6 Smartphone Samsung Siap Ramaikan Pasar Indonesia di Awal 2021

6 Smartphone Samsung Siap Ramaikan Pasar Indonesia di Awal 2021 – Sebelumnya kita sudah mendengar banyak bocoran mengenai beberapa smartphone terbaru dari Samsung untuk tahun 2021. Bahkan salah satu diantaranya yaitu Samsung Galaxy M02, sudah resmi diperkenalkan untuk pasar India.

Hal itu membuat saya penasaran soal apakah Samsung Galaxy M02 bakal masuk ke Indonesia atau tidak. Setelah mencaritau, saya menemukan bahwa ternyata sudah ada 6 buah smartphone yang siap untuk meramaikan pasar Indonesia di awal tahun 2021 ini. Termasuk diantaranya adalah Samsung Galaxy M02 dengan nomor model SM-M022F, dan juga Samsung Galaxy A02 dengan nomor model SM-A022F. Kedua smartphone tersebut sudah mendapatkan sertifikasi TKDN dari Kementrian Perindustrian.

Galaxy A02 dan Galaxy M02 bakal masuk Indonesia

Selain kedua smartphone tersebut, ternyata ada 4 buah smartphone lain yang sudah mendapatkan sertifikasi TKDN, yaitu Samsung Galaxy A52 dengan nomor model SM-A525F, Samsung Galaxy A32 dengan nomor model SM-325F, Samsung Galaxy A72 dengan nomor model SM-A725F, dan juga Samsung Galaxy M12 dengan nomor model SM-M127F.

Galaxy M12, A32, A52 dan A72 bakal masuk Indonesia

Sejauh yang kita ketahui bersama, Samsung Galaxy M02 dan Samsung Galaxy A02 adalah smartphone dengan bentang layar jumbo 6.5 inch beresolusi HD+ yang bakal dibanderol dengan harga murah. Keduanya juga mengusung baterai berkapasitas 5000 mAh. Kita belum mengetahui apakah yang menjadi faktor pembeda jika keduanya masuk ke Indonesia. Karena kedua smartphone ini nampak begitu identik.

Mulai dari segi desainnya, hingga chipset yang digunakannya (MediaTek MT6739W). Yang membedakan adalah Galaxy M02 bakal punya varian dengan RAM 2GB dan juga 3GB. Sedangkan Galaxy A02 hanya tersedia dalam pilihan RAM 3GB. Besar kemungkinan bahwa Samsung hanya akan membawa masuk Galaxy M02 dengan versi 2/32GB saja. Agar Galaxy A02 dapat mengisi pasar dengan RAM yang lebih besar yaitu 3GB. Harga yang bakal dibanderol untuk kedua smartphone ini diperkirakan berkisar antara 1.5 juta, hingga 2 jutaan rupiah.

Kapan Galaxy M02 Masuk Indonesia

Lalu untuk Samsung Galaxy M12, rumornya bakal menggunakan chipset Exynos 850 dengan RAM 3GB, serta berjalan dengan menggunakan OS Android 11. Hal ini diketahui berdasarkan bocoran spesifikasi yang muncul di Geekbench. Rumor lain menyebutkan bahwa ia bakal membawa 4 buah kamera belakang, serta baterai super besar berkapasitas 7000 mAh.

Untuk seri Galaxy A32 sendiri sebelumnya sudah pernah diperkenalkan. Ia menggunakan layar TFT dengan bentang 6.5 inch beresolusi HD+, dengan membawa fitur andalan berupa 4 buah kamera belakang dan juga baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas penyimpanan yang digunakannya adalah 128GB, dengan RAM 6GB. Tidak ada keterangan soal chipset apa yang digunakannya.

Samsung Galaxy A32 Indonesia

Sedangkan untuk dua smartphone lainnya, belum banyak hal yang diketahui sejauh ini. Khususnya untuk seri Galaxy Galaxy A72. Karena sejauh yang kita ketahui, yang muncul di permukaan hanyalah Galaxy A52 saja.

Kabarnya, Galaxy A52 bakal memiliki layar AMOLED dengan bentang 6.5 inch, dan memiliki fingerprint sensor yang terletak di bawah permukaan layar. Dari segi performa, ia akan mengandalkan antara dua pilihan chipset, yaitu Qualcomm Snapdragon 750G (5G), atau Qualcomm Snapdragon 720G (4G). Dengan penyimpanan 128GB, serta RAM berkapasitas 6GB dan atau 8GB. Banderol harganya diperkirakan bakal berkisar di angka 7.8 juta rupiah.

Namun perlu diingat bahwa kita harus menunggu pengumuman resmi mengenai calon hp Samsung terbaru ini agar mengetahui secara pasti tentang detail harga dan spesifikasi dari masing-masing smartphone. Sehingga, tidak ada jaminan bahwa angka-angka yang saya sebutkan tadi bakal 100% akurat.

Sumber: Situs Resmi Kementrian Perindustrian (Galaxy A02 & M02 | Galaxy A32, A52 & A72)

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P