Beranda News Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024: Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan & Hindari

Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024: Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan & Hindari

0

Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024: Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan & Hindari – Siapa sih yang tidak ingin mendapat akses pendidikan mumpuni di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diimpikan? Salah satu cara agar bisa mendapatkannya adalah dengan mengikuti seleksi UTBK SNBT 2024. Dan bagi adik-adik yang tahun ini sedang duduk di kelas 12 SMA, MA, atau SMK, sebaiknya sudah mulai bersiap sedari sekarang.

Tujuannya agar kita dapat mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar, sehingga tidak keteteran ketika sudah harus mendaftar. Tapi bukan hanya mempersiapkan persyaratan administratif, melainkan juga mesti mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi itu sendiri. Mengingat, sudah pasti, persaingannya tidak akan mudah!

Agar persiapan berada di jalur yang tepat, ada baiknya kita mengetahui tentang materi apa saja yang akan diujikan pada UTBK SNBT 2024. Diantaranya adalah:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik atau TPS akan menguji kemampuan berfikir, memahami, dan bernalar, bagi para calon mahasiswa baru. Kemampuan ini sangat diperlukan bagi seseorang agar dapat berhasil dalam pendidikan formal, serta dapat menjadi modal dalam pemecahan masalah dalam keseharian.

2. Literasi Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

Dalam UTBK SNBT nanti, tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan berfokus pada literasi membaca. Ujian ini akan mengukur tingkat pemahaman dari calon mahasiswa terhadap kata-kata yang akan disajikan dalam bacaan.

3. Penalaran Matematika

Ujian ini dibuat untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam hal penalaran secara matematis, sehingga dapat menggambarkan bagaimana kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan. Pada UTBK tahun 2023 lalu, konten pengukuran penalaran matematika yang digunakan adalah melibatkan empat domain ukur. Yaitu bilangan pengukuran dan geometri, ketidakpastian dan data, serta aljabar.

Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024

Bimbel persiapan UTBK SNBT 2024Hal pertama yang ingin saya sarankan dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SNBT 2024 adalah mengurangi konsumsi social media, khususnya yang berkaitan dengan konten video pendek.

1. Kurangi Konsumsi Social Media

Disadari atau tidak, konten berupa video pendek yang saat ini sedang populer kerap kali membuat fokus kita terus tertuju pada layar smartphone. Ini disebabkan karena konten video pendek membuat kita merasa tidak menghabiskan banyak waktu.

Padahal jika diakumulasikan, waktu yang tersita justru lebih banyak karena tak terasa sudah menonton banyak video. Banyaknya konten-konten video pendek yang beredar juga bakal membuat kita seolah terhipnotis, hingga tidak ingin ketinggalan tontonan terbaru. Efeknya, kita akan terus dibuat penasaran untuk melihat konten-konten berikutnya.

Ah, kan cuma bentar doang, liat video lain lagi boleh kali~

Selain itu, beberapa riset telah membuktikan bahwa konsumsi social media yang berlebihan dapat beresiko menimbulkan gangguan konsentrasi. Sehingga, membatasi waktu bermain socmed bisa menjadi langkah pertama untuk menghadapi UTBK SNBT 2024.

2. Isi Waktu Dengan Membaca & Menulis

Membaca buku bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi waktu luang. Yang tentu saja, manfaatnya jauh lebih besar daripada menonton konten kurang berfaedah. Bisa buku apa saja, sesuaikan dengan minat.

Selain mendapatkan informasi, membaca bisa melatih kita dalam berkonsentrasi. Melatih tentang memahami kata-kata yang tertulis, serta melatih kemampuan kita dalam bernalar. Khususnya ketika berusaha memahami plot atau permasalahan yang dituliskan di dalamnya.

Atau, kita juga bisa menuliskan cerita dalam bentuk tulisan di blog, misalnya. Ada platform blog gratisan seperti blogspot (blogger.com) atau wordpress (wordpress.com) yang bisa kita manfaatkan untuk menuliskan apa saja yang kita sukai. Bisa cerita tentang keseharian, hobi, atau pengalaman-pengalaman hidup yang pernah dialami.

Tinggal akses saja platform bloggging yang kamu pilih melalui browser di laptop atau PC milikmu, maka kamu sudah bisa menulis dan mempublikasikannya. Mirip seperti membuat status di socmed, hanya saja kita dapat menuliskan cerita secara lebih rinci dengan lebih banyak kata.

Blog techijau.com ini adalah contoh bagaimana saya membagikan tulisan tentang apa yang saya sukai, khusunya tentang serba-serbi dunia teknologi.

Menuliskan cerita bisa melatih kemampuan kita dalam menyampaikan sesuatu. Dan kedua aktivitas (membaca dan menulis) ini sekaligus bisa menjadi latihan yang bagus, khususnya dalam rangka persiapan menghadapi tes literasi bahasa yang dijadikan materi pengujian di UTBK SNBT 2024.

3. Perhatikan Hal-hal Mendasar

Walau sering dianggap remeh, hal-hal mendasar bisa menjadi faktor penentu keberhasilan, termasuk dalam menghadapi UTBK SNBT 2024.

Misalnya dalam hal mempersiapkan mental dan kesehatan fisik yang prima, agar jalannya ujian nanti bisa berjalan dengan lancar. Langkah-langkah sederhana seperti istirahat yang cukup, olahraga, atau senam singkat di pagi hari, bisa meningkatkan konsentrasi dan kelancaran dalam berfikir.

4. Belajar

Kenapa belajar saya sertakan di bagian akhir? Karena tanpa ketiga persiapan sebelumnya, kegiatan belajar akan menjadi kurang optimal dan kurang efektif.

Saya sangat menyarankan untuk lebih mendalami soal pemahaman daripada hafalan. Karena ketika kita sudah paham, maka hafalan akan mengikuti. Terkadang kita akan membutuhkan tutor untuk membimbing agar dapat lebih memahami permasalahan yang diujikan. Maka, tidak ada salahnya jika kita memilih untuk mengikuti program bimbingan belajar (bimbel) di luar sekolah.

Bimbel Persiapan UTBK SNBT 2024

Dalam urusan ini, bimbel persiapan UTBK SNBT 2024 yang saya rasa pantas untuk dijadikan pilihan adalah Brain Academy. Alasannya? Salah satunya adalah karena bimbel yang satu ini memberikan kombinasi layanan belajar online dan juga offline bagi para siswa. Dengan kata lain, kita bisa mendapatkan fasilitas bimbingan secara tatap muka, dan sekaligus juga secara virtual (online), jika memilih untuk berlangganan di Brain Academy Center.

Dengan biaya mulai dari Rp 443.000 per bulan, kita bisa mendapatkan fasilitas berupa:

  • Live teaching Brain Academy Online
  • Kelas tatap muka 6-10x seminggu untuk kelas 12 + UTBK
  • Modul digital & cetak
  • Konseling privat via chat & video call
  • Kelas pengembangan diri secara online

Atau, kita juga dapat memilih untuk berlangganan Brain Academy Online saja dengan biaya mulai dari Rp 163.000 per bulan jika merasa ingin mendapatkan layanan secara online saja.

Fasilitas lain berupa tryout basic & premium juga bisa didapat sebanyak 13 hingga 25 kali dalam setahun, jika mengikuti Brain Academy Center. Yang mana pelaksanaan tryout ini sangat berguna sebagai simulasi tes, agar siswa-siswi bisa lebih siap dalam menghadapi UTBK SNBT yang sesungguhnya.

Tentu hasil dari tryout tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi, agar siswa-siswi bisa terus meningkatkan kemampuannya dalam memahami dan menyelesaikan ujian.

Khusus untuk kelas tatap muka, Brain Academy telah hadir di berbagai kota di Indonesia, dengan total 235 cabang. Mulai dari area Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimanan, Sulawesi, hingga Maluku dan Papua.

Alasan kuat lain yang membuat Brain Academy cocok untuk menjadi pilihan bimbel persiapan UTBK SNBT 2024 adalah karena setiap siswa akan melewati proses diagnostic test terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan siswa, sehingga materi dan juga strategi pembelajaran yang diberikan di Brain Academy Center bisa disesuaikan berdasarkan hasil diagnostic test tersebut. Efektifitas dalam belajar pun jadi bisa dioptimalkan. Silakan buka website brainacademy.id untuk informasi lebih lanjut.

Jadwal & Waktu Pelaksanaan UTBK SNBT 2024

Yang terakhir, sebagai bagian dari persiapan, kita juga harus tau kapan waktu pelaksanaan UTBK SNBT 2024. Mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman hasilnya. Agar berbagai persiapan lain bisa menyesuaikan dengan jadwal dan waktu pelaksanaan UTBK SNBT 2024. Berikut adalah detailnya:

  • Pembuatan akun SNPMB: 9 Januari – 15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret – 5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 30 April dan 2 – 7 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni – 31 Juli 2024

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita persiapkan dalam rangka menghadapi UTBK SNBT 2024. Semoga dengan persiapan yang matang, kamu bisa meraih kesempatan untuk mendapat akses pendidikan di PTN yang kamu impikan ya!

Artikel sebelumnyaPengalaman Menggunakan ASUS Vivobook Pro 15 OLED K6502ZC: Apa Yang Saya Suka & Tidak Suka
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini