Apa Itu Widget Pada Android?

Apa Itu Widget Pada Android?

643
0
SHARE
Tips dasar Android
Apa Itu Widget Pada Android? – Semakin lama semakin banyak saja konsumen yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. Dan yang namanya pengguna baru atau biasa kita sebut dengan istilah “newbie”, pastilah masih banyak hal yang belum diketahui tentang Android, dimana seperti yang kita tau ada banyak sekali istilah – istilah yang berhubungan dengan Android sehingga banyak orang awam yang dibuat kebingungan karenanya.
Salah satu istilah pada Android yang biasa kita dengar adalah widget. Kalau orang bilang “tak kenal maka tak sayang”, maka bagi pemirsa pembaca Dunia Gadget 558 terutama yang masih baru menggunakan Android saya akan mencoba sedikit menjelaskan tentang apa itu widget agar pemirsa kenal dengan istilah ini. Meskipun tentunya tidak ada hubungannya dengan sayang – sayangan :P. Namun perlu saya ingatkan bahwa mungkin informasi yang saya berikan ini akan berbeda dengan “arti sesungguhnya” dari istilah yang akan saya bahas, karena saya akan menggunakan “bahasa orang awam” agar lebih mudah dimengerti.
Widget adalah sebuah “perwakilan” dari aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan fitur dari aplikasi yang diwakilkan tersebut secara langsung tanpa harus membuka aplikasi “sesungguhnya”. Biasanya widget terletak pada home screen atau tampilan awal layar perangkat Android anda. Atau bisa dibilang widget merupakan aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung pada home screen. Masih bingung yang mana yang disebut widget? Perhatikan gambar dibawah ini, area dalam kotak berwarna hijau adalah contoh widget, yakni widget google search dan widget jam digital.
Widget pada Android
Cara menambah widget pada Android pun sangat mudah, anda tinggal menyentuh dan tahan area kosong pada layar (di dalam area bergaris merah pada gambar diatas) hingga perangkat bergetar dan memunculkan menu seperti pada gambar di bawah ini (sebelah kiri)
Menambahkan widget pada Android
Pada gambar sebelah kiri, pilihlah option widgets lalu akan muncul gambar seperti yang terdapat di sebelah kanan (gambar di atas). Lalu pilihlah widget yang ingin anda tampilkan. Maka akan muncul widget seperti pada contoh gambar dibawah ini (gambar sebelah kiri, widget tweetcaster).
Memindahkan widget Android
Jika anda ingin memindahkan widget pada Android, caranya juga hampir sama yakni dengan menyentuh widget yang ingin dipindahkan, tahan hingga perangkat bergetar, lalu pindahkan sesuai keinginan anda seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas (sebelah kanan).
Cara menghapus widget pada Android pun sangat simpel. Mirip dengan cara diatas, namun anda tinggal menggesernya ke bagian bawah layar, dimana terdapat ikon tong sampah disana seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Cara menghapus widget Android
Nah sekarang pasti pemirsa sudah mengenal apa itu widget pada Android bukan? Widget berguna untuk mempermudah pengguna saat ingin menggunakan fitur tertentu pada suatu aplikasi, namun tidak semua aplikasi menyediakan widget seperti contoh diatas. Dan perlu saya ingatkan bahwa memasang terlalu banyak widget akan berefek buruk pada perangkat Android anda.
Efek atau dampak buruk jika terlalu banyak memasang widget adalah perangkat anda akan terasa sedikit lebih berat, bahkan bisa menyebabkan Android menjadi lemot terutama jika perangkat yang anda gunakan memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni. Sehingga anda juga harus membatasi jumlahnya. Simak juga beberapa tips untuk merawat perangkat Android anda pada posting Tips merawat Android. Nah mungkin itu saja yang bisa saya tulis pada posting kali ini, semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY