Home Pengetahuan Dasar Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores?

23777
78
SHARE

Apakah Layar Dengan Gorilla Glass Bisa Pecah / Tergores? – Layar merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah smartphone sekaligus yang paling rentan terhadap kerusakan karena selain ukurannya yang lebar, layar juga merupakan komponen utama untuk bisa bernavigasi khususnya untuk smartphone dengan layar sentuh. Banyak sekali kekhawatiran pengguna terhadap komponen yang satu ini mulai dari khawatir akan goresan hingga khawatir bahwa komponen ini akan pecah karena terjatuh atau lain sebagainya.

Namun saat ini sudah tersedia sebuah produk yang akan memproteksi layar dari kekhawatiran tersebut dan sudah digunakan oleh banyak vendor smartphone seperti misalnya yang paling populer adalah Gorilla Glass, Dragontrail Glass atau yang lainnya. Pelapis khusus pada layar ini menawarkan sebuah proteksi yang lebih bagi layar perangkat baik itu smartphone, tablet atau perangkat lainnnya yang diklaim mampu meminimalisir kerusakan seperti goresan pada layar sehingga dapat mengurangi kekhawatiran pengguna terhadap masalah tersebut.

Namun meski layar perangkat sudah diberi lapisan pelindung seperti misalnya Gorilla Glass, bukan berarti layar tidak bisa pecah atau tergores. Apakah itu artinya layar pada perangkat yang menggunakan Gorilla Glass / Dragontrail Glass atau semacamnya masih bisa tergores dan pecah? Tentu saja iya! Banyak sekali orang yang salah kaprah soal hal ini, dan beranggapan bahwa layar akan selalu aman dan tidak akan pecah atau tergores jika sudah menggunakan perlindungan layar macam yang sudah mimin sebut diatas sehingga mereka menggunakannya secara sembarangan lalu kecewa dan bahkan tidak sedikit yang protes ketika sudah terjadi kerusakan pada layar di perangkatnya.

Layar Dengan Gorilla Glass 3 PecahSeperti misalnya kejadian atau kelakuan konyol yang terjadi di satu negara di Asia, dimana sang konsumen dengan pedenya mencoba memecahkan kulit kenari dengan menggunakan layar pada smartphone mahalnya karena ingin menirukan sebuah video yang ditampilkan di toko tempatnya membeli smartphone tersebut. Walhasil seketika itu juga layar dari perangkatnya langsung pecah! Dan konyolnya, dia langsung protes ke pihak toko dan meminta ganti rugi. Duh deeekk, mbok ya pinteran sedikit?! Di Indonesia sendiri tidak sedikit orang yang berkomentar seperti ini :

Katanya pake Gorilla Glass, kok bisa pecah? Wah palsu nih!

Menurut mimin pertanyaan seperti itu sama halnya seperti orang yang bertanya “katanya dokter, kok penyakitan?” atau seperti ini “padahal udah pake helm, kok bisa mati pas ketabrak?”. Lucu aja gitu pertanyaannya. Perlu digarisbawahi, sekuat apapun klaim dari suatu produk seperti misalnya Gorilla Glass atau Dragrontrail Glass, tentu saja akan ada batasannya sehingga kita masih harus berhati-hati. Ingat, perlindungan tersebut hanya untuk meminimalisir dampak kerusakan yang mungkin bisa ditimbulkan, bukan sama sekali meniadakannya.

BACA JUGA : Perlukah Menggunakan Anti Gores Pada Layar Gorilla Glass?

Dan dari situ harusnya kamu sudah tau atau bisa memutuskan apakah perlu atau tidak untuk memberikan atau melapisi layar dengan screen protector tambahan. Dan masih perlu digarisbawahi bahwa meskipun nantinya perangkatmu sudah dipasangi screen protector, bukan berarti layarnya tidak bisa pecah. Lalu bagaimana agar layar di hape tidak pecah? Gampang, beli aja hape yang gak ada layarnya, atau layarnya dicopot terus disimpan di lemari:3

Perlukah menggunakan screen protectorKesimpulannya, perlindungan yang diberikan pada layar perangkat memang membuatnya lebih kuat, namun tidak menjamin akan membuatnya tidak bisa rusak. Bukan berarti Gorilla Glass atau Dragontrail Glass itu jelek, tapi memang semua ada batasannya. By the way, tulisan ini sengaja mimin buat karena merasa sedih melihat komentar orang-orang yang salah kaprah soal hal ini. Yang lebih mengherankan, komentar macam ini justru diyatakan oleh orang-orang yang harusnya sudah paham seperti misalnya pedagang hape. Hadeeehh #TepokJidat

Baiklah, mimin rasa cukup untuk postingan ini dan semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kamu yang memang masih awam. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, dan jangan sungkan untuk memberikan komentar 🙂

78 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here