Home News Main Game di ROG Phone 2, Auto Win?

Main Game di ROG Phone 2, Auto Win?

0

Main Game di ROG Phone 2, Auto Win? – Hape gaming terbaik sepanjang tahun 2019 dan mungkin sampai pertengahan tahun 2020 nanti. Itulah yang saya pikirkan ketika mencoba sendiri ROG Phone 2 selama lebih dari seminggu lamanya.

Smartphone andalan ASUS ini benar-benar memberikan pengalaman bermain game yang berbeda dibandingkan dengan jika menggunakan hape lain. Bukan, bukan hanya bermodal kencangnya CPU dan GPU yang dibawanya saja, tapi juga dari berbagai aspek lainnya.

CPU dan GPU bawaan smartphone ini memang sangatlah kencang. Yaitu Qualcomm Snapdragon 855+ yang merupakan chipset mobile paling kencang saat tulisan ini dirilis. Jelas, ia akan mampu menyajikan pengalaman main game tanpa hambatan.

Namun, sesuatu yang tak dimiliki oleh smartphone biasa adalah dari sisi layarnya yang juga sudah mendukung kecepatan 120Hz. Memungkinkannya untuk menyajikan animasi yang bahkan nampak lebih luwes. Artinya, layar tersebut akan mampu menampilkan animasi hingga maksimal 120 frame per detik. Berbeda dengan smartphone lain yang hanya punya kecepatan 60Hz, bahkan di kelas flagship sekalipun.

Gambaran mengenai keuntungan layar ini sudah saya posting di video ini. Lebih dari itu, ROG Phone juga punya berbagai fitur tambahan yang bakal mendukung aktifitas gaming. Salah satunya adalah Air Trigger.

Ditambah lagi, dukungan fitur di level software seperti misalnya Armory Crate juga bakal memaksimalkan pengalaman bermain game kita. Apps ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai pengaturan custom pada masing-masing game. Dalam arti, mengatur bagaimana perilaku ROG Phone 2 ketika menjalankan game yang kita punya.

Misalnya, kita bisa setting seberapa tinggi performa yang akan digunakan saat menjalankan masing-masing game, seberapa tinggi batas aman temperatur yang kita inginkan, hingga pengaturan apakah ingin membatasi sinkronisasi aplikasi di background untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil saat bermain game.

Dan memang, pengaturan terakhir yang saya sebut itu sangatlah efektif untuk mengurangi besaran ping alias latensi dari koneksi internet, hingga sekitar 8 sampai 20ms.

Selain itu, layar dengan touch sampling rate 240Hz dan touch latency rate 49ms membuat saya merasa semakin lincah saat mengontrol permainan. Bahkan dalam game balap, kemampuan layarnya ini benar-benar memberikan kontrol yang jauh lebih akurat. Sehingga kontrol terasa lebih mudah dan lebih “real time”. Berikut adalah video saat bermain game PUBG Mobile dan juga Real Racing 3 menggunakan ASUS ROG Phone 2.

Bagaimana soal temperatur? Yang saya rasakan adalah, temperatur dari perangkat ini terasa panas jika digunakan terlalu lama. Khususnya di sekitaran bagian tengahnya. Dan oleh karena body dari hape ini yang ternyata lebih panjang dibanding hape biasa, maka panas ini tak terlalu terasa mengganggu saat bermain game. Karena bagian tepi dari hape ini tidak terlalu terdampak panasnya. Terlebih jika kita menggunakan case bawaan dari ROG Phone 2.

Temperaturnya bahkan bisa lebih panas lagi ketika X-Mode diaktifkan. Maka, amat sangat disarankan untuk menggunakan aksesori berupa kipas (Aero Active Cooler) jika anda ingin mengaktifkan X-Mode. Yang menarik adalah, saya tidak merasakan adanya penurunan performa ketika baterai sudah di level kurang dari 10%, seperti yang biasa kita alami pada hape biasa. Performa dari smartphone ini pun terbilang stabil walau sudah digunakan untuk bermain selama berjam-jam.

Dan yang terakhir, baterai dari smartphone ini mampu digunakan untuk bermain game PUBG Mobile nonstop selama 5 jam lebih 12 menit (100% ~ 10%) dengan settingan grafis HDR, dan frame rate Extreme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here