Beranda Pengetahuan Dasar Istilah Bagusan Mana? Prosesor Dual, Quad, Atau Octa-core?

Bagusan Mana? Prosesor Dual, Quad, Atau Octa-core?

430

Bagusan Mana? Prosesor Dual, Quad, Atau Octa-core? – Seiring dengan melonjaknya popularitas mobile gaming, semakin banyak pula calon konsumen yang sangat mempertimbangkan soal performa jika akan memilih sebuah smartphone baru. Karena jelas! Untuk urusan gaming, memang sangat dibutuhkan perangkat dengan performa tinggi agar game bisa dimainkan dengan lancar.

Kalau untuk urusan laptop sih, masih lebih gampang. Tinggal pilih saja seri laptop gaming, yang sudah pasti punya performa tinggi. Sedangkan kalau untuk smartphone? Hingga saat ini, masih belum ada pembeda yang jelas antara mana smartphone yang dioptimalkan untuk urusan gaming, dan mana smartphone yang ditujukan untuk kebutuhan lainnya.

Yang paling kontras mungkin cuma ada di kelas flagship saja. Dimana ada ROG Phone series yang jelas dioptimalkan untuk kebutuhan gaming mobile. Selain yang satu itu, rasanya penamaan “gaming” pada smartphone lain yang beredar hanyalah untuk kepentingan marketing saja.

Prosesor Adalah Penentu Performa

Kebanyakan konsumen hanya akan terpaku pada kapasitas RAM. Mereka meyakini bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka performanya pasti akan lebih baik. Padahal, yang lebih penting lagi itu adalah prosesor (CPU dan GPU). Sedangkan, RAM hanyalah sebagai penunjang saja. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang keuntungan RAM besar pada smartphone dan laptop.

Jadi, jika ingin memilih smartphone yang punya performa mumpuni untuk gaming, pastikan untuk selalu memperhatikan prosesor apa yang mereka gunakan. Nah, untuk soal prosesor sendiri masih ada banyak hal juga yang perlu diketahui. Agar nantinya kita bisa memilih prosesor smartphone yang sesuai dengan yang kita harapkan. Di bawah ini adalah beberapa istilah yang perlu kamu ketahui tentang prosesor. Sebelum kemudian, barulah kita akan lanjut pada bahasan tentang memilih prosesor yang terbaik.

Istilah tersebut antara lain adalah:

  • CPU : (Central Processing Unit) Merupakan prosesor utama yang fungsinya adalah untuk mengolah data, serta melakukan proses dari perintah yang kita berikan. Ibarat kata, CPU ini adalah otaknya perangkat smartphone dan laptop. Cepat tidaknya respon dari perangkat kita, akan tergantung dari kekuatan CPU yang digunakan.
  • GPU : (Graphics Processing Unit) Merupakan prosesor khusus yang dioptimalkan untuk membantu pemrosesan dan pengolahan gambar alias grafis. Buat kita yang suka main game, peran GPU ini sangatlah penting untuk membantu kerja CPU. Terlebih jika game yang dimainkan itu punya grafik HD atau 3D. Semakin kuat GPU, maka ia akan mampu memproduksi grafik yang lebih detail, dalam waktu yang lebih cepat. Sehingga, frame rate dari game yang dimainkan pun juga akan semakin tinggi. Benefitnya, pergerakan animasi video dalam game pun bisa semakin lancar, dan kita pun bisa terhindar dari yang namanya ngelag.
  • SoC : (System on Chip) Atau disebut juga sebagai chipset, merupakan chip yang terintegrasi. Dimana didalamnya terdapat “satu paket” CPU, GPU, chip modem dan juga berbagai prosesor lainnya. Umumnya, smartphone menggunakan SoC karena ukurannya yang kecil.
  • Core : Artinya adalah inti, yang merujuk pada “inti prosesor”. Biasanya, kita akan menggunakan istilah “sekian-core” untuk menyebutkan jumlah inti (core) dari sebuah prosesor. Baik itu CPU maupun GPU. Tapi pada smartphone, umumnya yang disebutkan hanyalah jumlah core dari CPU-nya saja.
  • Jumlah Core : Untuk menyebut jumlah core, biasanya digunakan istilah berikut : Single core adalah 1 inti. Dual core adalah 2 inti. Quad core adalah 4 inti. Hexa core adalah 6 inti. Octa core adalah 8 inti. Deca core adalah 10 inti. Dan begitu seterusnya. Pada smartphone di era sekarang, jumlah inti prosesor tersebut terkadang bisa mengecoh kita sebagai konsumen. Penjelasan lebih lanjut akan kita bahas di bawah yaa.
  • ARM & Cortex : Sejauh yang saya ketahui, ARM ini adalah perusahaan yang biasa mendesain sebuah prosesor. Dan desain prosesor yang dibuat oleh ARM inilah yang biasanya digunakan oleh para pembuat SoC, dalam membangun prosesor untuk smartphone dan tablet. Biasanya, prosesor yang menggunakan desain dari ARM akan memiliki nama “Cortex” dibelakangnya. Misal : Quad core sekian GHz, ARM Cortex-A**.
  • x86 : Adalah desain prosesor rancangan Intel yang bisa sangat kencang (tapi boros), namun bisa juga menjadi hemat daya jika clockspeed-nya diturunkan.
  • x64 : Adalah desain prosesor rancangan AMD yang saat ini masih menjadi pesaing utama dari Intel. Khususnya di pasar laptop dan juga PC.

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan utama. Setelah kita mengetahui bahwa “core” itu adalah inti dari prosesor, mungkin kita akan mulai berpikir bahwa jumlah core yang lebih banyak otomatis performanya bakal lebih bagus. Pendapat ini memang 100% benar. Tapi kalau kita bicara soal prosesor pada smartphone, pendapat ini bisa berubah menjadi kurang tepat. Mengapa demikian?

Kita sudah tau kan, bahwa prosesor yang digunakan oleh perangkat smartphone itu umumnya menggunakan desain prosesor (SoC) rancangan ARM? Dan SoC rancangan ARM ini ternyata agak sedikit unik. Karena mereka memiliki desain S0C yang diberi nama big.LITTLE, yang terdiri dari 2 jenis arsitektur prosesor yang berbeda. Dan kedua jenis arsitektur prosesor tesebut kemudian dijadikan satu paket dalam SoC. Arsitektur yang dimaksud itu adalah arsitektur “core cepat” dan “core hemat daya”. Kelebihan dan kekurangannya masing-masing adalah sebagai berikut:

Core Cepat : Tipe core prosesor “big” ini bisa sangat ngebut alias punya performa tinggi, namun memiliki kekurangan pada efisiensi daya. Artinya, kalaupun clockspeed-nya diturunkan (underclock), maka ia tetap tidak bisa hemat daya. Beberapa arsitektur prosesor dari ARM yang masuk dalam kategori core cepat adalah:

  • Cortex-A57
  • Cortex-A72
  • Cortex-A73
  • Cortex-A75
  • Cortex-A76
  • Cortex-A77
  • Cortex-A78
  • Cortex-X1

Core Hemat Daya : Sedangkan tipe core prosesor “LITTLE” ini punya kelebihan pada efisiensi daya alias irit dalam penggunaan daya baterai. Tapi, meskipun clockspeed-nya dinaikkan (overclock), ia tetap tak bisa memberikan performa yang lebih baik dibanding dengan tipe core prosesor “big”. Beberapa arsitektur prosesor dari ARM yang masuk dalam kategori core hemat daya adalah:

  • Cortex-A32
  • Cortex-A34
  • Cortex-A35
  • Cortex-A53
  • Cortex-A55

Dalam konsep desain SoC big.LITTLE, kedua arsitektur core prosesor tersebut biasanya akan dijadikan satu paket untuk saling melengkapi. Yang mana, konfigurasinya pun bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana sang vendor pembuat SoC.

Misalnya, ada yang pakai konfigurasi 2 core cepat plus 6 core hemat daya, ada yang pakai konfigurasi 4 core cepat plus 4 core hemat daya, ada juga yang pakai 8 core yang kesemuanya menggunakan konfigurasi core hemat daya.

Konfigurasi konsep desain big.LITTLE memungkinkan smartphone untuk bisa hemat daya, namun juga bisa ngebut saat dibutuhkan. Misalnya, saat smartphone sedang tidak digunakan atau sedang menjalankan aktivitas yang ringan, maka SoC hanya akan menggunakan core hemat daya agar baterai tidak cepat habis. Sedangkan ketika kita sedang melakukan aktivitas berat seperti bermain game, peran untuk mengolah data akan diambil alih oleh core cepat agar performanya bisa lebih baik. Dengan demikian, kebutuhan antara performa dan juga konsumsi daya akan bisa berimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Konfigurasi yang beimbang seperti ini, biasanya akan kita temukan pada SoC dari smartphone kelas menengah keatas, hingga kelas flagship. Sedangkan untuk kelas menengah, hingga kelas entry level, biasanya mereka hanya akan menggunakan SoC dengan konfigurasi core hemat daya semua. Dan oleh karena alasan inilah yang membuat jumlah core lebih banyak tidak selalu bisa memberikan performa yang lebih baik.

Jadi, Bagaimana Menentukan Pilihan Prosesor Yang Baik?

Konfigurasi big.LITTLE pada SoC smartphone, membuat kita tidak lagi bisa terpaku pada jumlah core prosesor. Karena jika dibandingkan, 2 core prosesor “big” akan punya performa yang lebih tinggi daripada 8 core prosesor “LITTLE”.

Maka dari itu, kita harus membandingkan bagaimana konfigurasi SoC yang digunakan pada smartphone yang kita incar. Jika ternyata arsitektur core prosesornya sama (misalnya sama-sama A53), maka yang punya lebih banyak core pasti akan punya performa lebih tinggi. Jika jumlah core-nya juga sama? Maka prosesor dengan clockspeed lebih tinggi (misalnya 2.0GHz vs 1.8GHz) akan punya performa yang lebih baik.

Dalam beberapa kasus, arsitektur prosesor yang lebih modern bisa saja punya performa yang lebih tinggi walau punya clockspeed yang lebih rendah. Pada contoh daftar nama “core prosesor” yang saya sebutkan tadi, arsitektur yang berada di urutan lebih bawah adalah arsitektur yang lebih baru dan juga punya performa lebih tinggi. Jadi Cortex-A78 itu lebih baik daripada Cortex-A77, dan Cortex-A55 itu lebih baik daripada Cortex-A53.

Lalu, bagaimana dengan core prosesor Kryo? Bisa dibilang bahwa Kryo ini merupakan core prosesor berbasis arsitektur ARM juga, tapi dengan sedikit modifikasi. SoC yang digunakan oleh perusahaan pembuat chip yaitu Qualcomm tersebut sudah terdiri dari core prosesor big dan juga LITTE. Mungkin nanti akan saya buatkan bahasan tersendiri tentang ini karena bisa agak panjang.

Tambahan

Perlu diketahui bahwa walau mungkin sebuah SoC hanya mengusung core hemat daya semua, bukan berarti smartphone yang menggunakannya tidak akan bisa digunakan untuk nge-game. Kalau menurut pengalaman saya, SoC yang menggunakan konfigurasi octa core 2.0GHz Cortex-A53 sudah terbilang cukup baik untuk menjalankan berbagai game. Walaupun tetap saja, akan lebih baik jika ternyata chipset yang digunakan sudah menggunakan core cepat.

Selain itu, performa gaming itu tidak melulu dipengaruhi oleh CPU saja. Karena peran GPU alias chip pengolah grafis juga akan sangat mempengaruhi performa. Umumnya, smartphone Android yang beredar saat ini mengandalkan beberapa GPU seperti Adreno (bawaan dari chipset Qualcomm Snapdragon), Mali, hingga PowerVR. Namun sayangnya, seringkali, detail dari GPU ini sendiri masih jarang diungkapkan sehingga biasanya kita hanya akan mengira-ngira performanya berdasarkan seri chipset yang digunakan.

Kesimpulan

Bedanya prosesor quad octa dan hexa coreJadi, sekali lagi saya tegaskan bahwa jumlah core yang lebih banyak belum tentu dapat memberikan performa yang lebih baik. Semua itu tergantung dari amal dan ibadah arsitektur alias desain rancangan untuk membangunnya. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk menemukan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ™‚

Artikel sebelumnyaMengenal Bloatware, Sekumpulan Aplikasi Yang Tak Diinginkan
Artikel selanjutnyaLayar Hape Kamu Bergaris? Mungkin Ini Penyebabnya!
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

430 KOMENTAR

  1. Wah pantesan hp gw yang ram 1GB ini 2jt an setelah gw coba aktifkan *mode puncak* langsung lancar jaya waaww corenya juga ada 6 padahal octa-core? Pdhl mediatek mali – 450 nih btw mali – 450 itu bagus apa jelek sih? Gw saranin jgn cumam liat speknya tapi juga liat prosesor dan cpunya:))

  2. Kak mau nanya kalo mi mix kan di ss tentang ponsel tulisannya Hexa core max 1,8 ghz itu sama dengan mediatek apa Snapdragon

  3. maaf ya Min, ane juga masih awam.
    Mau beli hp nih, Nah menurut agan, bagusan mana, dari segi harga kira2 dibawah 2.5 jutaan:

    Oppo A 57 ==>
    Operating System : Android v6.0 (Marshmallow)
    Chipset : Qualcomm Snapdragon 435 MSM8940
    Graphics : Adreno 505
    Processor : Octa core, 1.4 GHz, Cortex A53
    Architecture : 64 bit
    Ram : 3 GB

    Samsung A3 (2016) ==>
    Operating System : Android v5.1 (Lollipop)
    Chipset : Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916
    Graphics : –
    Processor : Quad core, 1.5 GHz, Cortex A53
    Architecture : 64 bit
    Ram : 1.5 GB

    Mohon dibantu ya Min, Thank’s.

  4. Min..redmi note 4(mediatek) bgus ga ya.. Kerna mnurut tmn2 yg namanya mediatek itu lmbt laun pasti merepotkan.. Apa benar min.. Mohon pncerahan ya โ˜บ

  5. Siang om, mohon info untuk spek ini :
    Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808
    Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 & 2×1.8 GHz Cortex-A57)
    Andreno 418
    – tks –

  6. bang mau nanya.. kata ente kan cortex-a53 itu kan hemat daya .. tapi di hp ane xiaomi note 4x itu cpt habis batrenya? kenapa ya? apa karna mediatek? ato corenya itu deca-core?
    mohon di jwb bang

  7. Gan,, hp ku kan xiaomi note 4x tapi kok buat main game masih lag patah” ya? Sedangkan hp teman ku note 4 kok lancar jaya ya? Ada yg bisa jelasin gk kenapa?

      • Gejala lag nya saat baru main gan, lebih parah lag nya saat main moba, duh padahal sinyal ijo juga masih lag. Teman ku sinyal kuning malah baik” aja. Apa karna note 4x punya ku masih mtk atau gmna ya? Soalnya gk bisa cek spek sndri di hp gmna caranya maklum masih newbie hehe

  8. Nah mau tanya kalau
    -Redmi Note 3 Pro vs
    +Redmi Note 4x
    -Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
    +Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
    -Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 & 2×1.8 GHz Cortex-A72)
    +Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
    -Adreno 510
    +Adreno 506

    Yang Saya Tanyakan Efisiensi Daya Dan Peforma , Redmi Note 3 Pro Ada 2 tipe Cortex-A53 Dan Cortex-A72
    Terus Untuk Redmi Note 4x Cuma Cortex-A53 ,Jadi Misal Main Game Online Tetap Lancar , Nggak Gampang Panas

  9. Kak mw tanya saya newbie knapa prosesor yg d pake xperia z series boros banhet ke batre?? Apakah snap dragon 800/820 (koreksi jika salah) bisa di bilang produk gagal??

  10. Saya pernah lihat videonya droidlime di youtube tentang Galxy c9 pro (Ram 6Gb) vs Oppo F3 plus (Ram 4Gb), keduanya berprocessor sama yaitu snapdragon 653 dg size layar yg sama 6 inch… Tetapi knpa pada saat buka tutup aps dan membuka apk game oppo f3 plus terlihat lbh cepat drpada c9 pro, padahal Ram yg dsematkan pada c9 pro lbh besar 2Gb… Yg saya tanyakan apa yg menjadi penyebab f3 plus terlihat lbh cepat ???
    Hal ini jg pernah sy lihat dlm kasus vivo v5s (mt6750 1,5 Ghz) vs v5 plus (snapdragon 625), terlihat buka tutup aps dan buka apk game berimbang, mohon penjelasannya demikian terima kasih.

    • Nahh, salah satu faktor yang mempengaruhi performa, nggak cuma hardware (chipset, RAM, dsb), tapi juga software nya ๐Ÿ™‚

      Dan satu lagi, kecepatan baca tulis dari ruang penyimpanan dan RAM juga ngaruh banget loh ๐Ÿ™‚

  11. Maaf nanya gan karna awam jadi gak tau, untuk perbadingan kedua ini lebih unggulan yang mana ya ??? . . . Android OS, v5.1 (Lollipop) dan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 VS prosessor Quad-core 1.5 Ghz with chipset Snapdragon 410, tks atas info dan bantuannya ya…

  12. “karena x64 itu adalah prosesor rancangan AMD”.
    x64 itu bukan right issue nya AMD aja. x86 ato x64 adalah jumlah bit data suatu embedded system. x86 adalah jalur data 32 bit, sedangkan x64 adalah jalur data untuk 64bit.

    • Sejarahnya x86 berawal dari 32-bit instruction set dari prosesor 80386.
      x86-16: 16 bit, x86-32: 32 bit, x86-64: 64bit.
      Khusus untuk x86-64 dikenal secara umum menjadi x64, sedangkan x86 dikenal untuk 32bit, karena tidak ada PC/server yang menggunakan jalur data 16bit.

  13. perbedaan Octa-core, 1800 MHz, ARM Cortex-A72 dan ARM Cortex-A53, 64-bit, 28 nm dan Quad-core, 2500 MHz, Krait 400
    Bagus mana gan?

    • Sudah pasti yang note 4 yang lebih bagus selain CPUnya lebih tinggi Chipsetnya sunah snapdragon 625 dan sudah sangat mendukung sekali untuk game online….

  14. Gan mohon Pencerahan Lbh bagus dan rekomendasi Mana Xiaomi Mi4S dengan Xiaomi Mi5….Tlg ya gan…sblmnya makasih gan…bagaimana juga dengan iphone 5s karna dibanding harga dibatas 3jtan gan….

    • Mi5 lah.. Asal jangan sampe ketindihan pas lagi tidur aja, supaya nggak bengkok / patah..

      Perlu dicatat, itu cuma berdasarkan spesifikasi dasar (prosesor dan RAM) nya aja ya Kak, sementara untuk kualitas secara keseluruhan, aku kurang tau. Soalnya kan beli hape tuh nggak cuma beli prosesor dan RAM aja ๐Ÿ™‚

      Untuk iPhone aku belum pernah pake ya Kak, jadi nggak tau gimana perbandingannya kalo sama Android.

  15. gan pilih mana
    chipset
    Qualcomm MSM8953 Snapdragon 626 atau
    Mediatek MT6797 Helio X20

    CPU
    Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 atau
    Deca-core 2.3 GHz

    GPU
    Adreno 506 atau
    Mali-T880 MP4

    • Tergantung kebutuhan. Cari yang buat keseharian (hemat daya), ambil Snapdragon 626. Tapi kalo cari yang buat game, ambil Helio X20. Tapi biarpun begitu, bukan berarti Snapdragon 626 itu nggak kuat buat game yaa, karena chipset itu udah mumpuni banget..

  16. Gan.. Tulung ksh tau ane dunk android (pasaran lokal) yg mengusung spek :
    – IPS 4.5 inchi FWVGA
    – 4G-LTE, HSPA, EVDO
    – Dual sim
    – KitKat / Lollipop / Marshmallow
    – Mediatek / Qualcom /Spreadtrum
    – Octacore 1.7 Ghz
    – 2Gb RAM, 16Gb ROM, SDCard UpTo 32Gb

    ..Tengkiyu..

  17. Kak hp xiaomi redmi note4 bagus gkk??…
    Truss pas ane cari di lazada ada yg snapdragon/mediatek,truss ada juga yg octacore/decacore..
    Bagus yg mnaYa??

    • Tergantung kebutuhan. Buat game, ambil mi5. Buat selfie, ambil Vivo V5. Tapi aku nggak saranin ambil Xiaomi Mi5 yaa, karena hape itu nggak resmi masuk Indonesia. Takutnya nanti kalo error malah kita yang repot

  18. Permisi kak. Kalo menurut kakak lebih cepat / unggul mana redmi note 4 (snapdragon) atau redmi note 4 ( mediatek) .terimakasih

    • Versi MediaTek harusnya lebih kenceng untuk urusan game, meskipun sebenernya versi Snapdragon pun udah mumpuni banget. Tapi untuk daya tahan baterai, yang versi Snapdragon lebih oke

  19. Kak mohon penjelasan xiaomi redmi 4 prime, xiaomi redmi pro, xiaomi redmi 4x lebih bagus mana ? Perbandingan kekurangan dan kelebihannya ? Dari sisi performa , daya tahan baterai , dan kegunaan masing masing nya

      • Kalo liat review nya khusus xiaomi redmi 4 prime chipset Snapdragon terus CPU nya kan octa core 2.0 GHz nah dari spec performa nya lebih kemana ? Lambat apa lancar kinerja prosesor nya kak? Dan 2.0 GHz nya itu maksdnya apa sih kak blm paham banget soalnya .. mohon penjelasan

    • Redmi Note 3 Pro lebih responsif untuk game dibandingkan Redmi Note 4, meskipun beda tipis sih..
      Tapi, Redmi Note 4 lebih adem saat dioperasikan, meski dalam penggunaan berat sekalipun, serta lebih irit dibanding Redmi Note 3. Jadi, silakan pilih sendiri

  20. Min mau tanya, boleh dong disaranin bagusan Xiaomi mi max prime atau Lenovo zuk z2 , buat gaming, dan boleh tau alasan kekurangan dan kelemahannya , saya udh baca2 di gsm arena tapi masih bngung, kalau kapasitas memori sih Xiaomi max prime karena 128 , tapi mohon sarannya

    • Kalo untuk plus minus, itu sih mesti di tes langsung ya Kak. Sayangnya, aku belum pernah uji langsung untuk keduanya..

      Tapi kalo untuk performa, SEHARUSNYA sih Zuk Z2 unggul cukup jauh Kak

  21. gan, ane kadang baca2 di fb kalo keluhan mediatek yang reno 4 lebih banyak dan sering di katakan banyak warna di layar,
    kalo xiaomi note 4x ane belum tau pasti itu gan, ane bingung mau pilih yang mediatek ato snapdragon?
    menurut agan yang mana?

    • Kalo aku sih pilih snapdragon ya Kak. BTW, biar terhindar dari masalah seperti itu / biar gampang ngurusin service nya, mending cari yang garansi resmi ya Kak. Redmi Note 4 tuh yang resmi, bukan Note 4x (dalemannya sama aja Kak).

  22. gan Pandu, izin tanya yaaak, Xiaomi Redmi Pro, bagus gak gan untuk streaming bola, diluar faktor internet tentunya,
    biasanya sy pake laptop lancar, tp pake hp dgn speed intrnet sama ga bisa lancar,

    • Semuanya sama Kak, cuma beda nama aja itu. Redmi Note 4x khusus untuk pasar china, sementara Redmi Note 4 untuk global. Kalau Redmi Note 4 Pro itu sebenernya nggak ada (atau belum), cuma di Indonesia kadang ada yang ngasih nama itu, ngikutin seri pendahulunya, Redmi Note 3 yang dikasih embel-embel “Pro” untuk versi chipset snapdragon

  23. mas pandu kalo asus ROG GX700 sama samsung galaxy star bagusan mana ya . dari kmaren aku bengong aja mikirin itu , mohon penjelasanya

  24. thanx info nya mimin..
    alhamdullilah punya ku lumayan spek nya. just share:
    Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
    CPU Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
    GPU Adreno 530

  25. Info nya dong om . menurut lo dari 3 xiaomi : mi 4s , redmi note 4 , redmi 4 prime bagusan mana ? Trus di kasi pringkat dong 1 smpe 3 di isi siapa . mkasih om

  26. Kk pandu sy edisi galau mo minta pencerahannya lg ttg performa n baterai
    Bagusan mana samsung galaxy j7 2016 dengan asus zenfone selfie
    ZD551kl ?
    nuhun kk pandu

    • Diatas kertas, J7 2016 harusnya menang tipis di performa dan unggul di baterai karena kapasitasnya gede. Layarnya lebih jelas untuk penggunaan luar ruangan. Tapi, ZD551KL lebih tajem tampilan layarnya, multitasking juga lebih bisa buka banyak apps di ZD551KL. Kalo suka fotografi dan bisa setting-setting nya, ZD551KL punya mode manual buat bikin foto yang lebih kreatif.

  27. Min,Milih mana nih xiaomi redmi note 4 yang prosesornya Mediatek MT6797 Helio X20 Deca-core 2.1 GHz.
    sama Xiaomi redmi note 4 pro yang prosesornya Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz.
    disitu kok kayaknya prosesornya lebih tinggi yang note 4 dibanding note 4 pro ya?

    • Iyaps, untuk kebutuhan game, seharusnya lebih lancar yang versi MediaTek.

      Tapi aku udah nyoba tuh yang versi Qualcomm, dan pake game juga enak kok, plus adem. Nah kalo yang versi MediaTek, belum tentu dapet suhu adem yang sama, karena dia pake tipe prosesor performa tinggi

  28. Kak Klo kebutuhan buat ojek online .. Bagus mana Xiomi 4c ram 2 atau Lenovo k5 plus ram 3g .. ?
    Thanks mas pandu
    Klo Lenovo k5 Batrai cepet panas .. TPI klo mi4c blom pernah pake . mo di tuker rencana nya?

    • Mi4c sepertinya nggak cocok ya Kak. Soalnya dia tipe performa tinggi, jadi kemungkinan cepet panas juga dan cepet abis baterai. Alternatif, ambil Redmi Note 4 aja, meskipun yaa agak mahal dikit (yang garansi resmi disini http://ho.lazada.co.id/SHOWVq ) itu baterainya awet, layar matte (udah ada lapisan anti glare, jadi nggak silau. Tapi nggak tau kalo lapisannya dibuka masih matte juga apa ngga. Gampang lepas soalnya) dan adem ayem.

  29. Min berarti klo smartphone yg pake arsitektur cortex a72 performanya lebih baik ya di banding cortex a53
    Meskipun max clock speed nya sama?

  30. Min.. sy mohon pencerahannya boleh ya
    Kalau dr spek yg lebih tangguh, baterai n garansi lebih baik aq pilih mana Lenovo vibe k4 note, Lenovo Zuk z2, Lenovo vibe s1, redmi note 4 atau infinix note 4
    Nujum bwt masukan nya kakak

  31. Min.. sy mohon pencerahannya boleh ya
    Kalau dr spek, baterai n garansi lebih baik pilih Lenovo vibe k4 note, Lenovo Zuk z2, Lenovo vibe s1, redmi note 4 atau infinix note 4
    Gracias

    • Kalo cari yang garansinya oke, jelas mending pilih Lenovo ya Kak. Dari daftar diatas, yang paling oke sebenernya Zuk Z2 (diantara semua yang disebut), tapi sayangnya doi gak masuk ke Indonesia secara resmi, jadi ga ada garansi resmi. Alternatif (kalo masih pilih lenovo) ya Vibe S1. Tapi kalo mau ambil yang lain, bisa ambil Redmi Note 4 aja Kak. Itu bentar lagi resmi masuk Indonesia. Dan pastikan di dusnya tertera “dibuat di Indonesia” ya Kak

  32. Yang recomended hp dengan kualitas ram >3 dapur pacu yg high, serta kualitas batrai yg super awet dan layar >400ppi itu apa ya ka ??..
    (Untuk xiaomi)

  33. Sam ,anr bingung mo pilih reno 4x vs reno 4 mediatek 64gb, tlg pencerahannya mn yg lbh handal buat yg berat2,kecepatan dan keawetan batrainya serta mn yg lbh adem kl buat yg berat2 misal game hd,,, tlg rekomendasinya agar q g nyesal beli,,, trims

  34. Xiami mi max, xioami mi5, samasung j7 2016 sama samsung a3 2017 mending mana y?galau ni maaf kebanyakan perbandingan ny hehehe mohon pencerahan ny…thx

  35. Comment: mas minta pencerahannya.. Hehe..
    1. bagus mana secara kinerja cepat dan hemat daya batre (ga gampang panas ) xiaomi redmi 3S pro 3/32 atau xiaomi redmi not 3 pro 2/16?
    2. Kalo kisaran andro harga 2,5juta yg bisa di andalkan dari prosesornya seimbang cepat:hemat minta sarannya mas kebutuhan game, sosmed, #tentunya garansi resmi biar ga berDosa(rugi) haha..
    2. apakah di seri redmi not 4, not 4pro, not4X udah ada yg garansi resmi khususnya bandung?
    Terimakasih mas..

    • 1. Performa bagusan Redmi Note 3 Pro. Soal gak gampang panas, SEHARUSNYA Redmi 3s lebih adem (Redmi 3s pro nggak ada Kak)
      2. Kamera nggak jadi pertimbangan kan ya? Redmi 3s udah bisa jadi andalan ituh, garansi udah resmi.
      3. Semua tipe itu nggak ada yang resmi Kak. Generasi terbaru hape Xiaomi yang udah ada garansi resmi saat ini cuma Redmi 3s sama Redmi 4A

  36. Bro numpang tanya,,,ap bnr2 akurat skor antutu untk dijdkan tolak ukur bgs tdknya hp,,,krn kbnyakn para pereview sll ngukur cpt tidaknya hp dr skor antutu,,,,tp q lht sped tes di youtub kdg yg skornya tinggi malah klh jauh kecepatanya dg.skor.yg rendah,,,,tlg ksh pencerahan,,,yg jls,,,agr q g tersesat,,,hehehe

    • Nahh, aku sendiri nggak terlalu berpatokan sama skor antutu ya Kak. Yang penting nyaman dipake. Terus soal performa emang mestinya di tes langsung, soalnya dulu pernah ketauan kalo ternyata sebagian besar vendor hape “mencurangi” benchmark apps (antutu dsb) supaya bisa dapet nilai lebih tinggi dari yang seharusnya.

      • mas pandu mau nanya dong untuk performa bagusan xiaomi redmi note 4 yang versi snapdragon atau mediatek ya?
        saya bingung cara bandingin chipset gpu cpu dari kedua versi tersebut,maklum gaptek

        • Untuk kebutuhan gaming, diatas kertas sih bagusan yang versi MediaTek, Kak. Tapi selama aku coba kemaren, yang versi Snapdragon juga udah oke kok, adem pulak. Kalo yang mediatek belum tentu adem, karena performa tingginya itu.

          Lagian, yang resmi masuk disini kan yang versi Snapdragon, dan aku saranin untuk ambil yang garansi resmi aja. Cek disini http://ho.lazada.co.id/SHOWVq

    • Hahahahah, dosa sih entah yaa.

      Cuman yaa rugi aja gitu kitanya, beli barang tapi ga ada garansi. Giliran rusak, service nya ditanggung sendiri. Kalo kena hardware, makin ribet kalo misal nggak nemu sparepartnya. Syukur-syukur kalo distributornya punya jaringan service yang luas. Kedua, yaa kita sama aja nggak menghargai aturan yang berlaku di negeri sendiri dong. Kasian juga vendor lain yang udah susah-susah ngikutin regulasi, tapi kita malah pilih yang nggak taat regulasi.

  37. Sorry bos numpang tanya Snapdragon 801 vs 808 bingung arsitektur nya juga beda
    Rencana nya mau ganti hp xiaomi mi note bambu 3/16 mau aku ganti mi4c 3/32
    Nah ane mau tanya tentang processor nya aja ni kan beda tuh mi note 801 mi4c 808
    Tapi konon yang 808 itu terhadap batre seditik ya boros jadi pusing saran kak
    Thanks

    • Tergantung kebutuhan sih Kak. Iya, yang 808 diatas kertas memang lebih boros KALAU dipake yang berat, karena dia punya core cepat. Sedangkan kalau pemakaian ringan, harusnya nggak boros banget sih, karena kan dia juga punya core hemat daya.

  38. Karena apa xiaomi mi max lebih unggul, kan klo xiaomi mi max Chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72 sedangkan sony xperia Xa ultra Chipsetnya Mediatek MT6755 Helio P10 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

  39. Mau tanya klo begini lebih bagus yg mana ya gan?
    Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
    Atau
    Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
    Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 & 2×1.8 GHz Cortex-A72)
    Terima kasih

    • Sebenernya kalo proses fabrikasinya sama, snapdragon 650 lebih unggul dibandingkan 625 karena dia punya core cepat. Tapi kenyataannya, ternyata Snapdragon 625 itu lebih unggul baik dari sisi performa maupun daya tahan baterai karena dia pakai teknologi yang lebih modern (proses fabrikasi 14nm), sementara Snapdragon 650 masih pakai teknologi lama (proses fabrikasi 28nm).

  40. Mas? Saya mau nanya nih? Kenapa saat saya bermain game online atau browsing sebentar. Hp cepat overheat? kira kira sekitar 50-52Celcius? Saya cari solusinya di google ga mempan. Mohon solusinya mas

    • Itu ceknya dimana Kak?

      Seperti yang udah disebutin diatas Kak, Hexa-core itu kadang emang terdiri dari 2 bagian. Dual-core cepat, plus Quad-core hemat daya. Tapi biasanya yang disebut di spek itu cuma clockspeed untuk yang core cepat aja (misal, 1.8GHz tadi). Jadi mungkin waktu di cek itu, yang diliat cuma bagian core cepatnya aja, yang Dual-core tadi

  41. Artikelnya menarik, lumayan nambah ilmu.
    Kak mau nanya, kalo xiaomi redmi 3 pro vs redmi note 3 mending pilih yang mana ya ? Kebutuhannya diisi segala sosmed(wa, line, bbm, fb, twitter, ig, dll) , soalnya kerjanya ya dari sosmed, sama butuh kamera + ketahanan baterai. Jadi butuh prosesor yg mumpuni alias ngga lemot.
    Terima kasih suhu

  42. thank’s buat artikelnya, sekalian tanya ya..,untuk kita orang awam, gimana caranya kita bisa bedain hp mana yang menggunakan cpu core cepat dan core hemat daya. kan kita kalo mau beli hp mesti cari2 review tentang teknologi yg digunakan. atau ada istilah lain ya yang dipake biar bisa lgsg tau itu pake core yg mn?

    • Biasanya ada kok keterangannya di spesifikasinya. Perhatiin aja, biasanya ada keterangan seperti “Quad-core 1.4GHz Cortex-A53” gitu. Nah bagian belakang yang ku cetak tebel itulah yang memberi keterangan apakah dia pake core hemat daya, core cepat, atau bahkan keduanya sekaligus

  43. Mas,,,tlg ksh rekomendasi antara redmi 4 prime vs asus zenfone 2 ze551ml 4gb/32 kira2 bgs mn dan kencang mn kl buat yg berat2,,,semisal main game hd dll,,,trims q tunggu infonya,,,

    • Redmi 4 prime. Tapi sayangnya hape itu nggak resmi masuk Indonesia, jadi aku saranin pilih yang lain aja yang resmi. Dan lagi, aku nggak tau soal gimana kualitas barangnya (stabil apa nggak) karena emang belum pernah coba. Di sisi lain, aku nggak nyaranin buat ambil Zenfone 2. Karena meskipun hape ini ngebut, tapi sayangnya dia “nggak stabil” alias sering bermasalah. Untuk ASUS tipe lain, Zenfone Selfie bisa jadi alternatif, meskipun nggak sekenceng Zenfone 2. Atau bisa juga ambil Zenfone 3 Laser yang lebih kenceng dari Zenfone Selfie

  44. Maaf nih gan mohon info nya , handphone saya xiomi redmi note 4 rusak ketika handphone nya lg di charger terus saya cabut tiba2 handphone nya langsung ngeblank , kira2 itu kerusakan nya apa ya gan ? Padahal itu handphone baru dipake satu hari aja gan
    Mohon info nya dong. Terima kasih:)

    • Bisa jadi masalah software, atau hardware tuh. Kurang tau juga, mesti di cek lebih lanjut. Itu blank nya bener-bener gak ada respon atau gimana? Sayang ya gak ada garansi resmi. Kalo ada garansi resmi mah tinggal klaim, beres

  45. Mas,mo tny,,,mending pilih mn ya antara redmi 4 prime vs redmi note 4 pro snapdragon dan redmi note 3 pro,,,,mohon rekomendasinya serta alasanya,,,trims

    • Kaca 2.5D itu maksudnya bentuk kacanya, Kak. Kaca ini tuh melengkung / punya sudut membulat gitu di bagian sisi terluarnya, jadi nggak terkesan kaku atau kotak banget gitu. Sementara kalo Gorilla Glass itu merk kaca pelindungnya.

      Jadi apapun merk kaca pelindungnya (entah Gorilla Glass atau Dragontrail Glass), semuanya bisa bikin kaca 2.5D, tergantung permintaan vendor pembuat hapenya.

  46. nice info om.
    skalian mo nanya neh,
    mending mana Samsung Galaxy J7 Prime vs Xiaomi Redmi Note 4 (MediaTek) secara performa dan irit (anggap dengan kapasitan battery yg sama)

    • Performa diatas kertas jelas Redmi Note 4 ya Kak. Tapi untuk irit (dalam pemakaian berat), lebih baik yang Galaxy J7 Prime.

      Tapi aku sih lebih menyarankan ambil Samsung Galaxy J7 Prime aja yaa, karena hape itu masuk ke Indonesia secara resmi (ada garansi resmi), sedangkan Redmi Note 4 nggak resmi.

  47. terima kasih min, artikel nya bagus, buat nambah wawasan tentang processor hp biar gak salah pilih sesuai kebutuhan, btw kalo mi4c buat game HD kaya real racing dsb lancar gak ya min ?

  48. Mas,mo tnya,,,bagus mn ya antara redmi note 3 pro prosesor 650 vs redmi 4 prime prosesor 625 kl dilht dr segi keceptn dan performanya serta ketangguhan batrai dan mn yg tetep stabil g over panasnya kl buat main game hd,,,trims

    Reply

  49. kak aku mau nanya kalo aku mau main game yang berat pake xiaomi aku lebih baik pilih mana ya xiaomi redmi NOTE 3PRO yang 2 GB atau 3 GB ?????? (kalo ada saran dari kakak kasih tau aja)

  50. Mas,q makai mi 4c ram 2gb,di spek,,,ad radionya,tp dimenu dan sdh q cari kmn2 ko g ad,,,oya mi 4c sdh makai miui 8 emg beli baru lgsg it,,,jd soal software blm diotak atik,,,mohon pencerahanya ya sam,,,

    • Kalo misal untuk pemakaian sehari-hari doang sih, harusnya keduanya sama cepet ya Kak. Cuman kalo dipake yang berat-berat seperti main game, diatas kertas Redmi Note 3 Pro sedikit lebih unggul ๐Ÿ™‚

  51. maaf saya mau nanya bagusan mana ya gan? tolong referensinya gan? tapi spek sama gan?

    @–@
    Chipset Mediatek MT6753
    Prosesor
    CPU Octa-core 1.3GHz Cortex-A53
    GPU Mali-T720

    @–@
    Chipset :
    Snapdragon 430
    CPU : Quad-core 1.4 GHz & quad-core 1.1 GHz
    GPU : Adreno 505

    • Untuk performa harusnya nggak jauh beda ya Kak, lebih unggul Mi Max. Soalnya Chipset Snapdragon 625 punya Redmi Note 4 itu nggak cuma hemat daya tapi juga kenceng karena pakai teknologi baru. Untuk kamera dan daya tahan baterai, belum tau Kak karena dua hal itu perlu di tes langsung dan nggak bisa dikira-kira semudah itu ๐Ÿ™‚

  52. Rencana mau beli redmi note 4 performa sama daya baterai seimbang ga ya? Apakah kamera redmi note 4 udah bisa dikatakan bagus? Mohon pencerahannya ka makasih.

  53. Rencana mau beli redmi note 4 performa sama daya baterai seimbang ga ya? Apakah kamera redmi note 4 udah bisa dikatakan bagus? Mohon pencerahannya ka makasih..

    • Diatas kertas, untuk performa (bukan gaming yaa) bagusan Mi4c, tapi ini tipe lama sih. Alternatif nya yaa Redmi 3s, dan diatas kertas, Redmi 3s ini harusnya lebih hemat baterai. Redmi 4a urutan paling bawah meskipun beda tipis ama Redmi 3s. Hadeeehhh tipenya banyak amat yang mirip-mirip speknya ๐Ÿ˜

      Kalo soal kecepatan internet, belum tau. Tapi diatas kertas, harusnya nggak beda jauh.

  54. gan mohon pencerahan antara mi4i.redmi 3s ,resmi 4a ,masalah peforma dan kecepatan internet bagusan mana ya,soalnya buat ojek online makasih

  55. Mau tnya kak, asus zenfone 2 laser yang ze550kg sya koq datanya mati mati sndiri ya kak? Padahal data nya idup tp sinyal H/H+ nya ilang” trs.. Ini pas hpnya keadaan sleep aja jdi bm nya gbisa masuk. Tolong bantuannya kak klo kira” bisa

    • Kalo itu kurang tau ya, Kak. Tapi setauku sih emang update itu justru buat mencegah supaya nggak bisa 4G. Karena hape itu emang belum memenuhi regulasi TKDN, jadi nggak boleh dijual dalam keadaan bisa konek ke 4G. Kalau tanya sampai kapan, mungkin sampai Xiaomi sudah bisa memenuhi regulasi TKDN itu, dan itu entah kapan..

      • punya saya xiaomi mi4i, sempat 4 hari lalu saya up dr MIUI7 ke MIUI 8 dan up juga dr lillipop ke marsmallow tp, 4G nya ngga hilang, tp punya teman saya hilang 4Gnya dan merk yang sama dengan saya, itu kenapa yaa,,? apakah beda distributor/resmi atau gimana bang,? terima kasih

        • Nahh iya, sebagian besar memang begitu (ilang 4G nya) karena memang belum memenuhi aturan TKDN, jadi 4G nya dikunci melalui update itu. Aku kurang tau yaa apakah penguncian itu juga berdampak pada hape distributor atau nggak.

