Peringatan Bagi Kamu Yang Suka Menginstall Aplikasi Android Diluar Play Store!

Peringatan Bagi Kamu Yang Suka Menginstall Aplikasi Android Diluar Play Store!

606
0
SHARE
Peringatan Bagi Kamu Yang Suka Menginstall Aplikasi Android Diluar Play Store! – Sebuah lubang keamanan ditemukan dan dilaporkan dapat mempengaruhi sebagian besar pengguna perangkat dengan sistem operasi Android. Menurut peneliti keamanan bluebox Labs, bug yang sudah ada sejak Android versi 1.6 ini memungkinkan pihak ketiga untuk memodifikasi aplikasi tanpa melanggar tanda kriptografinya. Itu artinya secara teoritis haackerr dapat menyusupkan malware ke dalam perangkat dalam bentuk update pada sebuah aplikasi yang diinstall.
Malware pada Android

Akan tetapi mereka akan kesulitan merealisasikannya jika sarana yang digunakan untuk meng-update aplikasi adalah Google Play Store. Namun masih sangat mungkin dilakukan melalui situs aplikasi pihak ketiga (selain Google Play). Itu artinya sangat tidak aman untuk menginstall aplikasi di luar Google Play Store karena jika pengguna menginstall aplikasi selain melalui toko aplikasi resmi Android tersebut, bukan tidak mungkin sang haackerr memasukkan trojan kedalam malware yang menyamar sebagai aplikasi.

Untuk menghindari malware, sangat disarankan bagi pengguna perangkat Android untuk selalu menginstall aplikasi melalui Google Play Store, meskipun saya juga tidak menjamin bahwa aplikasi yang tersedia di sana semuanya aman. Ada baiknya anda mengikuti pedoman sebelum menginstall aplikasi yang sudah saya tulis pada posting tips memilih aplikasi Android untuk dapat meminimalisir kemungkinan malware dapat masuk ke dalam perangkat yang anda miliki.
Referensi artikel dan sumber gambar : Phandroid

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY