Pencarian Operator Seluler Terbaik Untuk Game Online

Pencarian Operator Seluler Terbaik Untuk Game Online – Saya paham bahwa setiap pemain game online pasti menginginkan koneksi internet yang baik. Karena gangguan-gangguan yang terjadi bakal berakibat pada kalahnya permainan. Entah itu karena lag akibat latency tinggi, hingga bahkan membuat karakter menjadi AFK akibat koneksi yang terputus ataupun koneksi yang tidak stabil.

Walaupun saya sendiri hanya bermain game kalau sedang me-review hape saja, namun saya juga mengerti kekesalan tersebut. Game online yang biasa saya mainkan ketika sedang me-review hape adalah PUBG mobile. Dan tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika bermain game PUBG mobile menggunakan beberapa operator seluler. Termasuk diantaranya adalah XL, Tri (3), By.U, dan juga Smartfren.

Tiap operator punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan di sini, saya akan memberikan ranking dari keempat operator seluler tersebut, berdasarkan latency yang saya dapatkan ketika bermain PUBG mobile. Dan harusnya sih, ini berlaku untuk berbagai game online lain juga ya.

Tulisan ini saya buat dengan harapan dapat menjadi referensi bagi kamu yang sedang ingin mencari kartu terbaik untuk game online di hape. Dan perlu saya ingatkan bahwa hasil percobaan saya ini bisa saja berbeda jika dilakukan pada lokasi yang berbeda pula. Karena seperti yang kita ketahui bersama, kualitas jaringan akan tergantung dari lokasi tempat kita berada. Oke, kita mulai dari ranking yang paling bawah terlebih dahulu:

Kartu terbaik untuk game online

Ranking 4: Smartfren

Smartfren menempati posisi paling buncit dari percobaan saya. Karena ia konsisten memberikan latency yang selalu di atas 100ms. Seringnya malah berada di kisaran 140 sampai 200 ms. Hal ini jelas bukan merupakan hal yang baik untuk game yang mengandalkan kecepatan respon seperti PUBG mobile.

Dari sisi kestabilan koneksi, ia juga tergolong kurang baik. Dan saya akan menaruhnya di posisi ketiga untuk urusan ini. Satu-satunya hal yang membuatnya menarik dibandingkan dengan operator lainnya adalah, koneksi internet kita tidak akan terganggu jika ada SMS ataupun telpon yang masuk.

Hal itu karena Smartfren tidak menggunakan jaringan 3G, yang biasa digunakan untuk dapat menerima SMS maupun telepon. Smartfren menggunakan teknologi VoLTE yang memungkinkan mereka untuk dapat menerima SMS dan telepon, langsung di jaringan 4G. Dengan catatan, perangkat smartphone yang digunakan harus sudah mendukung VoLTE juga yaa. Sehingga, jaringannya tidak akan berpindah ke 3G/HSDPA yang biasanya akan sangat-sangat-sangat mengganggu permainan. Karena proses berpindahnya jaringan tersebut akan membuat game terasa sangat ngelag, akibat dari koneksi yang terputus sementara.

Teknologi VoLTE ini juga punya kelebihan lain di luar urusan gaming. Yaitu kualitas suara panggilan telponnya jadi sangat jauh lebih baik dan lebih jernih ketimbang menggunakan sambungan telpon di 3G.

Ranking 3: By.U

Dalam tulisan yang membahas tentang review By.U, saya mengatakan bahwa kecepatan internet dari operator yang satu ini memang sangatlah kencang. Namun ternyata, latency yang diberikan ketika bermain game bukanlah yang terbaik. Saya hanya menempatkannya di ranking 3 karena memang masih kalah dengan dua operator lain yang saya coba.

Tapi untuk urusan kestabilan koneksi, saya menempatkannya di posisi pertama. Karena walaupun latency yang diberikan tidak bagus-bagus amat, tapi angkanya tidak berfluktuasi terlalu jauh. Yaitu di kisaran 90 sampai 120ms.

Yang menarik, sejauh yang saya coba, operator ini sangat jarang mengirimkan promosi tak berfaedah melalui SMS. Bahkan seingat saya malah tidak pernah sama sekali. Mereka biasa memberitahukan penawaran-penawaran melalui aplikasinya. Yang mana hal ini membuatnya terbebas dari gangguan terputusnya koneksi akibat ada SMS dari operator yang masuk.

Ranking 2: XL

Berdasarkan percobaan saya, XL memang bisa memberikan latency yang cepat, hingga membuatnya berada di ranking 2. Tapi untuk urusan kestabilan, saya rasa ia berada di posisi paling buncit, bahkan di bawah Smartfren. Karena angka latency yang diberikan cukup sering berfluktuasi tajam alias naik turun. Kadang bisa sekitar 70ms, kadang bisa 200ms.

Namun saya rasa, kalau latency di angka maksimal 160an itu masih tergolong playable. Walaupun jelas, kenyamanan dalam bermain pasti bakal agak kurang maksimal. Jadi walau kurang stabil, saya rasa XL masih layak dipertimbangkan untuk digunakan bermain game online. Kalau cukup sial, kita tidak bisa menghindari jaringan yang mendadak berpindah ke 3G akibat SMS penawaran yang tiba-tiba masuk tanpa diundang.

Ranking 1: Tri

Operator Tri (3) menjadi pilihan operator terbaik untuk game online berdasarkan percobaan saya. Ia mampu secara konsisten memberikan latency di kisaran 60an hingga 80an ms. Bahkan kalau pakai fitur bawaan di ROG Phone 2 maupun ROG Phone 3, latency bisa sampai menyentuh angka 40an ms jika sedang bagus-bagusnya.

Dari sisi kestabilan, saya menempatkannya di posisi kedua. Karena ia mampu menjaga latency untuk tidak turun terlalu jauh. Saya merasakan bahwa ia cukup jarang menyentuh latency 100ms. Yaah maksimal di kisaran 120an ms lah.

Akan tetapi, kalau sedang kumat, latency bisa membengkak sampai di angka 400an hingga 500an ms. Yang mana hal itu sudah sangat cukup untuk menguji kesabaran kita saat bermain game online. Dan terkadang kita harus melakukan airplane mode sejenak untuk dapat membuatnya normal kembali. Belum lagi soal pesan pop-up yang secara tidak sopan menghalangi layar saat bermain game. Sungguh sangat mengganggu sekali. Dalam satu hari, jika kita bermain selama lebih dari 5 jam nonstop, setidaknya pesan pop-up akan muncul sebanyak satu kali.

Untuk dapat menghindarinya, biasanya saya akan menempatkan kartu ini di hape lain, lalu melakukan tethering. Sehingga hape yang saya gunakan untuk bermain akan terkoneksi via Wi-Fi dari hape yang lain tersebut. Dengan konsekuensi, latency akan sedikit membengkak di angka 70an sampai 90an ms. Dan kalau pesan pop-up sedang muncul di hape yang sedang tethering, biasanya latency akan menjadi tidak stabil.

Akhir Kata…

Selain hape yang mumpuni untuk bermain game, peran operator seluler ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam bermain game. Percuma punya hape flagship dengan frame rate dan refresh rate tinggi, tapi koneksi tidak lancar. Jadi keduanya harus saling mengisi.

By the way, lokasi dari percobaan tersebut saya lakukan di pinggiran kota Denpasar, tepatnya di daerah Denpasar Selatan. Dan sekali lagi, hasil dari percobaan saya tersebut bisa saja berbeda jika dilakukan di wilayah lainnya. Karena kalau ternyata di wilayah tempatmu tinggal tidak terjangkau dengan baik oleh operator yang kamu inginkan, maka akan percuma juga. Hasilnya tidak akan maksimal.

Jadi, hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih operator terbaik untuk game online adalah dengan memastikan bahwa operator tersebut sudah menjangkau wilayahmu dengan baik.

Coba kamu share pendapat dan pengalamanmu sendiri di kolom komentar. Dengan menyertakan lokasi dan juga operator seluler yang kamu gunakan. Apakah sama dengan percobaan saya?

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P