Home News Paket Baru Smartfren Super 4G Unlimited: Review & Cara Belinya

Paket Baru Smartfren Super 4G Unlimited: Review & Cara Belinya

0

Paket Baru Smartfren 4G Unlimited: Review & Cara Belinya – Beberapa waktu lalu Smartfren kembali meluncurkan paket internet baru untuk memberikan pilihan yang lebih banyak sekaligus untuk memanjakan para pelanggannya. Pilihan paket tersebut tidak lain adalah Super 4G Unlimited.

Kalau melihat dari nama paketnya, tentu kita sudah bisa menebak bahwa yang ditawarkan oleh Smartfren adalah akses internet “tanpa batas”, walaupun tetap saja, ada keterbatasan-keterbatasan tertentu yang menjadi “aturan main” bagi pengguna yang ingin menikmati paket ini.

Salah satu hal yang paling menarik dari paket baru ini adalah, tentu saja, harganya, yang menurut mimin tergolong sangat murah.

Walhasil mimin pun tertarik untuk coba memakai paket ini dengan harapan bisa lebih berhemat karena memang selama ini, mimin seringkali mengalami yang namanya kehabisan kuota sebelum masa aktif berakhir, saat menggunakan paket Smartfren Connex EVO gara-gara sistem operasi Windows di laptop mimin yang seringkali melakukan update yang menguras kuota tanpa ada pemberitahuan. Maap ya, curcol dikit 😛

Dan di posting ini mimin akan berbagi pengalaman selama menggunakan paket internet baru dari Smartfren di awal Juni 2018 ini. Tapi sebelumnya, mimin bakal memberitahukan cara untuk membeli paketnya terlebih dahulu.

Pengalaman pakai paket internet smartfren super 4g unlimitedCara Beli Paket

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, pastikan hape kamu sudah mendukung konektivitas 4G LTE, khususnya yang mendukung jaringan smartfren (sejauh yang mimin tau, hanya sedikit tipe hape yang tidak mendukung jaringan 4G smartfren), dan pastikan di hape tersebut sudah terinstall aplikasi MySmartfren (silakan download di Google Playstore).

2. Pastikan juga bahwa kartu smartfren mu TIDAK SEDANG BERLANGGANAN PAKET CONNEX EVO, dan sudah ada pulsa didalamnya.

3. Buka aplikasi MySmartfren, lalu klik menu “Beli Paket” yang terdapat di deretan icon bagian atas, Pilih “Super 4G Unlimited”.

4. Kemudian kamu akan bisa memilih paket mana yang kamu mau. Ada yang bulanan 100 ribu, 60 ribu (yang ini paket promo) dan 50 ribu, ada pula yang mingguan 49 ribu, serta harian 9 ribu.

BTW, konon katanya paket ini tidak bisa digunakan untuk perangkat MiFi smartfren.

Benefit / Keuntungan

Masing-masing paket memiliki benefit yang berbeda-beda untuk urusan akses data internet, namun kamu juga bakal mendapat satu benefit yang sama untuk semua paket yakni bebas melakukan panggilan telepon ke sesama Smartfren, sepuasnya.

  • Bulanan 100 ribu, FUP 1.5GB per hari
  • Bulanan 60 ribu (promo), FUP 1GB per hari
  • Bulanan 50 ribu, tanpa FUP, namun kecepatan dibatasi 512 KBps
  • Mingguan 49 ribu, FUP 1GB per hari
  • Harian 9 ribu, FUP 1GB per hari

(UPDATE 9 Juni 2018) Setelah melewati FUP, kecepatan akan diturunkan menjadi 128KBps. Buat yang belum tau atau belum paham mengenai FUP, silakan baca halaman dibawah ini:

BACA JUGA : Apa Itu FUP? Ini Penjelasan Singkatnya

Pengalaman Selama Menggunakannya

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Smartfren di situs resminya, dikatakan bahwa selama kita masih dalam batas FUP, maka kita akan dapat menikmati kecepatan maksimal.

Namun apa yang mimin rasakan nampaknya tidak benar-benar demikian. Sebagai pelanggan Smartfren yang biasa menggunakan paket Connex EVO, paket Super 4G Unlimited ini terasa agak lebih lambat kalau dibandingkan dengan Connex EVO. Ya walaupun sebenarnya masih sangat layak pakai dan cepat, namun terkadang ia tak bisa secepat dan se-responsif paket internet Connex EVO.

Sebagai gambaran singkat, kalau misal mimin membuka aplikasi Instagram atau web tertentu, terkadang kita harus menunggu beberapa detik sebelum konten mulai dimunculkan. Sementara kalau pakai Connex EVO, hal seperti itu sangat jarang terjadi.

Gejalanya akan lebih terasa kalau kita memutar video di internet. Namun gejala seperti itu nggak setiap saat terjadi ya.

Yang menarik, ketika kita sudah mencapai batas FUP harian, ternyata ia masih mampu untuk digunakan untuk menonton video di YouTube. Walaupun yaa jelas, bakal ada tambahan waktu untuk menunggu respon untuk mulai memutar video, meski bisa dibilang tidaklah separah yang mimin bayangkan.

Nah, turunnya kecepatan saat batas FUP sudah terlampaui akan sangat nyata terasa ketika kita melakukan download atau upload file. Namun diluar itu, menurut mimin kecepatan ini tetap cukup layak untuk bisa diandalkan.

UPDATE!

Setelah pemakaian yang lebih lama, mimin mulai merasakan gejala lain, yaitu paket internet ini terasa tidak lebih stabil koneksinya jika dibandingkan dengan paket Connex EVO.

Kalau misal kita gunakan untuk bermain game (di pc) yang harus terkoneksi di internet tanpa putus, peluang untuk mengalami dc alias “disconnected from server”, akan lebih sering terjadi. Lebih sering disini dalam artian begini:

Kalau misal biasanya kita hanya mendapatkan satu kali “disconnected” dalam sehari (saat menggunakan Connex EVO), maka dengan menggunakan paket ini, kita bisa mendapatkan dua atau tiga kali “disconnected” dalam sehari.

BACA JUGA : Kartu Smartfren di Hapemu Tak Bisa Terkoneksi Internet? Ini Solusinya!

BTW, paket yang mimin gunakan dalam pengujian tersebut adalah paket bulanan 60 ribu. Dan mimin belum tau apakah kecepatan FUP serta kestabilan jaringan di paket yang lebih mahal akan lebih baik, atau tidak.

Yang pasti, pilihan paket baru ini layak untuk dicoba bagi kamu yang sering melakukan browsing sampai lupa kuota, dan merupakan sebuah solusi bagi kamu yang sering kehabisan kuota akibat laptop windows yang sering melakukan update besar tanpa permisi.

Namun untuk soal bermain game online.. Mimin masih belum bisa memastikan apakah gangguan seperti yang mimin sebutkan tadi hanya terjadi sementara waktu saja (karena ada gangguan atau semacamnya), atau memang benar demikian adanya. Mimin masih harus memastikan lagi dan mengumpulkan lebih banyak masukan dari pengguna Smartfren lainnya, sebelum bisa menyimpulkan.

Sekian dari mimin, dan semoga bisa bermanfaat 🙂 Silakan jelajahi blog techijau.com untuk menemukan konten menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here