Pilih Mana? Rakit PC atau Beli Laptop Saja?

Pilih Mana? Rakit PC atau Beli Laptop Saja? – Saat ini, memiliki sebuah perangkat komputer rasanya bisa dibilang sangat penting. Bukan hanya untuk menunjang hobi dan pekerjaan, tapi juga untuk urusan pendidikan, dan bahkan mendukung kreatifitas. Salah satu kegalauan yang terjadi ketika ingin memiliki perangkat komputer sendiri adalah saat harus dihadapkan dengan pilihan untuk membeli laptop, atau mending rakit PC saja?

Dan saya yakin bahwa kamu juga pasti ingin agar budget yang kamu punya bisa digunakan untuk membeli sebuah perangkat komputer yang optimal. Saya memutuskan untuk membuat tulisan ini agar bisa menjadi sebuah referensi untuk memberikan gambaran agar dapat memilih perangkat yang tepat, sesuai dengan kebutuhan. Iya, kata kuncinya adalah “kebutuhan”. Karena terkadang bukanlah hal yang bijak kalau hanya mengikuti jejak kaum mendang-mending.

Mending Rakit PC, atau Beli Laptop?

Sebenarnya kedua hal ini tak bisa dibandingkan. Karena kembali lagi, itu akan tergantung dari kebutuhan kita masing-masing. Lha wong memilih laptop yang tepat saja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, apalagi harus memilih antara laptop dengan PC?! Nah sekarang pertanyaannya, kebutuhan yang seperti apa sih yang dimaksud itu?

Oke, kita akan mengulik lebih dalam berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perangkat, lalu mengambil kesimpulan tentang kegiatan seperti apa yang cocok untuk perangkat tersebut.

Kelebihan PC dibanding Laptop

Dibandingkan dengan laptop, harus diakui bahwa performa sebuah PC akan jauh melampaui laptop jika pembandingnya adalah laptop dengan harga yang sama. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang nyinyir dan mengatakan bahwa “mending rakit PC” saat melihat sebuah laptop dengan harga yang fantastis.

Namun, apakah semua orang bakal butuh PC yang punya performa tinggi? Belum tentu! Apalagi, jangan lupakan fakta bahwa kita tidak bisa membawa PC dengan leluasa seperti halnya membawa sebuah laptop. Di sinilah titik pembeda utamanya.

Jadi kalau menurut saya, PC akan bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika kita hanya berencana untuk bisa menggunakannya pada satu ruangan saja. Misalnya untuk di kantor, atau di rumah saja. Selain itu, PC juga akan cocok bagi para gamers yang menginginkan performa tinggi, namun dengan harga yang lebih terjangkau daripada laptop gaming.

PC juga menawarkan kemudahan untuk bisa meng-upgrade komponen yang kita inginkan. Misalnya kalau mau upgrade CPU atau mungkin upgrade GPU (VGA), kita tidak perlu mengganti seluruh PC secara utuh. Cukup beli CPU atau GPU yang kita inginkan, lalu gantikan yang lama dengan yang baru. Dengan catatan, CPU yang ingin kita beli harus sesuai dengan socket dari motherboard yang kita gunakan.

Akan tetapi, kalau kamu berencana untuk merakit PC gaming kelas atas di tahun 2021 ini, sepertinya akan sulit untuk mewujudkannya. Kita akan kesulitan untuk menemukan komponen VGA kelas atas. Karena biasanya, VGA tersebut sudah habis diborong oleh para miner cryptocurrency. Kalaupun ada, harganya bisa sangat jauh diatas normalnya. Hingga kita akan berpikir untuk mending beli laptop gaming saja :))

Namun jika ternyata kamu tidak berencana untuk membangun sebuah PC dengan VGA kelas atas, rasanya hal diatas itu tak perlu kamu khawatirkan. Intinya, PC akan bisa memberikan performa yang baik dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan laptop. Hanya saja, ia hanya bisa digunakan dalam satu ruangan saja.

Kelebihan Laptop dibanding PC

Dalam hal performa, laptop memang akan kalah jika dibandingkan dengan PC dengan harga yang sama. Namun berbeda dengan PC, laptop akan menawarkan portabilitas yang jauh lebih baik. Dalam arti, jenis komputer yang satu ini akan bisa dibawa dengan mudah kemana saja, dan bisa digunakan nyaris dimana saja selama kita butuhkan. Dengan catatan, kita harus tetap berhati-hati dalam membawanya. Khususnya jika laptop tersebut masih menggunakan penyimpanan berjenis HDD. Agar laptop tidak mengalami kerusakan.

Hal lain yang membedakannya dengan PC adalah, laptop dengan harga yang lebih mahal, belum tentu akan memiliki performa yang lebih tinggi. Karena laptop akan memiliki segmentasi khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Khususnya untuk laptop dengan banderol harga mulai 14 jutaan keatas. Silakan baca tentang bedanya laptop gaming vs laptop biasa agar kamu mengerti maksudnya.

Nah, kelebihan laptop yang bisa dibawa-bawa serta digunakan dimana saja, akan memudahkan kita ketika harus menggunakannya. Sehingga, laptop akan lebih cocok jika kamu harus menggunakan laptop di berbagai tempat yang berbeda. Misalnya untuk para pelajar, pekerja kantoran, eksekutif muda, hingga para profesional.

Penggunaan laptop juga akan dipandang lebih praktis dan juga efisien saat digunakan untuk presentasi. Ketimbang harus mencolokkan USB flash drive ataupun external HDD ke komputer milik klien. Yang mana saya yakin, tidak semua orang akan bersedia ketika ada orang lain yang ingin menghubungkan USB flash drive pada laptopnya, demi keamanan data dirinya.

Khusus untuk laptop gaming, banyak orang mempertimbangkan untuk memilihnya daripada merakit PC karena biasanya, ia juga akan digunakan untuk urusan pekerjaannya. Yang mana akan ada saat dimana ia juga harus membawa serta laptopnya untuk beberapa keperluan yang tidak bisa dilakukan di rumah. Walaupun laptop gaming terbilang kurang praktis untuk dibawa, namun setidaknya ia masih bisa untuk dibawa-bawa.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P