Tentang Touch Latency Rate di Smartphone: Penting Buat Gaming!

Tentang Touch Latency Rate di Smartphone: Penting Buat Gaming! – Sejak kehadiran smartphone gaming ASUS ROG Phone 2 di Indonesia, kita jadi mulai sering mendengar istilah “touch latency”. Istilah ini sering disebut sebagai fitur pada saat sesi presentasi produk, dalam acara launching. Biasanya, produk smartphone yang mengedepankan fitur untuk gaming adalah yang paling sering menyinggung soal ini. Nah sekarang, yang jadi pertanyaan adalah, memangnya apa sih touch latency rate itu? Aku kasih penjelasan sederhananya aja ya!

Touch latency adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah smartphone, untuk dapat merespon sentuhan jari pada layar. Jadi kalau di smartphone itu kan pakai layar sentuh sebagai interface utamanya. Kita mau melakukan apa aja, itu pasti melalui layar sentuh alias touchscreen tersebut. Entah itu buat ngebuka aplikasi, scroll layar socmed, ngetik untuk chatting, hingga main game, semuanya dilakukan dengan menyentuh layar.

Apa itu touch latency rateKetika jari kita menyentuh layar, akan butuh jeda waktu sepersekian detik sebelum hape dapat merespon sentuhan tersebut. Nah, jeda waktu itulah yang disebut sebagai touch latency. Misal nih ya, kita kasih contoh yang gampang aja. Kalau ada hape yang punya touch latency 5 detik, maka jadinya adalah seperti ini:

Kita nyentuh layarnya sekarang. Terus, 5 detik kemudian, baru deh hape mulai “sadar” dan merespon sentuhan tersebut. Setelah sadar, baru deh dia mulai loading.

Begitu kira-kira. Akan tetapi, biasanya touch latency di hape tuh kurang dari satu detik. Bahkan satuan yang dipakainya adalah “ms” alias “milisecond”, atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah “milidetik”. 1ms sama dengan 0.001 detik. Atau 1 detik, itu sama dengan 1000ms. Oke, lanjut lagi ya..

Touch latency ini biasanya bakal berasa banget peranannya ketika kita main game. Dan ini bisa jadi faktor penentu kemenangan loh! Misal kalau kamu lagi main PUBG atau FF, terus ketemu musuh, terus kamu dan musuh kamu menekan tombol tembak secara bersamaan, dan koneksi internet sama-sama cepat, maka yang bakal menang adalah yang hapenya punya touch latency lebih rendah. Karena touch latency yang lebih rendah, bakal bikin hape lebih cepat merespon sentuhan kita. Masih belum kebayang? Oke, mending langsung kamu cek video dibawah ini ya!

KALO UDAH NONTON, WAJIB PENCET TOMBOL SUBREK INI LOH YA!

Dari sini udah tau kan kalau touch latency itu penting banget buat gaming? Entah itu gaming yang intense, ataupun gaming santai, touch latency bakal ngaruh banget sama yang namanya akurasi dan juga kenyamanan saat bermain. Jangankan PUBG, main Shopee Lempar aja kalo touch latency kurang bagus, ngelemparnya bakal jadi nggak akurat. Jadi jangan dikira cuma kapasitas RAM besar aja yang penting buat gaming. Karena, itu hanya satu dari sekian banyak faktor lain yang menentukan pengalaman bermain game.

Udah ya, segini aja. Semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P