Home Pengetahuan Dasar Penjelasan Singkat Mengenai FUP Pada Paket Internet

Penjelasan Singkat Mengenai FUP Pada Paket Internet

11
0

Penjelasan Singkat Mengenai FUP Pada Paket Internet – Kita mungkin pernah mendengar istilah FUP ketika sedang membaca syarat dan ketentuan paket internet, khususnya yang menawarkan akses “unlimited”.

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, atau dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai “Batas Pemakaian Wajar”. Dan iya, ini adalah “batasan” dari paket internet unlimited yang diberlakukan oleh provider penyedia layanan internet sebagai aturan main bagi pelanggannya.

Gampangnya gini, FUP itu ibarat seperti jatah kuota dengan kecepatan maksimal yang bisa kita dapatkan dari paket tersebut. Dan setelah batas FUP sudah terlampaui, maka kecepatan internet bakal diturunkan.

Apa itu pengertian FUPContohnya . . .

Misal, ada sebuah paket internet unlimited yang memiliki FUP Bulanan sebesar 10GB. Artinya, kita hanya punya jatah 10GB untuk dapat menikmati internet dengan kecepatan penuh, yang berlaku selama satu bulan.

Dan jika dalam satu bulan kita sudah memakai internet sebesar 10GB, maka kita akan tetap dapat mengakses internet, hanya saja kecepatannya akan diturunkan.

Artinya, kita memang diperbolehkan untuk mengakses internet tanpa batasan kuota, hanya saja, jatah untuk menikmati internet dengan kecepatan penuh bakal dibatasi sebanyak 10GB. Dan biasanya, akan ada paket “add on” yang bisa kita beli secara terpisah untuk dapat menambah jatah FUP tersebut, dalam satu bulan.

Terkadang, ada pula paket internet yang menerapkan aturan FUP harian. Misal, kita membeli sebuah paket internet unlimited BULANAN dengan jatah FUP HARIAN sebesar 500MB. Nah jika dalam satu hari ini kita sudah menggunakan internet sebesar 500MB, maka kecepatan akan diturunkan. Kecepatan internet bakal kembali normal keesokan harinya, dengan jatah yang sama yaitu 500MB.

Ketentuan mengenai berapa banyak FUP yang kita dapatkan dan berapa kecepatan yang dapat dinikmati setelah melewati FUP, akan berbeda-beda untuk masing-masing provider internet. Itulah sedikit penjelasan mengenai FUP secara garis besar yang mimin ketahui. Semoga bermanfaat! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here