Beranda Pengetahuan Dasar Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

197

Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores? – Layar merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah smartphone. Sekaligus merupakan komponen yang paling rentan terhadap kerusakan karena selain ukurannya yang lebar.

Layar juga merupakan komponen utama bagi smartphone yang berguna untuk bisa bernavigasi. Mengingat saat ini semua smartphone yang beredar di pasaran tidak memiliki tombol navigasi fisik seperti halnya ponsel jaman dulu. Yang ada hanya tombol-tombol virtual serta icon-icon navigasi yang ditampilkan pada layar, agar dapat kita gunakan untuk berinteraksi dengan smartphone melalui sentuhan di layar.

Dan tentu saja, layar pada smartphone juga berfungsi untuk menampilkan konten-konten visual. Sehingga, jika layar smartphone ternyata tergores atau bahkan pecah, pastinya bakal sangat mengurangi keindahan dari smartphone itu sendiri. Sekaligus juga bakal mengganggu tampilan visual.

Masalahnya adalah, menjaga layar smartphone agar tetap mulus dan terhindar dari goresan atau kerusakan lainnya adalah perkara yang tidak mudah. Goresan-goresan sangat rawan muncul akibat gesekan dengan jari saat mengoperasikan smartphone, ataupun gesekan dengan benda lain saat diletakkan. Ukuran layarnya yang besar juga semakin memperbesar resiko pecah saat terjatuh.

Kabar baiknya, saat ini sudah tersedia beberapa produk pelapis khusus yang dapat memproteksi layar dari resiko tergores ataupun pecah. Yap, produk yang kita bicarakan ini adalah pelindung layar dari Corning Gorilla Glass, ataupun Dragontrail Glass.

Pelapis khusus pada layar tersebut menawarkan sebuah proteksi yang lebih bagi layar smartphone, tablet atau bahkan laptop. Mereka mengklaim mampu meminimalisir resiko goresan pada layar, serta lebih tahan terhadap benturan yang bisa menyebabkan layar pecah.

Apakah Layar Gorilla Glass Bisa Pecah & Tergores?

Walau smartphone atau tablet sudah menggunakan lapisan berupa Corning Gorilla Glass ataupun Dragontrail Glass, bukan berarti layar tidak bisa pecah atau tergores. Apakah itu artinya layar pada smartphone yang menggunakan Gorilla Glass / Dragontrail Glass masih bisa tergores dan pecah? Oh, tentu saja bisa!

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, pelindung berupa Gorilla Glass ataupun Dragontrail Glass itu berfungsi untuk meminimalisir resiko tergores dan pecah. Itu artinya, resiko untuk tergores atau pecah pasti masih akan ada. Hanya saja, resikonya jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan layar yang tidak menggunakan lapisan proteksi layar tersebut.

Sayangnya, banyak sekali orang yang salah kaprah soal hal ini. Dan beranggapan bahwa layar akan selalu aman dan tidak akan pecah atau tergores jika sudah menggunakan perlindungan layar berupa Corning Gorilla Glass atau Dragontrail Glass. Sehingga, mereka akan menggunakan smartphone secara sembarangan, lalu kecewa dan bahkan tidak sedikit yang protes ketika sudah terjadi kerusakan pada layar di smartphone miliknya.

Layar Dengan Gorilla Glass 3 PecahSeperti kejadian atau kelakuan konyol yang pernah terjadi di satu negara di Asia. Dimana ada seorang konsumen dengan pedenya mencoba memecahkan kulit kenari dengan menggunakan layar smartphone mahal yang baru saja dibelinya. Ia melakukannya karena ingin menirukan sebuah video yang ditampilkan di toko tempatnya membeli smartphone tersebut.

Alhasil, seketika itu juga layar dari hapenya itu langsung pecah! Dan konyolnya, dia langsung protes ke pihak toko dan meminta ganti rugi. Duh deeekk, mbok ya pinteran sedikit?! Di Indonesia sendiri tidak sedikit orang yang dibuat “kecewa” akibat kesalahpahamannya sendiri, dan berkomentar seperti ini :

Katanya pake Gorilla Glass, kok bisa pecah? Wah palsu nih!

