Home News (Rumor) Evolusi Dua Calon Smartphone Flagship: LG G6 & Samsung Galaxy S8

(Rumor) Evolusi Dua Calon Smartphone Flagship: LG G6 & Samsung Galaxy S8

361
0
SHARE

(Rumor) Evolusi Dua Calon Smartphone Flagship: LG G6 & Samsung Galaxy S8 – Menjelang berakhirnya tahun 2016, ada banyak sekali rumor dan bocoran yang beredar soal smartphone baru yang kemungkinan bakal hadir pada tahun 2017 mendatang, khususnya untuk smartphone kelas flagship.

Yang paling banyak disorot tentu saja Samsung, yang sampai saat ini masih menjadi yang paling populer diantara kalangan pengguna smartphone Android, disusul dengan LG yang menjadi salah satu rival senegaranya yang tak bisa diremehkan. Banyak sekali bahasan yang memberikan prediksi dan bocoran dari Galaxy S8, karena memang perangkat tersebut bakal mempunyai beban berat untuk mengembalikan minat konsumen karena reputasinya tercoreng akibat kegagalan dari Galaxy Note7.

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa Samsung bakal menghilangkan tombol home pada Galaxy S8 yang menjadi ciri khas dari produk Samsung, yang juga sekaligus menjadi tempat disematkannya sensor pemindai sidik jari alias fingerprint scanner.

BACA JUGA : Apa Fungsi Fingerprint Scanner Pada Smartphone?

Sebagai gantinya, perangkat tersebut diperkirakan bakal menggunakan teknologi ultrasonic biometric dari Qualcomm yang memungkinkan untuk menyematkan sensor sidik jari dibawah layar. Sehingga, pengguna hanya perlu menyentuh bagian tertentu pada layar untuk melakukan scan sidik jari.

Kabar terbaru juga menyebutkan bahwa perangkat ini bakal memiliki display (nyaris) tanpa bezel, dengan rasio layar berbanding body hingga 90 persen. Tentu, ini akan sangat mungkin terjadi jika memang Samsung membuang tombol home pada panel depan. Namun, jika memang benar demikian, Samsung bukanlah menjadi yang pertama karena sebelumnya Xiaomi sudah membuat perangkat yang (nyaris) tanpa bezel itu dan sudah dijual terbatas untuk pasar China.

Lebih lanjut, mimin mendapat kabar bahwa perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan itu sudah mengkonfirmasi bahwa Galaxy S8 juga akan membuang port audio 3.5mm jack, seperti yang sudah dilakukan oleh Apple dan HTC pada perangkatnya. Jika memang benar demikian, tentu kita bakal melihat sebuah desain smartphone yang benar-benar berbeda dari Samsung.

lgSementara yang lain memilih untuk membuang port audio 3.5mm jack, LG dikabarkan bakal tetap mempertahankannya pada calon flagship mereka, yakni LG G6. Namun, perangkat ini juga tak luput dari perombakan yang cukup signifikan dari sisi hardware yang secara otomatis juga akan mengubah desain fisiknya.

Sebelumnya, LG dikenal karena selalu mempertahankan konfigurasi baterai yang bisa dilepas-pasang (removable) pada smartphone kelas flagship nya. Namun tahun depan, mungkin semua itu akan berakhir karena kabarnya, mereka akhirnya akan membuat LG G6 dengan konfigurasi baterai yang tak bisa dilepas (non removable).

Dari segi desain, konon perangkat ini bakal menggunakan material logam dengan tingkat refleksi tinggi (seperti kaca) pada bagian belakangnnya. Lalu, ia juga tak lagi ditemani oleh “modular friends”, sebuah kumpulan aksesori eksklusif yang dirancang untuk LG G5 dengan beberapa fungsi yang berbeda-beda.

Hal ini mungkin karena minimnya minat konsumen terhadap aksesori tersebut. Sayangnya, belum ada bocoran gambar fisik ataupun detail lain yang menyangkut kedua calon smartphone termutakhir ini. Namun tentu akan sangat menarik untuk dinantikan. Dan perlu mimin ingatkan bahwa kabar ini belum tentu terjamin kebenarannya, karena masih ada banyak kemungkinan perubahan yang terjadi menjelang peluncurannya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here