Gorilla Glass 5 Diperkenalkan, Seberapa Kuat Sih?

Gorilla Glass 5 Diperkenalkan, Seberapa Kuat Sih?

1668
0
SHARE

Gorilla Glass 5 Diperkenalkan, Seberapa Kuat Sih? – Pada 20 July 2016 kemarin, Corning secara resmi memperkenalkan Gorilla Glass 5, yang merupakan generasi terbaru dari pelindung layar yang biasa digunakan pada sebagian besar smartphone yang beredar saat ini.

Kekuatan Corning Gorilla Glass 5Versi terbaru dari Gorilla Glass ini diklaim memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya (Gorilla Glass 4). Berdasarkan test lab yang dilakukan oleh Corning, teknologi kaca pelindung ini diklaim bakal mampu bertahan ketika jatuh dari ketinggian 1.6 meter dalam keadaan kaca atau layar menghadap kebawah. Ketinggian tersebut (menurut mereka) adalah sama dengan ketinggian rata-rata smartphone ketika digunakan untuk berfoto selfie.

Hemm, mungkin mereka belum pernah liat orang Indonesia pas lagi selfie kali yaa. Kan orang sini kalo selfie tuh hapenya bisa diangkat sampe tinggi banget, gak peduli keteknya udah dicukur apa belum. Ehehehe

Seperti yang kita tau, sekarang ini memang sebagian besar pengguna smartphone sangat gemar berfoto selfie (nggak termasuk mimin, yaa), sehingga resiko smartphone untuk terjatuh pada ketinggian yang lumayan (ketika akan berfoto selfie) akan semakin besar pula. Dan hal itulah yang nampaknya menjadi perhatian utama dari Corning. Nah kalau kamu penasaran seberapa kuat sih Gorilla Glass 5 ini? Berikut akan mimin sematkan video demo resmi dari Corning untuk menunjukkan kekuatannya.

Seperti yang bisa kita lihat pada video diatas, nampak layar pada perangkat yang menggunakan Gorilla Glass 5 masih utuh ketika melalui tes jatuh. Tapiiiiii…. Ada tapinya nih! Bukan berarti hape yang pakai pelindung ini bakal nggak bisa pecah loh yaa, sama sekali nggak. Mereka menyebut bahwa kaca ini lebih kuat, bukan tidak bisa pecah.

BACA JUGA : Perlukah Menggunakan Anti Gores Pada Layar Gorilla Glass?

Dan sebenarnya, mereka juga menyebutkan bahwa kemungkinan ia dapat bertahan dari terjatuh pada ketinggian itu (1.6 meter) adalah sekitar 80%, sehingga masih ada 20% kemungkinan bahwa ia akan pecah jika dijatuhkan pada ketinggian yang sama. Itu yang pertama.

Jadi, video yang diatas itu bohong donk? Yaa nggak gitu juga. Kalau kamu perhatikan, video itu menunjukkan bahwa perangkat jatuh dan membentur permukaan dibawahnya dalam keadaan mendatar di permukaan yang mendatar pula. Nah kalau jatuhnya pas mengenai bagian sudut-sudut layar, yaa nggak jamin deh. Terus lagi, kalau misalnya layar itu pas mengenai batu (atau permukaan yang tidak rata) maka kemungkinannya untuk pecah pun akan semakin besar.

Tapi bukan berarti kaca ini nggak ada gunanya loh, mimin sama sekali nggak menyebut demikian. Mimin hanya ingin mengedukasi pembaca karena banyak sekali yang salah kaprah dan menganggap bahwa hape yang pakai Gorilla Glass (atau pelindung layar lain) itu tidak bisa pecah. Gorilla Glass berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan pada layar saat terkena benturan atau goresan. Sekali lagi, meminimalisir!

Dan pada generasi terbarunya ini, Gorilla Glass dirancang lebih kuat lagi untuk dapat melindungi layar dengan lebih baik lagi. Corning telah resmi melepas Gorilla Glass 5 ke pasaran, namun mungkin kita baru akan mendapati perangkat pertama yang menggunakannya pada akhir taun ini atau awal tahun depan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY