Internet Kamu Lemot Hari Ini? Tenang, Kamu Tidak Sendirian!

Internet Kamu Lemot Hari Ini? Tenang, Kamu Tidak Sendirian! – Sejak siang tadi, saya merasa bahwa koneksi internet yang saya gunakan mendadak lemot. Awalnya saya menyadari hal ini ketika sedang menonton YouTube. Saya pikir, YouTube sedang down. Ternyata, saat saya mengakses situs lain pun, koneksinya juga terasa lambat.

Tidak seperti kecepatan biasanya, yang bisa mencapai 2MBps. Saya sudah mencoba untuk mengaktifkan dan mematikan airplane mode untuk mereset koneksi. Akan tetapi, saya tidak merasakan perubahan yang berarti. Kebetulan provider internet yang saya gunakan adalah Tri. Dan saya sangat yakin gejala lemot ini bukan karena pemakaian internet yang sudah melewati FUP. Karena saya sudah tidak menggunakan paket unlimited.

Hal ini membuat saya curiga, apakah operator Tri gangguan hari ini? Beberapa jam setelahnya, saya baru tau bahwa operator lain pun juga mengalami masalah koneksi yang serupa. Sehingga membuat saya penasaran untuk mencaritau lebih lanjut.

Usut punya usut, gangguan koneksi internet ini terjadi karena kabel fiber optic dari Singapura ke Jakarta terputus. Hal ini membuat koneksi internet menuju ke berbagai situs yang menggunakan server di luar negeri menjadi terganggu.

Menurut kabar terakhir yang saya dapatkan dari berbagai sumber, belum diketahui penyebab terputusnya kabel fiber optic tersebut. Namun saat ini, kabarnya berbagai penyelenggara jasa internet Indonesia sudah melakukan pemindahan ke rute kabel lain. Walau demikian, koneksi internet masih belum pulih sepenuhnya.

Belum ada kepastian soal kapan kira-kira masalah ini bisa dibenahi. Yang pasti sih, mereka harus menemukan dimana letak putusnya kabel sepanjang sekitar 1070km tersebut. Yang jelas, kami segenap warga Indonesia yang terdampak berharap masalahnya bisa diatasi secepatnya.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P