Smartphone Terjangkau Dengan Kamera Keren? Lirik Zenfone 2 Laser Yuk!

Smartphone Terjangkau Dengan Kamera Keren? Lirik Zenfone 2 Laser Yuk!

1815
4
SHARE
Smartphone Terjangkau Dengan Kamera Keren? Lirik Zenfone 2 Laser Yuk! – Event ZenFestival yang digelar oleh ASUS telah sukses diselenggarakan pada 19 November lalu, dan kebetulan mimin juga berkesempatan untuk turut hadir dalam event yang sangat meriah itu. Seperti yang sudah mimin kabarkan sebelumnya, dalam acara yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta tersebut ASUS merilis 4 seri smartphone sekaligus yakni Zenfone Selfie, Zenfone Max, Zenfone 2 Laser serta Zenfone 2 Deluxe Special Edition.
Zenfestival 2015 Indonesia

Keempat seri smartphone ASUS yang disebutkan diatas tentu saja memiliki nilai tambahnya masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen yang beragam, khususnya di Indonesia. Berdasarkan apa yang mimin lihat, sekarang ini banyak sekali konsumen yang menginginkan smartphone dengan fitur kamera yang bagus, tapi kalau bisa harganya juga terjangkau alias murah.


Nahloh, emang ada yang kaya’ gitu? Kebutuhan smartphone macam inilah yang sepertinya coba untuk dipenuhi oleh ASUS melalui salah satu dari 4 seri smartphone yang dirilis pada event ZenFestival, yakni Zenfone 2 Laser.
ASUS Zenfone 2 Laser

Iya, smartphone yang satu ini memang secara khusus ditujukan untuk mereka yang menginginkan smartphone Android dengan harga yang mudah dijangkau tetapi memiliki fitur kamera yang mumpuni. Tak hanya berhenti disitu, fitur lainnya pun turut melengkapi smartphone besutan ASUS ini.


Kebetulan, pada event Zenfestival kemarin, mimin juga sempat mencicipi perangkat ini secara langsung dan tentu saja mimin bisa merasakan sendiri bagaimana kemampuan dari perangkat ini, khususnya untuk fitur-fitur unggulan yang dimilikinya karena memang ASUS menyediakan beberapa aksesoris pendukung untuk menguji coba kehebatan dari fitur yang ada. Nah, kamu pasti penasaran kan? Gak perlu pindah ke lain blog, karena disini mimin akan memberikan ulasannya khusus soal Zenfone 2 Laser buat kamu. Iya, kamu. Yuk kita langsung ke TKP!

ASUS Zenfone 2 Laser

Salah satu andalan baru dari ASUS ini memiliki setidaknya 5 buah varian yang bakal meramaikan pasar smartphone di tanah air. Yang membedakan dari masing-masing varian adalah ukuran layar serta dukungan konektivitas yang diusungnya, yaitu :
  • ZE500KG (5.0 inch, kamera 5 & 8 MP, 8/16 GB, 3G)
  • ZE500KL (5.0 inch, kamera 5 & 13 MP, 16 GB, 4G LTE)
  • ZE550KG (5.5 inch, kamera 5 & 13 MP, 16 GB, 3G)
  • ZE550KL (5.5 inch, kamera 5 & 13 MP, 16 GB, 4G LTE)
  • ZE601KL (6.0 inch, kamera 5 & 13 MP, 32 GB, 4G LTE)
Waktu pertama kali melihat, sepintas smartphone ini nampak mirip dengan ASUS Zenfone 2, namun yang membedakan adalah bagian belakangnya, dimana peletakan dari dual-tone LED flash nya nampak berbeda. Pada perangkat ini, lampu LED tersebut ditelakkan di sisi samping, sejajar dengan kamera. Sedangkan di sisi satu lagi terdapat titik hitam yang merupakan sensor laser autofocus yang merupakan salah satu fitur andalan dari perangkat ini.
Bagian belakang

Fitur


Selain kamera, ternyata ASUS Zenfone 2 Laser ini memiliki fitur-fitur yang bisa dibilang sangat lengkap untuk smartphone dengan banderol harga yang terjangkau. Dan beberapa fitur yang sempat mimin lihat dan rasakan sendiri pada perangkat yang satu ini adalah sebagai berikut :

1. ZenUI

Seperti perangkat ASUS lain yang menggunakan OS Android, Zenfone 2 Laser juga menggunakan ZenUI yakni tampilan antarmuka yang memberikan fitur yang lebih kaya serta tampilan yang minimalis namun elegan. Jadi bukan cuma enak dipandang, tapi juga membantu untuk mempermudah aktifitas kita dengan smartphone sekaligus juga untuk mendukung produktivitas.
ZenUI

Yup, fitur-fitur yang tertanam pada ZenUI memang sangat kaya dan bermanfaat. Contohnya nih, disini terdapat berbagai fitur mencatat seperti SuperNote, QuickMemo dan juga Do it later. Lalu ada juga fitur konektivitas & sharing data seperti PC Link, Share Link, Remote Link dan Party Link. Dan ada juga satu fitur yang tidak kalah penting yaitu ZenMotion. Apaan sih ZenMotion itu? Nanti bakal mimin bahas dibawah yaa. 😀


2. Performa

Saat mencicipi perangkat ini kemarin, mimin tidak menemukan kendala yang berarti ketika mimin coba untuk membuka-tutup beberapa aplikasi yang ada. Hal itu berkat dukungan chipset yang digunakannya yakni Qualcomm Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1.2 GHz 64-bit, GPU Adreno 306 plus dukungan RAM 2 GB (untuk seri ZE500KG/KL & ZE550KG/KL) serta sudah menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop versi 64-bit, sehingga kinerja dari perangkat ini pun menjadi lebih optimal.

Apalagi ketika mimin mencoba untuk mencicipi Zenfone 2 Laser dengan varian layar 6 inch (ZE601KL) yang sekaligus juga merupakan varian tertinggi dari keluarga Zenfone 2 Laser, performa yang mimin rasakan bahkan lebih baik lagi. Kenapa bisa demikian? Ternyata, untuk varian ZE601KL ini menggunakan varian chipset yang lebih tinggi daripada yang lainnya, yakni Qualcomm Snapdragon 615 dengan CPU Octa-core 1.7 GHz 64-bit, GPU Adreno 405 plus dukungan RAM 3 GB.

Dengan dukungan prosesor serta kapasitas RAM yang besar tersebut, pastinya perangkat ini akan siap untuk mendukung aktivitas keseharian kita ketika menggunakan Zenfone 2 Laser. Apalagi smartphone andalan ASUS ini juga memiliki fitur ASUS Mobile Manager, yang mana fitur ini memungkinkan kita untuk mensetting beberapa hal termasuk Power Saver, Virus Scanner, dan juga Auto-start manager yang bisa kita manfaatkan untuk membuat kinerja perangkat menjadi lebih baik. Untuk social media, bekerja, ataupun bermain game, rasanya tidak akan menjadi sebuah masalah.

Hape ASUS untuk bermain game
Beberapa peserta event ZenFestival mencoba bermain game dengan perangkat Zenfone yang dihubungkan ke layar TV.

3. Layar

Layar berjenis IPS yang digunakannya nampak apik dan mampu menampilkan konten dengan warna yang cerah, jelas, serta memiliki viewing angle atau sudut pandang yang luas. Layar dengan resolusi HD (varian 5 & 5.5 inch) / FHD (varian 6 inch) ini juga mengusung fitur splendid, yang mana kita bisa menyesuaikan temperatur warna sesuai keinginan kita. Kita juga bisa mengaktifkan Blue Light Filter (Reading Mode) untuk mengurangi radiasi cahaya biru sehingga kita bisa lebih nyaman untuk melihat ke arah layar dalam waktu yang lama.

Fitur splendid

Oh iya, pada saat sesi product experience di event ZenFestival, mimin melihat satu hal yang unik. Ada satu buah meja khusus yang terlihat seorang SPG sedang mengadakan “demo memasak”. Namun setelah dilihat lebih dekat, ternyata demo memasak tersebut tidak lain adalah untuk memamerkan kekuatan lapisan Corning Gorilla Glass 4 yang digunakan pada semua varian Zenfone 2 Laser.

Kekuatan layar ASUS Zenfone 2 Laser

Yup, mbak-mbak SPG tersebut menggunakan smartphone ini sebagai alas (talenan) untuk memotong sayur dan buah, dan nampak layar pada perangkat itu masih tetap mulus. Duh mbak, kasian loh hapenya 🙁


4. Kamera

Nah, sekarang kita sampai pada fitur yang menjadi andalan dari Zenfone 2 Laser. Memangnya apa sih yang istimewa dari kamera belakang beresolusi 13 megapixel yang dimilikinya? Oke, dari resolusinya aja sih sepertinya udah jelas, kamera tersebut bakal mampu menangkap gambar yang tajam.

Bukan cuma tajam, penggunaan aperture besar (f/2.0) pada kameranya juga akan mendukung untuk mengambil gambar dengan lebih cerah khususnya di area pencahayaan minim. Bukaan lensa yang besar ini juga bakal memberikan efek blur (bokeh) yang lebih dramatis ketika digunakan untuk mengambil foto jarak dekat. Asik, kan?

BACA JUGA : APA ITU APERTURE PADA KAMERA?

Apalagi smartphone ini juga fitur sensor Laser autofocus, yang mana sensor ini bakal berfungsi sebagai pengukur jarak yang akan membantu perangkat untuk menentukan fokus ketika menggunakan kamera. Fokus pada kamera pun menjadi lebih cepat dan akurat.

Uji kecepatan fokus kamera
Uji kecepatan fokus kamera Zenfone 2 Laser vs iPhone 5s

Belum habis sampai disitu loh, karena kamera ini sendiri masih punya beberapa fitur istimewa seperti Super HDR, Super Resolution, Low Light Mode, dan yang paling asik adalah Manual Mode!

Super HDR & Super Resolution

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, pada sesi product experience kita bisa mencoba sendiri fitur-fitur yang ada pada perangkat yang disediakan lengkap dengan aksesoris pendukung. Disana kita bisa mencoba sendiri bagaimana fitur Super HDR yang dimiliki dapat menangkap gambar yang baik khususnya ketika kita mengambil foto dengan latar belakang cahaya yang kuat, sehingga biasanya akan terdapat sisi gelap dan terang dari foto yang diambil.

HDR

Nah dengan bantuan fitur Super HDR, exposure atau kecerahan gambar jadi nampak merata, sehingga seluruh objek yang masuk dalam frame foto akan nampak jelas. Sedangkan Super Resolution bakal memungkinkan kita untuk menangkap gambar beresolusi hingga 52 megapixel meski kita menggunakan kamera 13 megapixel. Loh, kok bisa?

Jadi kamera dari Zenfone 2 Laser bakal menangkap beberapa foto sekaligus yang kemudian bakal di proses dan dijadikan foto dengan resolusi super tinggi, sehingga gambar akan tetap tampak jelas dan tajam meskipun sudah di crop. Keren kan?!

Low Light Mode

Low light mode
Perbandingan foto dengan kamera Zenfone vs kamera smartphone lain saat pencahayaan minim menggunakan Low Light Mode

Salah satu fitur unik dari kamera yang diusungnya adalah Low Light Mode. Pada mode ini, kamera bakal menyatukan 4 buah pixel menjadi 1 “super pixel” yang tujuannya adalah agar sensor dapat menangkap cahaya yang lebih terang dan lebih baik.

Manual Mode

Mimin yakin, fitur yang satu ini pasti bakal disukai oleh kamu yang doyan foto menggunakan kamera smartphone. Kita akan diberikan kebebasan untuk melakukan setting kamera secara manual seperti yang juga biasa kita temukan pada kamera DSLR / Mirrorless. Bukan hanya setting white balance, tapi kita juga bisa melakukan setting fokus secara manual, ISO di kisaran 50 hingga 800 dan juga setting shutter speed di kisaran 1/1000 detik hingga 32 detik!

BACA JUGA : APA ITU ISO & APA ITU SHUTTER SPEED?

Jelas, kita bakal bisa mengambil foto yang lebih unik dan kreatif dengan dukungan setting manual tersebut. Mimin juga sudah mencoba fitur manual di Zenfone untuk mengambil foto dengan efek light trail seperti ini :

Foto light trail menggunakan kamera ASUS

Tuh, kece kan? Asiknya lagi, dengan dukungan ZenMotion, kita juga bisa mengaktifkan kamera dengan cepat dengan hanya menggambar pola huruf  “C” pada layar yang sedang mati. Jadi kita gak perlu repot lagi membuka kunci layar untuk mengaktifkan kamera.

Selain mengaktifkan kamera dari layar yang sedang mati, ZenMotion juga bisa mengaktifkan beberapa fitur lain yang bisa kita atur dengan berbagai pengaturan pola yang tersedia. Asiknya lagi, fitur ZenMotion ini juga memungkinkan kita untuk mematikan dan menyalakan layar hanya dengan mengetuk (menyentuh) layar sebanyak dua kali, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan tombol power untuk menyalakan atau mematikan layar.

Akhir Kata……

Zenfone 2 Laser

Jadi, gimana? Rasanya nggak salah memang jika mimin sampai membuat ulasan khusus soal smartphone andalan dari ASUS ini, karena memang mimin rasa fitur yang dibawanya memang sangat lengkap meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Oh iya, dari tadi mimin belum bahas soal harga ya? Nih, daftar harga resmi dari semua seri Zenfone 2 Laser (last update 19 November 2015, harga bisa berubah sewaktu-waktu).

  • ZE500KG (Storage 8 GB / RAM 2 GB / Kamera 5 & 8 MP / 3G) : Rp 1.799.000
  • ZE500KG (Storage 16 GB / RAM 2 GB / Kamera 5 & 8 MP / 3G) : Rp 1.949.000
  • ZE500KL (Storage 16 GB / RAM 2 GB / Kamera 5 & 13 MP / 4G LTE) : Rp 2.099.000
  • ZE550KG (Storage 16 GB / RAM 2 GB / Kamera 5 & 13 MP / 3G) : Rp 2.299.000
  • ZE550KL (Storage 16 GB / RAM 2 GB / Kamera 5 & 13 MP / 4G LTE) : Rp 2.399.000
  • ZE601KL (Storage 32 GB / RAM 3 GB / Kamera 5 & 13 MP / 4G LTE) : Rp 3.499.000

Oke, mungkin sekian dulu ulasan dari mimin soal Zenfone 2 Laser kali ini. Kalau kamu penasaran dan ingin tau lebih lanjut soal perangkat ini, kamu bisa mengunjungi website resmi ASUS Indonesia. Semoga bermanfaat 😀

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY