(Rumor) HTC “Sailfish” & Huawei “Marlin” Akan Menjadi Penerus Nexus 5X &...

(Rumor) HTC “Sailfish” & Huawei “Marlin” Akan Menjadi Penerus Nexus 5X & 6P?

510
0
SHARE

(Rumor) HTC “Sailfish” & Huawei “Marlin” Akan Menjadi Penerus Nexus 5X & 6P? – Sebelumnya, kita mungkin sudah mendengar rumor bahwa HTC tengah membuat dua perangkat untuk Google yang disebut-sebut sebagai M1 dan S1, dimana kedua perangkat tersebut dikabarkan akan memiliki ukuran layar 5.0 inch dan 5.5 inch, yang artinya adalah Google akan kembali membuat 2 buah smartphone Nexus seperti yang sudah dilakukan sebelumnya pada Nexus 5X dan 6P.

Namun tak lama setelah rumor tersebut beredar, muncul kabar lain yang menunjukkan hasil benchmark dari Nexus 6P yang diketahui merupakan perangkat buatan Huawei, namun dengan spesifikasi yang sedikit berbeda dari Nexus 6P yang sudah beredar saat ini.

Perangkat tersebut memiliki kode nama “Marlin” dan diketahui menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB serta berjalan dengan OS Android “N” (berbeda dengan Nexus 6P yang sudah beredar dengan Snapdragon 810, RAM 3 GB, OS Android M) yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa perangkat tersebut adalah versi upgrade dari Nexus 6P yang bakal diluncurkan untuk tahun ini.

Dan secara mengejutkan, Huawei kemudian membuat sebuah pernyataan tak terduga pada saat mereka meluncurkan smartphone andalan mereka yakni Huawei P9 di Afrika Selatan. Ketika ditanya soal mengapa Nexus 6P tak dipasarkan di Afrika Selatan, General Manager dari perusahaan asal China tersebut sempat mengungkapkan pernyataan singkat di sela-sela jawaban yang ia berikan yakni:

We’re doing the Nexus again this year, by the way

Dan ya, pernyataan itu semakin memperkuat spekulasi soal Nexus 6P versi upgrade tersebut. Sementara itu, kembali ke kubu HTC, baru-baru ini situs Android Police melaporkan bahwa sebuah perangkat HTC dengan kode nama “Sailfish” akan menjadi penerus dari Nexus 5X.

Kabar tersebut konon diungkapkan oleh seorang sumber yang bisa dipercaya yang tak ingin disebutkan identitasnya. Sumber tersebut bahkan juga mengungkapkan beberapa detail spesifikasinya yakni :

  • Layar 5 inch Full HD
  • CPU Quad-core 2.0 GHz
  • RAM 4 GB
  • Baterai 2770 mAh
  • Kapasitas penyimpanan internal 32 GB
  • Kamera 12 megapixel di belakang / 8 megapixel di depan
  • Sensor sidik jari di bagian belakang
  • Port USB Type-C
  • Speaker di bagian bawah body
  • Bluetooth v4.2
  • Headphone Jack di bagian atas

BACA JUGA : Bagusan Mana, CPU Quad-core, Octa-core atau Hexa-core?

Nah, jika dikaitkan kembali dengan rumor yang sudah disebutkan di awal, maka cukup masuk akal rasanya jika perangkat dari HTC ini disebut sebagai penerus dari Nexus 5X. Hal yang pertama adalah pemberian kode nama perangkat yang sesuai dengan “sejarah” perangkat Nexus yang selalu memberikan kode dengan nama makhluk yang hidup di air yakni “Marlin” (dari Huawei) dan “Sailfish” (dari HTC).

Dan semakin masuk akal jika melihat dari sisi ukuran layar yang dibeberkan untuk perangkat HTC “Sailfish”, yang memang sangat sesuai dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa penerus dari Nexus 5X akan mengusung layar 5.0 inch. Namun demikian, perlu dicatat bahwa kabar ini baru sebatas rumor belaka, dan masih sangat besar kemungkinan untuk adanya perubahan rencana sebelum Google benar-benar memperkenalkan perangkat Nexus nya yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 2 bulan lagi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY