Beranda Pengetahuan Dasar Apa Itu Widget Pada Android?

Apa Itu Widget Pada Android?

0

Apa Itu Widget Di Android & iPhone? – Sejak awal kehadiran smartphone dengan sistem operasi Android, widget adalah salah satu fitur yang menjadi daya tarik utama. Bahkan di awal kemunculannya dulu, sebagian besar user Android cenderung gemar memasang banyak widget sekaligus pada home screen smartphone miliknya. Walau kemudian, lambat laun orang-orang semakin senang dengan tampilan yang lebih simple. Sehingga, penggunaan widget pun jadi lebih sedikit.

Fitur widget ala hp Android tersebut kemudian diikuti oleh Apple dan digunakan pada perangkat iPhone dan iPod touch sejak rilisnya iOS 14. Widget memang menjadi topik utama yang akan kita bahas kali ini. Tujuannya adalah supaya kita bisa sedikit lebih mengenal soal apa itu widget, serta yang mana yang dimaksud dengan widget yang sedari tadi kita bicarakan. Oke tak perlu berpanjang lebar lagi, kita mulai dari membahas soal pengertiannya terlebih dahulu.

Apa Itu Widget?

Widget adalah singkatan dari “window gadget”. Yang mana kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “jendela alat”. Makin bingung? Tenang, di sini saya akan menjelaskan apa maksud dari istilah tersebut.

Kata “jendela” di sini bukan berarti jendela yang biasa ada di rumah itu ya. Karena kata “jendela” di sini hanyalah semacam kiasan saja. Dalam dunia teknologi, jendela itu adalah sebuah elemen interface. Sedangkan alat di sini, bisa diartikan sebagai software atau aplikasi.

Nah kalau disederhanakan, pada perangkat Android dan juga iOS, widget adalah sebuah sebuah “perwakilan” dari suatu aplikasi, yang ditampilkan secara sederhana dalam bentuk “jendela”. Jendela dari aplikasi tersebut, kemudian akan diletakkan pada halaman depan alias home screen yang ditampilkan pada layar smartphone tersebut.

Contoh Widget

Daripada bingung, sekarang kita langsung saja ke contohnya yuk! Yang dimaksud dengan widget itu adalah seperti yang bisa kamu lihat pada contoh gambar di bawah ini. Nah, yang diberi tanda itulah yang disebut sebagai widget.

Fungsi widget Android dan iPhone

Sekarang, kita kembali lagi ke soal penjelasannya.¬†Entah apapun OS yang digunakan, baik Android maupun iOS, fungsi widget pada kedua OS tersebut kurang lebih sama. Yaitu sebagai “perwakilan” dari suatu aplikasi, yang ditampilkan secara terus menerus di halaman muka alias home screen.

Keuntungan memasang widget adalah, kita bisa melihat atau menggunakan fitur pada suatu aplikasi, tanpa harus benar-benar membukanya. Pada smartphone Android, fitur widget yang paling umum alias paling banyak digunakan adalah widget jam.

Apa itu widget?

Dengan ditampilkannya widget jam pada home screen, kita jadi tidak perlu repot-repot untuk mencari aplikasi jam, hanya untuk melihat waktu. Selain itu, widget lain yang cukup sering digunakan adalah widget dari aplikasi catatan.

Sama seperti widget jam yang kita sebutkan tadi, widget catatan juga akan bisa menampilkan berbagai catatan yang kita buat. Sehingga untuk dapat melihat catatan tersebut, kita tidak harus benar-benar mengakses aplikasi catatan.

Intinya, fitur widget pada smartphone berfungsi untuk membuat sesuatu jadi lebih simple. Memudahkan kita untuk melihat konten di dalam aplikasi, tanpa harus repot untuk mencari dan membuka aplikasi tersebut. Dan tentu saja, ada cukup banyak aplikasi selain jam dan juga catatan, yang menyediakan fitur widget. Mulai dari aplikasi Google search, email, social media, hingga aplikasi toko online pun menyediakan fitur widget.

Nah, itulah penjelasan sederhana mengenai apa itu widget, dan juga contohnya. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk membaca berbagai artikel lain tentang istilah pada teknologi. Kalau kamu, widget apa saja yang kamu pasangkan di home screen hape milikmu?

Artikel sebelumnya7 Fitur Unggulan Laptop ASUS ExpertBook B5, Cocok Untuk Siapa?
Artikel selanjutnyaEfek Samping Mode Hemat Daya & Aplikasi Penghemat Baterai di Hp Android
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini