Home Pengetahuan Dasar Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru

Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru

47562
57

Cara Mengatur Ulang Android Agar Seperti Baru – Tren mengganti handphone secara berkala memang sudah menjadi hal yang biasa bagi kita, meski tidak semua orang melakukan penggantian pada gadget mereka secara rutin.

Bagi sebagian orang, mengganti perangkat hanya perlu dilakukan jika perangkat tersebut sudah mulai rusak, atau mulai lemot. Sebagian lain melakukan pergantian jika ia sudah merasa bosan ataupun ingin menggantinya dengan model yang lebih baru untuk mengikuti trend, apalagi sekarang ini perangkat baru yang menggunakan OS Android semakin banyak dan cepat peredarannya.

Apapun alasannya, sebagian besar dari kita pasti pernah atau akan mengganti perangkat kita dengan yang baru.

BACA JUGA : Kenapa Android mulai lemot?

Biasanya sebelum atau sesudah membeli perangkat yang baru, kita akan menjual perangkat milik kita sebelumnya meski tidak jarang pula yang lebih memilih untuk memberikannya kepada orang lain (misalnya adik atau saudara yang lain).

Nah sebelum perangkat tersebut berpidah tangan, akan sangat disarankan bagi kita untuk menghapus semua data yang ada pada perangkat termasuk data pribadi seperti akun, detail kontak atau segala sesuatu yang tersimpan di perangkat tersebut untuk menghindari penyalahgunaan oleh pengguna setelah kita.

Cara mengatur ulang androidNah, cara yang paling mudah dan cepat untuk menghapus semua data pada perangkat adalah dengan memanfaatkan fitur Factory reset.

Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan penghapusan secara menyeluruh (reset data) agar semua data termasuk kontak, foto, aplikasi dan bahkan akun yang tersimpan disana dapat dibersihkan sehingga perangkat akan kembali ke settingan awal, seperti saat kita baru membelinya.

Nah bagi kamu yang berencana untuk melakukan penghapusan data seperti ini pada perangkat dengan OS Android, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut :

PENTING! UNTUK DIPERHATIKAN!

Sebelum memulai untuk factory reset, ada beberapa hal yang perlu kamu tau:

  • Pastikan kamu tau atau ingat password gmail yang tersimpan di hape tersebut. Karena, nantinya setelah selesai melakukan proses factory reset, password tersebut akan diminta kembali agar hape dapat dioperasikan (untuk Android versi 6.0 keatas)
  • Jika kamu berminat melakukan factory reset untuk menjual hapemu, sebaiknya kamu sign out semua akun gmail yang tersimpan SEBELUM proses factory reset dilakukan.
  • Jika kamu tidak ingin data yang tersimpan di memory eksternal (microSD) terhapus, maka sebaiknya kamu cabut terlebih dahulu microSD di perangkat tersebut. Atau kamu juga bisa menghapus tanda centang yang bertuliskan erase external memory (hapus data memory eksternal) yang biasanya muncul disana. MOHON DITELITI sebelum melakukan konfirmasi.

1. Masuklah ke menu setting, temukan dan pilih menu backup & reset seperti pada gambar dibawah ini.

Cara menghapus seluruh data di Android2. Setelah masuk ke menu tersebut, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan pilih menu Factory data reset (Kembali ke pengaturan awal / pabrik). Setelah itu kamu akan diperingatkan kembali bahwa semua data termasuk akun, setting dan juga aplikasi yang terinstall akan dihapus secara menyeluruh. Jika sudah yakin, klik Reset phone untuk melanjutkan.

Membersihkan data dan akun di AndroidSetelah itu biasanya akan muncul beberapa halaman konfirmasi. Halaman yang muncul pertama kali akan memintamu untuk memasukkan kunci layar entah itu dalam bentuk PIN ataupun kunci pola (pattern) tergantung pada settingan yang kamu lakukan sebelumnya.

Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan kode konfirmasi yang akan ditampilkan perangkat untuk memastikan bahwa kamu benar-benar ingin melakukan penghapusan data untuk menghindari penghapusan data secara tidak sengaja.

Setelah mengkonfirmasi, perangkat akan melakukan rebooting untuk menghapus data. Proses ini biasanya memakan waktu yang agak lama jadi kamu harus sedikit bersabar untuk menunggu. Dan setelah selesai, perangkatmu akan kembali ke setelan awal seperti ketika baru pertama kali membelinya.

Manfaat Melakukan Factory Reset

Selain untuk melakukan penghapusan data, biasanya pilihan untuk melakukan Factory Reset akan dilakukan untuk memperbaiki (mengembalikan) software perangkat saat terjadi error yang terkadang bisa saja terjadi karena kesalahan tertentu.

Nah itulah langkah mudah untuk menghapus seluruh data pada perangkat Android. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

57 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here