Menurut saya, pertanyaan seperti itu sama halnya seperti orang yang bertanya β€œkatanya dokter, kok penyakitan?” atau seperti ini β€œpadahal udah pake helm, kok bisa mati pas ketabrak?”. Sebuah pertanyaan yang sangat lawak sekali.

Perlu digarisbawahi, sekuat apapun klaim dari suatu produk, tentu saja akan ada batasannya. Sehingga kita masih harus berhati-hati. Ingat, perlindungan tersebut hanya untuk meminimalisir dampak kerusakan yang mungkin bisa muncul, dan bukan berarti sama sekali tidak bisa rusak.

BACA JUGA : Perlukah Menggunakan Anti Gores Pada Layar Gorilla Glass?

Dan dari situ harusnya kamu sudah tau atau bisa memutuskan apakah perlu atau tidak untuk memberikan atau melapisi layar dengan screen protector tambahan. Dan masih perlu digarisbawahi bahwa meskipun nantinya perangkatmu sudah dipasangi screen protector, bukan berarti layarnya tidak bisa pecah.

Perlukah menggunakan screen protectorAkhir Kata …

Kesimpulannya, perlindungan yang diberikan pada layar smartphone ataupun tablet memang membuatnya lebih kuat. Namun tidak menjamin akan membuatnya tidak bisa rusak.

Bukan berarti Gorilla Glass atau Dragontrail Glass itu jelek ya! Tapi memang semua ada batasannya. By the way, tulisan ini sengaja saya buat karena merasa sedih melihat komentar orang-orang yang salah kaprah soal hal ini. Yang lebih mengherankan, komentar macam ini justru dinyatakan oleh orang-orang yang harusnya sudah paham seperti misalnya pedagang hape. Hadeeehh #TepokJidat

Lalu, jika seandainya pecah, apakah lapisan Gorilla Glass bisa dilepas atau diganti? Jawabannya adalah iya, bisa! Hanya saja, saya rasa hampir semua hape yang beredar saat ini mengharuskan kita untuk mengganti satu paket. Dengan kata lain, kita tak bisa mengganti hanya lapisan Gorilla Glass nya saja, melainkan harus sekaligus mengganti dengan panel LCD (atau AMOLED) nya. Dan yaa itu biasanya bakal makan biaya yang tidak murah. Tergantung tipe hape, jenis panel layar yang digunakan, resolusi layar, serta lebar layarnya.

BACA JUGA : Apakah Layar Pecah Bisa Klaim Garansi?

Baiklah, saya rasa cukup untuk postingan ini. Dan semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kamu yang membacanya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, dan jangan sungkan untuk memberikan komentar πŸ™‚

Artikel sebelumnyaPenjelasan Singkat Tentang Smartphone / iPhone HDC
Artikel selanjutnyaAcer Swift 3 OLED SF314-71: Laptop Berdesain Minimalis & Ringan Dengan Performa Tinggi
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

197 KOMENTAR

  1. Kak mau tanya, kan hpku samsung j7 pro, nah udah jatuh 2 kali. Klo yang eprtama itu emang jatuh e agak keras terus posisinya telungkup jadi ya maklum klo layarnya langsung mati. Nah klo yang kedua itu sebenere cuma jatuh dari pangkuan pas duduk bersila dan yang kena lantai tu bagian tombol home kak tp kok nyampe layarnya itu mati. Padahal luarnya gak ada pecahan sama sekali berarti kan yang pecah dalemnya. Nah kedua wkatu itu tu aku pakein pelindung tambahn. Nah kalo solusi biar klo jatuh dikit misal yang dr pangkuan itu gak pecah layar dalemnya gimana ya kak? Makasih kak maaf agak panjang

  2. Kaka aku boleh nanya gk
    Kan gini Kaka aku kan abis beli hp redmi 5A udah ada 4 hari eh ora tau knp ada goresan nya ora tau kegores sengaja apah ora sengaja kan di hp nya ada anti gores nya kalo kegores ketara ituh kegores nya nyampe layar nya ora sihh Kaka kalo biar ora ketara di pasang temperet gllas ketara apah engga Kaka info nya dong kaka

    • Kalo layarnya udah kegores (cukup parah), kemungkinan bakal tetep keliatan walopun dipasang tempered glass. Tapi jadinya yaa nggak terlalu nampak sih. Tapi kalo cuma goresan halus, biasanya bakal tersamarkan.

  3. Kak , hp aku baru
    Vivo v7
    Yerus plastik bagian layar nya aku buka
    Tarus aku oba gores pake kuku
    Ada bekasnya dan ga ilang
    Itu sebenernya yg aku buka apa?

  4. Gan, aku punya note fan edition. Tapi layar sbh kiri kok agak kurang respon. Harus tekan berkali kali dan agak keras. Sementara yg lainnya mudah dan responsive. Apa kendalanya ya?

  5. Gan ho zenfone max 3 saya jatuh dan gorilla glass pecah,, tpi msih bsa dipakai cuman tampilannya,mengganggu,, kalu tdk dignti2 min bsa,bahaya gk min??

    • Bahaya sih nggak keknya yaa, cuman lebih rawan aja. Dulu aku juga pernah gitu, layar pecah masih tak pake dan normal aja. Sampai kemudian nggak sengaja ketetesan air di bagian yang pecah / retak itu, akhirnya touchscreen nya error

    • Kalo untuk hape hape jaman sekarang, khususnya yang pake panel IPS atau AMOLED sih biasanya mesti ganti sepaket sama LCD nya kak. Tapi entah ya untuk hape itu, lebih jelasnya mungkin bisa tanya langsung ke service center samsung πŸ™‚

  6. Mas mau nanya ya.. klo corning gorila glass samsung j5 prime itu apa menyatu sama lcd.nya ya soal.nya kemarin hp.nya kesenggol trus retak semua layar.nya dan alhamdulillah sih gk ngaruh sama layar.nya

    • Setauku, kebanyakan hape jaman sekarang (yang pakai panel IPS atau AMOLED) sih lcd nya jadi satu sama pelindung macem Gorilla Glass nya. Jadi kalo misal kita service di tempat resmi, mesti ganti satu set Kak.

  7. Betul kata mimin, mesti dikasi protect lebih walopun udh mengadopsi gorillaglass. gw barusan kena musibah J7 Pro 2017 ane jatuh tepat kena bagian tepi ujungnya di keramik, dan Alhmdulillah pecah dan retaknya parah, kondisi layar masih bagus. ane tenang-tenang aja karena dikira gw paling ganti glassnya aja, langsung gas menuju ke servis center samsung. Ternyata tidak hnya glassnya aja yg diganti, tetapi seperangkat alat sholat gan dikarenakan glass sama layarnya menyatu. Rp. 810.000 area Kalimantan Selatan. Wkwk

  8. Mau tanya..lcd n layar aman..tp suka ngadat ato gerak sndiri cm klo dah d mode sleep nti normal lg..kaca bagian atas sbelah kiri pecah luar..hp tipe samsung a5 2015

  9. Mau berbagi.
    Saya pengguna samsung A7. Kluaran 2017
    Udah dicoba utk senorkling di laut lebih dari kedalaman 3 meter masih kuat.padahal di air asin.tp jgn coba coba karena itu melampaui batas yg diharuskan.kalau di air tawar kykny aman.yg pnting jgn lebih kedalaman 3 meter.
    Abis nyelam speaker akan mati.itu tandanya kemasukan air dilobang speaker.keringkan tiup tiup tunggu sejam akan bunyi lagi.
    Kalo abis nyelam jgn langsung dicas.bisa rusak dan gak bisa dicas selamanya. Keringkan dulu.heirdryer biar kering bsru dicas.
    Casssing elegan dan licin. Utk pengguna yg suka buru buru mending ati ati.gmpang lepas krn licin.
    Layar temperglass sudah gorilla level 4.tp gak njamin jatuh gak pecah. Punya saya jatuh telungkup setinggi 2 meter.ancur kaca.
    Yg sedang saya bingungkan .apakah temper glass ma LCD nya nyatu apa terpisah. Kalu ganti apakah harus sepaket dgn LCD nya apakah cukup kacany aja….
    Kali aja ada yg th tolong berbagi

  10. Waduh.. HP A5 2016 aku baru jatuh dari meja, retak dech layarnya.. mau diservice nich..mau minta info mas bro (biar nanti nggak dibohongi tukang service ha.. ha..) fungsi HP dan layar semua baik & normal.. ini kalau diganti cukup gorilla glass, super amoled atau LCD nya? Thanks reply nya mas bro..

    • Setauku, kalo untuk panel layar IPS & AMOLED / Super AMOLED itu biasanya mesti ganti sepaket ya Kak. Jadi gabisa ganti lapisan gorilla glass nya doang

      Super AMOLED sama LCD beda ya Kak. Hape itu pake panel Super AMOLED, bukan LCD. Sekedar sedikit meluruskan aja πŸ™‚

  11. kak pure shot ku gorilla glas ny bisa d lepas trus d ganti temperes glas gak ya.. soalnya saya risih ngliat ny tp y g ngaruh sbnernya..mhon bntuanya

  12. Mas mau nanya… Kalau hp Samsung galaxy a9 pro 6 kaca belakangnya udah retak karna terjatuh barusan… Apa bisa dibikin atau ganti baru apa ngak bisa ya mas…

  13. Kalo samsung a5 kan udah anti air ya kalo di bagian tombol sebelah home ada yg retak dikit bisa tembus air ga ya

  14. Gan pengen nanya saya punya samsung galxy s7 edge. Jatuh gan kena benda lancip retak di bagian ujung kanan dekat kamera. Retak nya sampe ke kamera tapi gak kena layar. Tapi kamera masih normal. Normal semuaa. Masih anti air gan . Saya renang 1 jam pake hp foto foto
    Pertanyaannya gan ganti gorilla glss berapa?. Atau saya gausah ganti gorilla glas atau gimana gan. Mohon pencerahaannya?

  15. Kak, kan layar aku mendadak ada goresan, ya kecil sih, tapi agak numpuk gitu jdi keliatan bgt, kalau menurut aku itu sih bikin aku risih, mendingan ganti anti goresnya jga atau gk ush??

  16. Pertanyaan saya sama mas. Hp saya samsung e5 udah dipasang anti gores gorilla glass. Nah baru2 ni jatuh n retak sehelai. Itu antigoresnya yg retak atau layar hanponenya ya .
    Mohon infonya thnks

  17. Mass saya mau nanya saya udh pake anti gores nih terus hp saya jatuh terbentur layar di layar seperti ada retakan tapi kata temen saya itu cuman retakan di anti gores apa benar,atau layarnya yang pecah ya mas tolong bantu jawab

  18. Gan hp sy oppo f1s kmrn jatoh dan bagian depan nya retak lumayan banyak ..untk lcd nya msh bagus ..kira2 bsa ganti kaca nyaa aja Enggk yaa..byasanya klo ganti brapaan sii ..makasiih yaa

  19. Gan hp sy oppo f1s kmrn jatoh dan bagian depan nya retak lumayan banyak ..untk lcd nya msh bagus ..kira2 bsa ganti kaca nyaa aja Enggk yaa..byasanya klo ganti brapaan sii ..makasiih yaa

    • Nggak harus ganti sih, tapi yaa tampilannya kan jadi gak bagus. Dan kalo misal ketetesan air, bisa resiko touchscreen error (aku pernah nih yang begini). Tapi kalo mau ganti pun, harganya biasanya nggak murah

  20. Maaf kak mau tnya.. Layar kaca hape sy oppoa37 pecah.. Karena jatuh.. Kira2 itu dpt garansi gag.. Trus kalo ga garansi kira2 kalo ganti layar kaca hape nya sampe brp duit ya kak?? Mohon bantuannya

    • Jelas ga dapet garansi ya Kak. Soalnya rusaknya karena kesalahan pengguna (jatuh). Kalo misal ganti, aku kurang tau tepatnya berapa..

      Tapi biasanya kalo LCD itu di kisaran 400rb hingga 900rb, tergantung jenis panel, jenis pelindung, ukuran layar, sama resolusi layarnya

  21. Maaf kak. Numpang tanya. Saya punya samsung s7 edge. Tpi layar nya retak. Tapi masih bisa disentuh. Masih normal smua. Kira2 yg retak itu lcd nya atau apa ya?? Dan kira2 cara ganti nya gmna ya? Apa bisa cuma kaca nya doang?? Atau harus dgn lcd nya juga.??

    • Jangan dimainin kalo tangan kotor, apalagi kalo misal abis main pasir di pantai misalnya. Pastikan tangannya bebas pasir. Terus yaa jangan dijadikan talenan aja sih, Kak

  22. F1s sya pecah juga mas corning gorilla glass 4 nya, pdhal jatuh ny pas posisi duduk, ga terlalu tinggi kn…
    Gbr pecah ny ada d twit sya @baguseco

  23. Ka hp aku tadi jatuh ke bawah keramik bunyi nya kencang sekali hpnya jatuh pas layarnya tapi layarnya gak ada yang lecet ka? Itu gimana ka? Bahaya atau gak apa2?

  24. Saya pake samsung galaxy a5 trs gak sengaja jatoh hapenya & gorila glassnya retak gtu pdhl sudah pake anti gores tambahan pas saya liat saya kira anti goresnya yg pecah lalu saya buka ternyata gorila glassnya yg retak di dalam apa itu bisa di ganti min?

  25. Punya saya pecah kebentur aspal, tapi LCD masih oke, kalo ganti kaca harus ganti LCD juga. Mending ganti LCD apa pake temperred glass aja ya biar gak makin parah?

    • Kalo saranku sih jelas mending ganti LCD ya Kak, baru ditambahin tempered glass. Kalo cuma dipasangin tempered glass doang sih yaa bisa aja, cuman tampilannya jadi nggak enak dipandang

  26. eh gan ,nanya dong ,, hp ane asus zenfone selfie,,abis jatuh (apes) trus gorilla glassnya pecah nih..cuman diujung kirinya aja..tuh kira2 biaya gantinya berapa ya?

  27. Oppo F1s saya retak dibagian fingerscannya, itu kena corning gorilla glassnya atau enggak ya?? kalo ganti, apa harus 1 paket sama layarnya juga?? kira2 berapa tuh biayanya?

  28. Punya gua Asus Zenfone 3 Max ZC520TL itu kacanya kalo gak salah 2.5 D Curved glass. And retak parah itu gmana gan mohon secepatnya jawab dan kasih petunjuk

  29. Kak ini layar GG4 samsung a3 2016 aq ada goresan kecil2 padahal udh corning gorilla glass, nahh utk ngilangin goresannya gmn ya kak, klo baca tutor di google ada yg pake amplas gt bneran gk ya.. dan kalau misal di ganti biaya brp kak..

    • Wedew, kalo pake amplas mah makin ancur tuh layar. Kalo ngilangin goresan aku belum pernah coba ya Kak, soalnya kurasa itu emang udah permanen sih. Untuk ganti, sepertinya bakal mahal karena kemungkinan besar itu panel gorilla glass nya jadi satu sama panel LCD (AMOLED) nya

  30. Misi numpang tanya hp saya oppo f1s itu kemaren temen pinjem terus waktu main dia ngetuk layarnya kenceng.. Pake kuku lagi.. Lah itu saya percaya sama gorilla glass nya tapi saya takut pixelnya bisa rusak.. Itu nggak apa apa kan ya?

    • Selama temen kakak itu bukan buaya atau beruang yang kukunya bisa nembus kaca, sepertinya nggak masalah πŸ˜€

      Pixel LCD emang rawan pecah / bocor (atau apalah) karena benturan. Tapi kalo segitu doang rasanya nggak masalah karena nggak ada kontak langsung dengan panel LCD nya

  31. Comment: punya ane A3 (2016) Om, kemaren pke tempred glass tp karna layar A3 make konsep 2.5D yg ujungnya agak lengkung tmpred glassx nanggung banget bhkan gak nutupin display utama jdix keliatan jelek banget… masa smpe klo qt liat keyboard huruf Q ama P nya dibatasin oleh anti gores om kan jelek banget.. sekarang udh gak make lagi tau dah etar kegores ato nggaknya…

  32. Gorila glas itu bagian luar atau dalem opo a37 soal nya bisa di buka … Terus gorila glas dari pabriknya di lapisin lagi atau satu gorila glas aja…

  33. Kak hpku vivo y55 layar gorilla glass tpi kok pas aku di sekolah aku tumpuk layarnya ada goresan seperti tipis seperti rambut dan hpku kena kuku kok di layarnya ada goresan,itu yang tergores layarnya atau anti goresnya?

