Menggunakan Laptop Tanpa Mouse? Gampang Kok!

Menggunakan Laptop Tanpa Mouse? Gampang Kok! – Untuk bisa menggunakan laptop dengan optimal, kita memang disarankan untuk memakai mouse. Agar proses kerja lebih cepat, sekaligus lebih mudah. Namun, jika seandainya kita tidak punya mouse atau lupa membawa mouse saat bepergian, apakah kita masih bisa menggunakan laptop tanpa mouse? Oh tentu bisa!

Di sini saya akan membahas tentang cara menggunakan laptop tanpa mouse, lengkap dengan beberapa tips yang mungkin bermanfaat. Agar proses kerja tetap bisa cepat, walau tidak menggunakan mouse. Namun sebelum melanjutkan, saya sangat menyarankan bagi kamu untuk membaca tulisan tentang pengenalan istilah dan nama bagian-bagian pada laptop agar kamu lebih mudah dalam memahami tulisan ini.

Kalau sudah, mari kita mulai! Cara dan tips yang akan saya tuliskan di bawah ini seharusnya bisa diterapkan pada semua merk laptop keluaran tahun 2010 keatas. Termasuk ASUS, Acer, HP, Lenovo, dan lainnya.

Cara Menggunakan Laptop Tanpa Mouse

Jika kamu melihat pada bagian dekat keyboard, lebih tepatnya diantara kedua palmrest, biasanya akan terdapat sebuah ruang berbentuk persegi yang disebut sebagai touchpad. Yang mana jika kamu sentuh, touchpad ini akan berfungsi sebagai pengganti mouse.

touchpad laptop

Touchpad ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggerakkan kursor saja, tapi juga bisa memiliki fungsi lain layaknya sebuah mouse sesungguhnya. Termasuk juga untuk klik kiri, klik kanan, double click, scroll halaman, dan bahkan bisa untuk melakukan pembesaran tampilan (zoom). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Kiri

Sebagian besar laptop akan memiliki touchpad dengan dua buah tombol yang terdapat pada bagian atas atau bawahnya. Dan yap, seperti yang kamu duga, tombol di sebelah kiri itu adalah tombol untuk bisa melakukan klik kiri. Namun, jika ternyata mousepad pada laptopmu terlihat polos alias tidak memiliki tombol seperti pada contoh gambar diatas, maka sebenarnya kamu tetap bisa melakukan klik kiri kok.

Walau terlihat polos tanpa tombol, biasanya touchpad tersebut akan tetap bisa ditekan. Karena ia memiliki tombol yang sebenarnya tersembunyi. Biasanya letak tombolnya ada pada bagian yang paling dekat dengan pinggiran laptop. Atau lebih tepatnya seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Cara menggunakan laptop tanpa mouse

Biasanya, desain touchpad dengan tombol tersembunyi seperti itu bertujuan agar permukaan touchpad bisa dibuat lebih luas. Sehingga, kita bisa lebih leluasa dalam menggerakkan kursor pada laptop tersebut.

Selain menggunakan tombol, kita juga bisa melakukan klik kiri dengan cara mengetuk touchpad dengan cepat, sekali saja, menggunakan satu jari. Semacem ditotol gitu (entah apa bahasa Indonesianya). Tapi mengetuknya nggak perlu terlalu keras yaa. Karena di sini kita bukan bermaksud untuk menggedor pintu. Ketukan lembut aja sudah cukup kok.

Dan agar posisi kursor tidak berubah saat kamu mengklik kiri menggunakan cara ini, pastikan kamu mengetuk touchpad pada posisi yang persis sama dengan saat terakhir kali kamu menyentuh touchpad.

  • Klik Kanan

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa melakukan klik kanan dengan cara menekan tombol sebelah kanan pada touchpad. Tapi itu bukan satu-satunya cara! Karena ada satu cara lain yang menurut saya lebih mudah untuk dilakukan.

Jadi kalau mau klik kiri itu kan, kita mengetuk touchpad dengan satu jari ya. Nah kalau mau klik kanan, kita bisa melakukannya dengan cara mengetuk touchpad dengan dua jari sekaligus.

  • Double Click

Untuk bisa melakukan double click, sebenarnya mirip dengan cara untuk melakukan klik kiri. Bedanya adalah, jika melakukan klik kiri itu kan cukup sekali saja mengetuknya, sedangkan untuk double klik, ketuklah touchpad sebanyak dua kali dengan cepat.

  • Scroll Halaman Layar

Untuk bisa melakukan scrolling layar menggunakan touchpad, kita harus menggunakan dua jari sekaligus. Geserlah kedua jari yang sudah kita letakkan diatas touchpad tersebut ke arah atas atau bawah. Tergantung gimana maunya kamu, apakah ingin scroll ke atas atau ke bawah.

  • Zooming Layar (zoom in zoom out)

Untuk urusan zooming, sebenarnya mirip sekali dengan saat kita ingin melakukan zoom di layar hape touchscreen. Yaitu dengan meletakkan dua jari sekaligus di atas touchpad, lalu arahkan kedua jari itu agar bergerak berjauhan. Untuk zoom out, yaa tinggal dibalik aja caranya. Dua jari yang berjauhan tadi, didekatkan kembali.

Kalau Touchpad Nggak Bisa, Gimana?

Jika ternyata touchpad pada laptop milikmu tidak bisa digunakan, maka kamu tidak perlu panik dulu! Karena bisa jadi fungsinya memang belum dinyalakan. Untuk menyalakan fungsi touchpad, kamu cukup menekan tombol dengan icon mirip touchpad di deretan tombol F1 sampai F12. Icon touchpad itu biasanya berbentuk persegi dengan sedikit garis di tengahnya, atau persegi dengan dua tombol di bawahnya.

Letak dari tombol tersebut bisa berbeda-beda pada tiap tipe laptop. Bahkan jika ternyata merk laptopnya sama, tapi kalau tipe/modelnya berbeda, maka letak tombolnya pun bisa berbeda juga. Jadi, kamu harus cari sendiri yaa.

Kalau masih nggak bisa? Kemungkinan tombol Fn di laptopmu sendang terkunci. Jika demikian, maka cobalah untuk menekan dan tahan tombol Fn (biasanya di sebelah kiri bawah, dekat tombol “Ctrl”), lalu tekan tombol dengan icon touchpad yang ada di deretan tombol F1-F12 tadi. Ingat! Tombol Fn nya harus ditahan dulu ya! Jadi yang ditekan itu adalah dua tombol sekaligus.

Untuk kamu yang masih pemula, saya sarankan untuk membaca kumpulan tulisan tentang cara menggunakan laptop untuk pemula agar kamu bisa lebih mahir dalam menggunakan laptop. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai tulisan yang membahas hal-hal mendasar seperti misalnya fungsi tombol pada laptop, istilah-istilah yang digunakan pada laptop, serta beberapa tips lainnya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P