Apa Fungsi HDR Pada Kamera Smartphone?

Apa Fungsi HDR Pada Kamera Smartphone? – Kita semua tau bahwa setiap smartphone baru yang beredar di pasaran saat ini pastilah memiliki fitur kamera di bagian belakangnya. Komponen ini memang sudah menjadi sesuatu yang wajib ada di setiap smartphone.

Tidak hanya canggih dari sisi hardware, namun software yang dimiliki oleh kamera masing-masing produk pun kian hari makin canggih saja. Ya, tidak sedikit memang model smartphone yang memiliki banyak fitur unggulan pada kameranya. Dan salah satu fitur yang sedang hangat adalah HDR.

Apa itu HDR? HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range yang artinya Jangkauan Dinamis Tinggi. Maksudnya adalah mode ini akan dapat mengambil gambar (foto) dengan “jangkauan” pencahayaan yang lebih dinamis dan lebih luas dibandingkan dengan foto biasa (tanpa HDR) sehingga gambar yang dihasilkan akan memiliki citra pencahayaan yang lebih baik. Nah bingung kan? Ya sama! :p

Itu tadi kata Wikipedia sih. Oke biar gak bingung, disini saya akan coba untuk menyederhanakan bahasa yang digunakan agar lebih mudah dimengerti karena bukan hanya wanita saja yang ingin dimengerti. Sekarang coba perhatikan contoh gambar dibawah ini. Gambar ini adalah foto yang diambil tanpa menggunakan mode HDR.

Dalam foto tersebut terlihat ada sisi gelap (dibawah) dan sisi terang (diatas) yang sangat kontras. Ketika ingin mengambil sebuah foto, kita tentu harus mensetting exposure (tingkat kecerahan) dari gambar yang ingin kita tangkap.

Dan jika terjadi perbedaan pencahayaan pada objek yang kita bidik, maka biasanya akan timbul masalah seperti gambar diatas, yakni akan ada objek yang terlihat lebih terang dan objek yang terlihat lebih gelap. Walaupun pada gambar tersebut tidak terlihat terlalu parah perbedaannya.

Nah fitur HDR ini dihadirkan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada umumnya, foto yang ditangkap dengan menggunakan mode HDR (khusunya untuk kamera hape) akan diproses dengan cara mengambil beberapa gambar sekaligus pada tingkat kecerahan yang berbeda, untuk kemudian dikombinasikan menjadi satu gambar agar nampak lebih baik dalam hal kecerahan pada semua objek yang ada di dalam frame (foto). Contoh hasilnya adalah seperti ini:

Nah, coba bandingkan dengan foto yang diawal tadi. Beda banget kan? Artinya, fitur ini berfungsi atau berguna untuk menyeimbangkan tingkat kecerahan pada foto yang ditangkap. Sehingga tak ada ketimpangan yang terpaut jauh dalam hal kecerahan.

Semua foto diatas diambil dengan menggunakan kamera ASUS Zenfone 2. Untuk melihat hasil foto lain dari perangkat tersebut, silakan kunjungi halaman ini.

Itulah fungsi atau kegunaan dari fitur HDR yang mungkin juga terdapat pada smartphone yang kamu miliki. Semoga bisa dipahami yaa. Harusnya sih dengan melihat perbandingan dari kedua foto yang disertakan diatas, kalian pasti paham lah maksudnya gimana 😀

Oke, sekian dulu untuk tulisan kali ini. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lain seputar gadget. Semoga bermanfaat 😀

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P