  34. Kak, kalau corning gorilla glass 4-nya Oppo A37 kegores2, bisa diganti ya? Soalnya ini kepisah sama layarnya, keliatan.. kalau mau diganti apakah hrs ke service center resminya Oppo?

    • Bisa diganti kok. Kalo ganti komponen seperti itu yaa mesti ke SC resmi, Kak. Tapi kalo mau ganti di counter / service non resmi sebenernya juga bisa sih, cuman yaa nggak jamin barangnya asli dan bisa menghanguskan garansi.

      • Kak kan hp saya oppo a37 katanya udah pake corning gorilla glass 4.katanya tahan sama goresan…. Gx tau2 udah ada goresan. Kak saya mau nanya klo corning gorrila glass di jual di pasarah dan kisaran harganya berapa??

        • Wah kalo itu sih……. Biasanya, panel pelindung itu cuma bisa didapetin secara resmi kalo kita service ke tempat resmi, dan untuk harganya bervariasi sih. Biasanya, kalo hapenya pake layar IPS atau AMOLED, lapisan Gorilla Glass nya jadi satu sama LCD nya. Jadi yaaa nggak murah

  35. Gorilla glass retak sedikit di daerah kamera depan jadi kamera depan kurang jelas .kalau selfie mukanya kurang jelas . Baik nya bagaimana ya ?

    • Nggak ada yang lebih baik selain ganti kaca nya, Kak. Cuman, kalo misal hapenya pake layar IPS, biasanya mesti ganti sama LCD nya juga. Karena kaca dan LCD jadi satu, dan itu nggak murah sih biasanya. Tergantung ukuran layar dan resolusinya juga

  36. Kak tanya dong, hp saya Xiaomi resmi 3 pro sudah dipasang tempered glass. Nah pernah jatuh dr jarak ktnggian cuma kurang dari 1m.kmdian seolah2 kelihatannya layar hp saya trdapat pecahan setipis rambut.Apa kah mgkn itu tempered glass nya yg pecah atau mgkn lcd hp saya ya?karena retakannya terlihat di dalam,jd lapisan luar hp sya msh mulus tnpa terasa goresan sdikit pun.mohon bantuannyaaa, terima kasih ^^

  37. Oppo f1s saya juga pecah kacanya,padahal jatuh dari meja yg gak sampe 1meter tingginya..posisi layar lngsung ke lantai, kalah sama galaxy s2 hape flagship 4tahun yg lalu πŸ™

  38. Kalo gorilla glassnya retak apa layar hpnya kemungkinan retak Juga? Soalnya yg layar hp saya ips tapi hp oppo A37 sudah memakai gorilla glass 4

  39. Comment:gorrila glass pd android kl sdh tergores bisa dganti gk gan? , androidq oppo a37 sdh pake gorrila glass stlh aq bersihkn pake tisu og ad goresan kecil2.,

  40. Haha..

    Kalau Gorilla Glass pecah yah palsu…

    Kalau asli… Dipukul gg pecah pecah…
    Yang pecah itu layar HPnya…

    Itu aja sih kalau mau lebih tahu,..

    • Oh gitu ya, Kak? Coba hape Kakak asli apa nggak gorilla glass nya? :v

      Perasaan pihak Corning juga menyebutkan di produk terbarunya kalo Gorilla Glass (5) bisa bertahan saat jatuh dari ketinggian “HINGGA” 1.6 meter, dan itupun ada lanjutannya yaitu “KEMUNGKINANNYA SEKITAR SEKIAN PULUH PERSEN” bahwa kaca bisa tetep utuh saat jatuh dari ketinggian tsb, yang artinya masih ada beberapa persen kemungkinan kalo kaca itu bisa pecah :v

  41. Punya Q Smsung A3 (2016) kan udh pake gorilla glass 4, stlh d’trawang2 trnyta juga ada 2-3 goresan sngt tipis, pdhal ga prnh d’gunakan scra ekstrim. Apa memang Gll.Gss 4 nya msih blm hebat spt knytaan nya??

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini