat yang jika dilihat sepintas mirip dengan smartphone Zenfone dari Asus.
Asus Zenfone tiruan
Namun jika diperhatikan dengan lebih mendetail ternyata perangkat tersebut sangat berbeda dengan perangkat Zenfone aslinya. Orang yang memposing foto tersebut mengungkapkan bahwa temannya baru saja membeli perangkat yang ada pada gambar tersebut (yang diklaim sebagai Asus Zenfone 5) dari seseorang yang “berjualan online”. Parahnya, sang penjual mengklaim bahwa perangkat yang dijualnya tersebut adalah ASLI sehingga dapat meyakinkan temannya (korban) tersebut untuk membelinya.
Dan ketika sang pembeli tersebut mencoba perangkat yang baru saja dibelinya itu barulah ia menyadari bahwa smartphone yang dibelinya ternyata adalah produk tiruan atau replika (king copy / super copy) dengan kualitas yang jauh dibawah Zenfone aslinya. Berkaca dari kesalahan konsumen yang satu ini, sebaiknya kita bersikap lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi khususnya jika kita tidak bisa bertemu langsung dengan sang penjual.
Kembali membahas soal Zenfone, nampaknya popularitas perangkat ini mulai dilirik oleh oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat produk tiruan dengan kualitas yang jauh dibawahnya dan dijual kepada konsumen. Beberapa penjual memang akan langsung mengakui bahwa produk yang dijualnya adalah SC atau KC (Super Copy / King Copy) alias replika, namun tidak sedikit penjual lain yang “menipu” konsumennya dengan menyebut perangkat yang dijualnya sebagai perangkat asli demi mendapatkan keuntungan yang lebih.
Berdasarkan gambar fisik yang bisa kita lihat di gambar, sebenarnya kita bisa dengan mudah membedakan mana perangkat Asus Zenfone yang asli dengan yang palsu atau tiruan. Di bagian atas layar seharusnya terdapat logo Asus, lalu di bagian bawah layar kita bisa melihat bahwa posisi peletakan dari 3 tombol capacitive (back, recent apps dan home) yang dimiliki perangkat tiruan ternyata terbalik. Pada perangkat asli, tombol back letaknya di sebelah kiri, home di tengah dan recent apps di sebelah kanan. Kemudian icon yang digunakan pun sangat berbeda dengan aslinya, khususnya untuk icon home.
Lalu beralih ke bagian belakang. Posisi LED flash pada Zenfone 5 yang asli terletak di bagian bawah kameranya, berbeda dengan perangkat tiruan yang terletak di bagian atas kamera. Lalu lubang speaker pada perangkat tiruan letaknya sedikit lebih ke atas dibandingkan dengan aslinya. Di bagian cover belakang ini juga terlihat bahwa perangkat tiruan memiliki cover yang datar, bandingkan dengan aslinya yang lebih melengkung (cembung).
Untuk lebih meyakinkan lagi, kamu bisa melakukan atau menguji perangkat yang akan kamu beli dengan beberapa aplikasi seperti CPU-Z, AnTuTu Benchmark atau aplikasi benchmark lain untuk memastikan bahwa spesifikasi yang dimiliki sesuai dengan aslinya. Perangkat tiruan biasanya menggunakan prosesor MediaTek (MT atau MTK) sedangkan Zenfone 5 asli menggunakan prosesor Intel Atom.
Atau untuk lebih amannya sebaiknya kamu meminta pendapat dari orang yang lebih paham soal smartphone ketika kamu ingin membelinya, khususnya jika kamu membelinya secara online. Usahakan pula untuk membeli di tempat yang bisa di percaya, atau jika kamu ingin membeli dari perseorangan usahakan untuk mengajaknya bertemu ketika melakukan transaksi.
Sebagai tambahan sebaiknya kamu membaca postingan mimin yang berjudul Cara cek smartphone asli atau palsu serta Tips memilih hape bekas jika kamu berminat untuk membeli perangkat dalam kondisi bekas. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY