Cara Mengirim Aplikasi Ke Sesama Android Via Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi Ke Sesama Android Via Bluetooth

4257
0
SHARE
Cara Mengirim Aplikasi Ke Sesama Android Via Bluetooth – Indahnya dunia jika kita bisa menginstal dan menikmati sebuah aplikasi tanpa harus mendownload terlebih dahulu. Bayangkan berapa jumlah kuota yang “terselamatkan” jika kita bisa melakukan itu. Sebagian dari kamu pasti pernah berpikir demikian, terutama bagi kamu-kamu yang memang menggunakan paket data internet dengan kuota yang sangat terbatas. Iya kan? Udah ngaku aja gausah malu-malu 😛 Apalagi jika kecepatan koneksi yang kita miliki tergolong sangat lemot, pastilah saat dimana kita harus melakukan download file merupakan momen yang amat membosankan dan terkadang mengesalkan.

Tapi tenang, ada sebuah trik yang bisa kamu gunakan untuk “meminta” atau mengirim aplikasi dari perangkat Android milik temanmu melalui bluetooth meskipun aplikasi tersebut sudah terinstal sekalipun. Pasti kamu penasaran kan tentang bagaimana caranya? Oke mimin tidak akan berpanjang lebar lagi karena mimin harus bertemu dengan seseorang beberapa jam lagi. Berikut akan mimin jelaskan langkah-langkah yang harus kamu lakukan, namun sebelumnya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi:

Syarat:
  • Masing-masing perangkat (milikmu dan temanmu) harus memiliki aplikasi ASTRO File Manager.
  • Salah satu perangkat harus sudah memiliki aplikasi yang ingin dikirimkan, dalam contoh ini mimin menggunakan aplikasi browser yakni Google Chrome.

Catatan : Jika aplikasi yang ingin kamu kirimkan adalah game, maka pastikan terlebih dahulu jenis prosesor dari masing-masing perangkat adalah sama untuk mengurangi resiko kegagalan saat instalasi (Intel dengan Intel, MediaTek dengan MediaTek dst). Gampangnya, pastikan tipe kedua perangkat adalah sama (misalnya Xperia SP dengan Xperia SP).

Nah jika syarat diatas sudah terpenuhi, sekarang kita mulai saja langkah-langkahnya. Dalam artikel ini, perangkat 1 adalah si pemilik aplikasi dan perangkat 2 adalah si penerima aplikasi.

1. Di langkah ini kita akan mengcopy dan mengubah aplikasi yang sudah terinstal menjadi file apk agar bisa dikirimkan. Bukalah aplikasi ASTRO File Manager di perangkat yang memiliki aplikasi yang ingin dikirim (perangkat 1), lalu di tampilan awal aplikasi silahkan swipe layar ke kiri atau klik tanda panah yang berada di samping icon ASTRO lalu akan muncul pilihan menu dan beberapa icon di bagian bawah. Klik icon tools seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Pilih menu tools

2. Sekarang pilih menu App Mgr (Application Manager) seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Pilih apps manager

3. Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang sudah terinstal di perangkat tersebut. Pilih salah satu aplikasi yang ingin diambil file .apk nya agar bisa dikirimkan (dalam contoh ini adalah aplikasi Chrome) lalu klik icon yang berada di sebelah kanan untuk melihat option yang tersedia. Setelah itu pilihlah option Backup dan tunggu hingga selesai.

Mengambil file apk aplikasi android

Sekarang klik tab bertuliskan Backed Up Apps seperti pada gambar dibawah ini. Jika proses backup berhasil, maka icon aplikasi tersebut akan muncul disini. Pada proses ini kita telah berhasil mengubah (menyalin) aplikasi yang telah terinstal menjadi file .apk sehingga nantinya dapat dikirim dan diinstal di perangkat lain (perangkat 2).

Menyalin file apk

4. Setelah itu kembalilah ke menu awal ASTRO File Manager. Carilah folder Backups yang biasanya terletak di “sdcard” atau “sdccard01” atau “sdcard02” tergantung dimana aplikasi ini akan menyimpannya. Setelah menemukan folder Backups, di dalamnya akan terdapat satu folder lain dengan nama “Apps”, silahkan buka folder tersebut.

Tempat tersimpannya file apk android

Pilih file aplikasi (.apk) yang akan dikirim lalu sentuh dan tahan file .apk tersebut hingga muncul beberapa pilihan menu seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih share dan pilih bluetooth. Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetooth pada perangkat 2 yang akan menerima aplikasi. Atau kamu bisa mengirimnya menggunakan aplikasi seperti Share Link atau ShareIt agar proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Mengirim file apk

5. Sekarang untuk perangkat 2 (yang akan menerima aplikasi), pastikan kamu sudah mengaktifkan pilihan Unknown Source atau Sumber tidak dikenal untuk memperbolehkan penginstalan aplikasi diluar Google PlayStore (seperti yang akan dilakukan pada tutorial ini). Caranya masuk ke menu SettingSecurity (Keamanan) – lalu centang Unknown Source.


6. Setelah aplikasi diterima, silahkan klik file yang telah diterima tersebut di notification bar (biasanya dibagian paling atas layar) atau kamu juga bisa membukanya melalui aplikasi ASTRO File Manager dan cari di folder Bluetooth. Klik file .apk yang sudah diterima tadi, lalu pilih Install.

Tunggu proses instalasi dan.. Selesai! Aplikasi telah dikirimkan ke perangkatmu tanpa harus mendownload! Nah dengan trik ini, tentu kamu akan dapat menghemat kuota internet milikmu terutama jika aplikasi yang kamu inginkan memiliki ukuran yang besar seperti game misalnya.

Tambahan:

Untuk aplikasi game (khususnya game HD), biasanya akan terdapat data tambahan agar game dapat berjalan dengan baik. Maka kamu juga harus mengirimkan data tambahan tersebut ke perangkat yang ingin menginstalnya. Biasanya data tersebut terdapat pada folder yang memiliki nama yang sama dengan game itu, atau memiliki nama dari developernya (misalnya gameloft, ea games dll). Atau bisa juga data tersebut tersimpan di dalam folder sdcard/android/data/nama developer & gamenya (contoh: com.ea.game.namagame). Kamu dapat mengirim data tersebut melalui bluetooth (akan sangat lama) atau copy paste melalui komputer.

Nah itulah cara untuk mengirim file .apk agar dapat di install di perangkat Android lainnya. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY