Beranda News ROG Phone 7: Emang Perlu Beli Smartphone Gaming?

ROG Phone 7: Emang Perlu Beli Smartphone Gaming?

0

ROG Phone 7: Emang Perlu Beli Smartphone Gaming? – Besarnya daya tarik untuk bermain game ditandai dengan semakin banyaknya orang yang menggemari aktifitas tersebut. Trend untuk membeli smartphone berperforma tinggi pun semakin melambung karenanya.

Mau heran, tapi .. Main game memang semenyenangkan itu! Bukan cuma sebagai “obat” untuk menyingkirkan rasa bosan dan suntuk. Melainkan, apa yang belum banyak disadari adalah, aktifitas gaming bisa menjadi opsi alternatif dalam mengisi waktu luang agar terhindar dari konsumsi social media yang berlebih.

Mengingat belakangan ini, terlalu banyak informasi random dan toxic di socmed yang malah bisa membuat orang merasa insecure.

Di sisi lain, saya yakin masih banyak yang setuju bahwa aktifitas gaming itu tidaklah mendatangkan manfaat apa-apa. Cuma bikin orang lupa waktu, dan bahkan berpotensi mengganggu kesehatan karena bikin orang jadi sering begadang.

Tapi kamu percaya nggak, bahwa apa yang disebutkan barusan bisa jadi karena para pemain game itu tidak mendapatkan kemenangan yang diharapkan?

Pentingnya Kemenangan Bagi Seorang Gamer

Saya jadi ingat. Dulu ada seorang teman bermain dalam random squad PUBGM yang pernah berujar:

Ayo bang bantu ya, gak chicken gak tidur kita!

Walau seolah hanya ungkapan “gertak sambel”, rasanya perkataan itu merupakan gambaran nyata dari apa yang sebenarnya terjadi ketika ada banyak gamers yang sampai lupa waktu.

Karena saya pribadi pun merasa ada semacam perasaan “nanggung” ketika tidak meraih kemenangan saat bermain game. Jadi kalau misal kalah terus menerus, pasti akan ada perasaan ingin mencoba lagi dan lagi. Saat sadar, tau-tau sudah jam 2 pagi.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa selain membuat penjadwalan yang jelas, salah satu kunci agar kita bisa membatasi waktu bermain game adalah dengan meraih kemenangan. Supaya tak ada lagi perasaan nanggung yang menghantui.

Kita mungkin bukanlah atlet eSports yang dituntut untuk mendapatkan sebanyak mungkin kemenangan agar bisa menjuarai kompetisi.

Namun bagi seorang gamer, kemenangan yang diraih dalam game bisa menjadi mood booster. Yang otomatis bakal meningkatkan semangat, sebagai salah satu faktor pendukung produktifitas. Inilah salah satu manfaat yang didapat dari aktifitas gaming.

Kekalahan Bisa Membuyarkan Semuanya

Namun ketika yang didapat hanyalah kekalahan, ceritanya bakal berbeda jauh. Bisa-bisa, tujuan awal untuk menghibur diri malah tidak tercapai.

Dalam dunia game, setidaknya ada dua faktor utama yang bisa menyebabkan kekalahan. Yaitu faktor skill, dan juga perangkat yang digunakan. Ketika pemain tidak memiliki skill yang cukup baik, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan kekalahan.

Tapi bukan berarti kita bisa menang dengan hanya bermodalkan skill saja. Karena saya yakin, pasti ada banyak sekali pemain yang pernah mengalami kekalahan karena faktor eksternal. Apalagi kalau bukan karena perangkat yang digunakan tidak mumpuni.

Animasi tidak lancar, dan kontrol yang kurang responsif, adalah dua permasalahan yang bisa menjadi penghambat, sekaligus membuat jalannya game jadi terasa kurang mengasyikkan.

Maka untuk menghindarinya, gunakanlah smartphone gaming yang mumpuni seperti ROG Phone 7 untuk memperbesar peluang dalam meraih kemenangan. Karena dengan jalannya game yang tidak terhambat, ditambah kontrol permainan yang maksimal, otomatis kita bisa berfokus untuk mengerahkan skill terbaik yang kita punya.

Siapa tau rekor kemenangan yang kamu dapat bukan sebatas mendatangkan kesenangan, tapi juga berpotensi untuk mengharumkan nama bangsa lewat jalur eSports. Seperti yang dilakukan oleh Yummy, Ponbit, Alan, Lapar & Boycil dalam squad timnas PUBG mobile, yang berhasil membawa pulang medali emas di SEA Games 2023 lalu.

Kelebihan ROG Phone 7

Ya, di sini kita bicara soal mobile gaming yang popularitasnya makin meningkat tajam seiring waktu. Dan ROG Phone 7 menjadi rekomendasi karena ia merupakan the real gaming phone, yang didesain khusus untuk memaksimalkan performa dalam bermain game.

KEISTIMEWAAN ROG PHONE 7

1. Performa Tinggi Dengan Teknologi Terkini

Performa tinggi sangatlah penting agar smartphone bisa menyajikan tampilan grafis yang bagus, serta animasi yang lancar. ROG Phone 7 dibangun dengan menggunakan chipset Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform, yang merupakan chipset mobile platform dengan performa tertinggi untuk saat ini.

CPU dari chipset yang berjalan di clockspeed 3.2GHz tersebut diklaim mampu memberikan peningkatan performa hingga 15% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

GPU Adreno™ yang terdapat pada chipset ini bahkan sudah mendukung ray tracing yang diakselarasi di level hardware. Artinya, ROG Phone 7 mampu menampilkan tampilan grafis game dengan detail efek cahaya yang lebih nyata. Hasilnya, game yang dijalankan bisa terlihat jauh lebih realistis.

Demi membuat performanya makin kencang, ROG Phone 7 juga sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 8 hingga 16GB berjenis LPDDR5X. Serta penyimpanan berkapasitas 256 hingga 512GB berjenis UFS 4.0.

Jenis penyimpanan yang digunakannya tersebut diketahui memiliki performa dua kali lebih cepat dibandingkan dengan UFS 3.0. Hal ini memungkinkan ROG Phone 7 untuk bekerja sangat cepat untuk menghasilkan frame rate yang tinggi. Dimana semakin tinggi frame rate yang dihasilkan, maka tampilan animasi saat menjalankan game akan terlihat semakin lancar.

Tentu bakal ada banyak keuntungan yang didapat dari performanya yang super ngebut itu. Misalnya, ketika ingin mengisi momen gabut saat jam istirahat kantor, kita dapat segera masuk ke dalam game tanpa harus menunggu terlalu lama.

Jalannya permainan pun bisa dipastikan berjalan sangat lancar. Sehingga, kita bisa memaksimalkan setiap pertandingan. Mengingat tentu tak banyak match yang bisa dimainkan di sela waktu yang singkat itu.

Diluar urusan gaming, dapur pacunya itu memungkinkan ROG Phone 7 untuk penggunaan jangka panjang. Karena semakin hari, perkembangan game akan semakin bagus, dan aplikasi pun akan semakin berat.

2. Kestabilan Performa Terjamin

Memang benar bahwa faktor terpenting yang menentukan performa sebuah smartphone adalah chipset (prosesor) dan juga RAM. Tapi kalau kamu berpikir bahwa smartphone gaming itu hanya perlu punya prosesor kencang dan RAM besar saja, maka kamu harus berpikir ulang. Karena percuma saja jika punya dapur pacu yang ngebut, tapi performanya tidak stabil.

Kita semua tau bahwa ketika menjalankan sebuah game, maka temperatur smartphone akan meningkat karena mesinnya bakal dipaksa untuk mengerahkan performa penuh.

Saat temperatur prosesor terlalu tinggi, maka penurunan performa pun akan terjadi demi menjaga suhu di batas aman. Dampaknya, jalannya game jadi terhambat, yang ditandai dengan animasi yang terlihat agak patah-patah akibat menurunnya frame rate.

Inilah yang membuat ROG Phone 7 berbeda! ROG Phone 7 dikatakan sebagai the real gaming phone karena ia tidak cuma bermodalkan prosesor dan RAM saja. Tapi juga mampu menjaga agar bisa terus menyajikan performa tertingginya.

Statement ini sudah dibuktikan dari pengujian nyata. Ketika diuji menggunakan Wild Life Unlimited Stress Test, ROG Phone 7 mampu mencatatkan skor stabilitas di angka 99.8%. Artinya, selama dicoba untuk memaksanya bekerja keras, smartphone gaming ini mampu mempertahankan puncak performanya secara konsisten.

Pencapaian luar biasa ini bisa didapat karena ROG Phone 7 sudah menggunakan desain termal terbaru yang diberi nama GameCool 7. Yang mana desain ini memiliki 3 level pendekatan yang berbeda untuk meredam panas yang dihasilkan saat chipset bekerja keras.

Yang pertama ada senyawa termal berupa Boron Nitride (BN) yang ditempatkan di salah satu sisi CPU. Tujuannya adalah untuk memperlambat naiknya temperatur, untuk mencegah terjadinya frame drop ketika digunakan dalam sesi gaming singkat.

Kedua, terdapat Rapid Cycle Vapor Chamber yang ditempatkan di sisi lain CPU, yang diklaim mampu menurunkan panas hingga 2.1x lebih cepat dari generasi sebelumnya. Vapor chamber alias ruang uap ini didesain secara khusus agar air yang menguap & menyebar di dalam ruangan bisa kembali dengan cepat ke pusat panas yang berada di tengah. Benefitnya, siklus pendinginan bisa berlangsung lebih cepat, dan temperatur bisa lebih terjaga saat digunakan dalam sesi gaming yang lama.