  56. gan ada yang mau gua tanya, cara hidupin mode peformance di redmi note 3 pro ini gimana, kan di bilang disitu kalau yang ringan2 pakai yang quatcore 1,4 dan kalau yang berat pakai dualcore 1,8…. ada yang bisa bantu jawab pertanyaan saya…

    • Kalo soal yang itu otomatis, Kak. Jadi sistemnya yang atur sendiri. Cuman kalo misalnya emang ada setting mode performance (untuk pake prosesor sampai clockspeed tertinggi) di hape itu, aku kurang tau, Kak. Udah lama nggak pegang Xiaomi ๐Ÿ˜€

  57. eh min numpang tanya ane kan punya modal 3 jutaan,ane nyari spec paling bagus,untuk game yg berat tapi irit baterai,mohon pencrahannya ama rekomendasi hpnya

  58. Mau numpang tanya gan, hp xiaomi note 4 dan hape samsung j7 prime bagus mana jika untuk main game besar full Hd? Dan jangan lupa penjelasannya ya gan. Tks

  59. Kalo menurut kakak ,, hp yg lumayan dโ€™beli dgn harga kisaran 2 juta k bwah it .. Bgusnya hp ap kak,, soalnya kbnyakan org2 pd nyesel beli xiaomi.. Bleh minta pndapatnya ga kak,, mumpung blum di beli hp nya, jadi kcewa blum dteng., mudah2n ada solusinya

    • Kebutuhannya untuk apa dulu, Kak?
      Untuk keseharian biasa (Mengutamakan baterai)
      Untuk kerja (Multitasking, performa, fitur)
      Untuk game (Performa)
      Atau yang lain? Mungkin bisa disebutkan lebih spesifik keinginannya seperti apa ๐Ÿ™‚

        • Wkwkwkwk, sulit Kak untuk hape harga segitu :3

          Untuk yang resmi masuk Indonesia (garansi resmi) bisa intip Infinix Hot 3 Max, Kak. Diatas kertas, specsnya udah oke untuk performa ๐Ÿ™‚

      • Yaa seperti dijelasin diatas Kak, kalo frekuensi (GHz) nya tinggi yaa nggak hemat baterai. Tapi kan Kryo itu setauku cuma dipake sama Qualcomm ya, dan prosesor mereka itu Frekuensinya dual core 2 koma sekian GHz plus 1 koma sekian GHz. Jadi kalo mode enteng, yang dipake yang frekuensi rendah supaya irit baterai.

        Dan memang kadang frekuensi yang lebih rendah itu nggak disebut dalam spek.

  60. Bantu orang awam, Min
    Mw Beli hp buat game.

    CPU ==> Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72
    GPU ==> Adreno 510, 550 MHz
    punya si NOTE 3 Pro

    CPU ==> Mediatek MT6797 Helio X20, Deca-core 2.1 GHz
    GPU ==> Mali-T880 MP4, Quad-core 700 MHz
    Punya si NOTE 4

    Dibantu ya min THX.

    • Diatas kertas jelas bagusan yang Snapdragon 616 ya, Kak untuk performa (kecepatan respon, dll) khususnya multitasking. Cuman untuk grafis (untuk kebutuhan game), kurang tau. Soalnya Snapdragon 430 ini punya versi GPU yang lebih modern. Mungkin kurang lebih sama lah yaa kalo untuk game..

      Harap dicatat juga kalo kapasitas RAM, versi OS, serta pengoptimalan software juga bakal ngaruh ke performa

      • Kalo menurut kakak ,, hp yg lumayan d’beli dgn harga kisaran 2 juta k bwah it .. Bgusnya hp ap kak,, soalnya kbnyakan org2 pd nyesel beli xiaomi.. Bleh minta pndapatnya ga kak,, mumpung blum hp jadi kcewa blum dteng., mudah2n ada solusinya

  61. Kak, mau tanya ??
    Aku bru rencna mau beli xiaomi redmi 3pro, n speknya kurang lbih sperti ini . .
    Chipset : Snapdragon 616
    CPU : Octa core
    ( qUAD 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad 1.2 GHz Cortex-A53)
    GPU : Adreno 405
    Punya masukan atau saran gak buat ni hp kak..
    Mohon untk penjelasanny kak, wlau hanya singkat.. Biar akuny ga keliru . . Makash

    • Untuk keseharian aku cuma pake Sony Ericsson W200i (hape jaduls), ASUS Zenfone Selfie sama Zenfone 3, Kak

      Ah, inimah ilmunya orang yang ku tangkep dan ku tulis ulang pakai gaya bahasaku sendiri, Kak ๐Ÿ˜€

  62. Menurut agan
    Processor Dual Core 1.8 Ghz Cortex-A72 + Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53

    Dan

    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

    Enakan yg mana gan klau utk memainkan game hd?

    • Diatas kertas, untuk main game HD jelas enakan yang pertama itu dong, meskipun bedanya cuma sedikit.

      Tapi pengoptimalan software juga ngaruh sih. Plus, yang pertama itu biasanya bakal lebih panas ketika dipake main game dan jelas lebih boros baterai. Jadi kalo Kakak main game nya nggak lama-lama banget, tipe chipset pertama itu lebih enak untuk dipake. Tapi kalo nge-game nya sampe berjam-jam, pilihan chipset yang kedua itu bisa jadi alternatif yang cukup bagus ๐Ÿ™‚

  63. permisi min ane mau nanya kalo begini khususnya buat apa yah ?

    chipset : Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
    CPU : Quad-core 2.5 GHz Krait 400
    GPU : Adreno 330

  64. Min aq mo tanya,, apa betul untuk penerimaan signal snapdragon itu lebih baik dari mediatek? Ini aq taunya dari tukang servis hp di tempatku klo mediatek itu penerimaan signal kurang bagu,, mohon jawabannya. Trima kasih

    • Wah, aku belum uji sampai tingkat itu, Kak.

      Tapi gini, kalaupun benar iya, aku rasa itu nggak berlaku di semua varian yang ada. Mengingat varian chipset (baik Snapdragon maupun MediaTek) itu banyak banget. Mulai dari yang paling jelek sampai yang paling bagus. Dan masing-masing varian chipset itu punya “modem” yang kadang beda juga. Jadi yaa kurasa nggak bisa di generalisasikan seperti itu, Kak.

      Maksudku gini : Misal MediaTek varian “A” penerimaan sinyalnya jelek, tapi belum tentu hal yang sama juga terjadi pada MediaTek varian “B”.

      Plus, penempatan atau desain antena di hape dan juga material / bahan cover hape itu sendiri juga mempengaruhi kualitas daya tangkap sinyal ๐Ÿ™‚

  65. Min kalo
    Chipset Qualcomm MSM8274AB Snapdragon 800
    CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400
    GPU Adreno 330
    Sama
    Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
    CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
    GPU Adreno 306

    Diatas krtas mantap mana min?

    • Snapdragon 800 itu chipset kelas tinggi pada masanya, masih 32-bit. Tapi rasanya masih lebih oke sih kalo dibandingkan sama Snapdragon 410 meskipun sudah lebih modern. Lagian, Snapdragon 410 itu lebih berfokus ke urusan hemat daya. Jadi yaa diatas kertas masih lebih ngebut Snapdragon 800

      • Waahh..makasi min..yaa memang si yg snapdragon 800 hpx xiaomi MI3,uda agak lama..ada rncana mau ganti..tp kalo masi bisa ngebut gpplah g usa ganti dulu..

        • bantu jwb: gpu adreno 330 keluaran amd/radeon ini lebih baik kinerja dan peforma dlm gaming ketimbang adreno 306. saya udh cek kecepatan kinerja tiap seri vga yg keluar dr awal sperti adreno 200 sampai adreno terkini seperti adreno 430, 530, dll. coba cek di : netbookcheck.net perbandingan kinerja gpu smartphone maupun vga card seluruh brand dan tipe dlm berbagai aplikasi seperti furmark, dll.

  66. Chipset Qualcomm Snapdragon 650 MSM8956
    Processor Dual Core 1.8 Ghz Cortex-A72 + Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53
    GPU Adreno 510

    Tadi di jelasin di atas katanya kalau biat sehari” mubdazir gimna kak maksudny..rencana pengen beli hp yg spek ny seperti itu..tolong pencerahannya

  67. huawei honor 4x : mas prosesor smartphone saya octa core 1,2 ghz ,cortex a53, hisilikon kirin 620, mali- 450mp4, internal 8gb ram 2gb, layar 5,5 inch apa itu sudah cukup baik prosesor nya?

    • Helio X10 itu termasuk chipset lumayan oke loh..
      Apalagi RAM udah 3GB, meskipun yaa pengoptimalan software juga mempengaruhi performa sih. Tapi diatas kertas, specs itu udah cukup banget kalo untuk keseharian dan bermain game-game casual sampai berat

  68. kak mau tanya ya..
    OS Android OS, v6.0 Marshmallow
    Chipset Mediatek MT6797 Helio X20
    CPU : Deca core 2,1 Ghz
    GPU : Mali – T880 MP4
    Internal 64gb, 3 gb RAM

      • Gan kalau OS Android OS, v6.0 Marshmallow
        Chipset Mediatek MT6797 Helio X20
        CPU : Deca core 2,1 Ghz
        GPU : Mali โ€“ T880 MP4
        Internal 64gb, 3 gb RAM

        Dibanding

        OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
        Chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
        CPU Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 & 2×1.8 GHz Cortex-A72)
        GPU Adreno 510

        Mantap mana gan?

        • Diatas kertas, jelas lebih mantab yang pake Helio X20 ya, Kak

          Dengan catatan, itupun kalo misalnya RAM nya sama serta pengoptimalan software nya sama baiknya. Karena pengoptimalan software juga ngaruh banget sama performa ๐Ÿ™‚

  69. Comment:admin saya mau tanya nih kalo octa-core 1.3 Ghz ARM Cortex-A7
    Chipsetย : MediaTek MT6592
    RAM : 2GB
    GPUย :ย Mali-450MP4
    Baterai : 4000ย mAh
    Gimana nih spek nya?
    Soalnya ane mau yg smartphone yg tahan lama (dari segi mesin) buat keseharian, tapi selera game saya tinggi juga, tapi dengan budget yg terjangkau

    Dan juga Cortex-A7 itu tipe cepat atau hemat? Dan kalau boleh ane juga mau tanya cara bedain core cepat & hemat gimana? Adakah artikel yg jelasin deretan core cepat dan deretan core hemat?

    Makasih sebelumnya min

    • Mending cari yang Cortex-A53 aja, Kak. Soalnya prosesor itu udah agak ketinggalan jaman. Dan perangkat yang lebih baru juga udah banyak kok yang lebih kenceng dengan harga yang mungkin nggak jauh beda. Kalo emang mau yang buat keseharian tapi tetep enak pake game, sepertinya ambil yang pake chipset Snapdragon 615/616/617 deh, itu juga cukup terjangkau. Mau yang lebih terjangkau? Cari aja yang chipsetnya MediaTek dengan spek yang mirip-mirip (1.5 GHz Octa-core Cortex-A53).

      Cortex-A7 itu sepertinya hemat daya deh, untuk CPU 32-bit. Untuk bedain mana tipe cepet dan mana tipe hemat, yaa kita cuma bisa liat dari keterangan arsitekturnya itu, Kak.

      • Comment:
        Oke makasih banget info nya min ๐Ÿ˜€ udah nemu yang kaya gini lumayan lah ๐Ÿ˜€
        Internal 16 GB, microSD, up to 32 GB
        2 GB RAM, Android OS, v5.1 Lollipop
        Mediatek MT6753, Octa-core 1.3 GHz, Cortex-A53, Mali-T720MP3, 4.040 mAh ๐Ÿ˜€

    • Mayan, itu ditujukan untuk yang doyan multitasking tapi tetep efisien di penggunaan daya (baterai). Pake game juga rasanya masih oke, meskipun sebenernya lebih ditujukan untuk penggunaan sehari-hari non game.

  70. klo ini gimana bagus ga min.?

    Chipset Qualcomm Snapdragon 650 MSM8956
    Processor Dual Core 1.8 Ghz Cortex-A72 + Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53
    GPU Adreno 510

    • Untuk specs CPU dan RAM sih jauh, lebih bagusan xiaomi mi4c, Kak. Tapi untuk lain-lain semisal built quality, kamera, dll, kurang tau. Soalnya belum pernah coba..

      Tapi kalo untuk orang awam, aku lebih nyaranin pake lenovo aja sih, Kak. Soalnya Xiaomi itu barang gak resmi masuk Indonesia, jadi untung-untungan. Kalo misal rusak, spare part nya agak sulit dan gak ada service center resmi.

  71. Maaf Mas, mau tanya nih. Bener2 buta soal beginian.
    Chipset : Mediatek
    CPU : Octa Core 1.3 GHz 64 bit
    GPU : Mali T720 MP3

    Chipset : Snapdragon 410
    CPU : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
    GPU : Adreno 306

    Antara 2 prosesor diatas bagus yg mana ya?
    Bingung mau ganti hp, mohon bantuan infonya.
    Thanks before.

  72. klo kayak gini gimna min?

    Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
    Hexa-core (4ร—1.4 GHz Cortex-A53 & 2ร—1.8 GHz Cortex-A72)
    Adreno 510

  73. klo kayak gini gimna min? lebih baik yang mana? ane masih pusing.

    Mediatek MT6795 Helio X10
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
    Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
    PowerVR G6200

    • Helio X10 ini juga oke, soalnya dia mengaktifkan ke-8 core nya buat nambah performa, jadi diatas kertas sih hampir setara sama Snapdragon 650, cuman yaa faktor GPU dan juga pengoptimalan software juga ngaruh. Tapi disini aku bakal vote untuk Snapdragon 650 yaa..

  74. klo kayak gini gimna min? lebih baik yang mana? ane masih pusing.

    Mediatek MT6795 Helio X10 Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 Hexa-core (4×1.4 GHz Cortex-A53 & 2×1.8 GHz Cortex-A72)
    Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 Adreno 510
    PowerVR G6200

  75. Info aja nih:
    x86 adalah prosesor dengan arsitektur 32bit, dan x64 adalah prosesor dengan arsitektur 64bit, secara teori x64 lebih baik dikarenakan memiliki ruang yang lebih besar dalam proses komputasi, x86 dan juga x64 bukan berbeda merk namun hanya berbeda arsitekturnya.
    Prosesor x86 hanya dapat menjalankan aplikasi dengan arsitektur x86 juga, sedangkan x64 akan dapat menjalankan aplikasi baik dengan arsitektur x86 maupun x64 itu sendiri.

    Tidak ada yang namanya x64 itu buatan AMD jadi jelek dll. karena x86 dan x64 itu hanyalah desain arsitektur, bukan buatan pabrik ini dan itu.
    Intel, Qualcomm, AMD, dan beberapa perusahaan pembuatan prosesor semuanya membuat prosesor dengan arsitektur x86 dan juga x64, walaupun saat ini x86 sudah mulai menurun popularitasnya.

  76. Mas, saya sudah baca, berarti bagusnya itu kalau big little kan ya. Dimana 4 core cepat tambah 4 core hemat. Nah pertanyaan saya biar tau big little itu gimana?
    Kalau sekarang kayam gini mas

    Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
    CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
    GPU Adreno 306

    Itu masuknya kan Cortex-A53 kan mas berarti masuknya yang core hemat dong ya? Tolong bales mas saya butuh referensi buat hape baru nih hehe

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini