Mengapa Google Mengutamakan Konten Smartphone Friendly?

Inilah Alasan Di Balik Google Mengutamakan Konten yang Mobile Friendly – Pengguna ponsel pintar kian hari kian meningkat. Sebab, melalui ponsel kini orang-orang dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi. Hal tersebut terbukti dari hasil riset yang mencatat hingga Januari 2021, secara global pengguna smartphone sudah mencapai sekitar 5,22 miliar.

Naik sekitar 61% dari tahun 2019 yang berjumlah 3,2 miliar. Inilah yang menjadikan alasan mengapa sejak tahun 2016 lalu, Google memprioritaskan konten-konten yang bersifat Mobile Friendly ntuk dapat diindex di mesin pencari.

Bagi yang belum memiliki website yang mobile friendly, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang sudah banyak beredar, mulai dari jasa pembuatan website toko furniture, toko baju, dll. Anda juga bisa membelinya lengkap dengan paket SSL murah untuk toko online.

Lebih lanjut, mari simak alasan dan apa yang menjadi syarat dari Google untuk bisa memiliki konten yang Mobile Friendly.

Syarat dari Google untuk Bisa Memiliki Konten yang Mobile Friendly

Konten mobile friendly
Photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Secara tradisional, sistem perayapan dan peringkat Google hanya melihat pada tata letak desktop standar sebuah situs web. Namun sekarang, Google akan menggunakan konten dari situs seluler untuk membuat dan memeringkat daftar, yang memungkinkan hasil lebih relevan bagi pengguna seluler.

Dalam algoritmanya, pihak Google melakukan evaluasi situs berkala secara privat terhadap kesiapan sebuah situs dan melakukan pengindeksan terhadap konten-konten yang sudah mobile friendly. Proses dan perubahan-perubahan itu pun diawasi dengan ketat oleh para tim penelusuran yang bertanggung jawab.

BACA JUGA : Langkah Awal Memulai Email Marketing untuk Pemula

Jika situs Anda sudah mobile-friendly, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Namun, Google memang memiliki beberapa pedoman untuk pemilik situs yaitu:

  • Pastikan situs versi seluler juga memiliki konten penting berkualitas tinggi. Ini termasuk teks, gambar (dengan atribut alt), dan video-dalam format yang dapat dirayapi dan diindeks seperti biasa.
  • Data terstruktur penting untuk fitur pengindeksan dan penelusuran yang disukai pengguna: harus ada di versi seluler dan desktop situs. Pastikan URL dalam data terstruktur diupdate ke versi seluler di halaman seluler.
  • Metadata harus ada di kedua versi situs. Ini memberikan petunjuk tentang konten pada halaman untuk pengindeksan dan penyajian. Misalnya, pastikan judul dan deskripsi meta sama di kedua versi dari semua halaman di situs.
  • Jika Anda memiliki situs seluler dan web yang terpisah seperti m.-dot, maka tidak diperlukan adanya perubahan. Untuk situs yang menggunakan URL seluler terpisah, pertahankan tautan rel = canonical dan tautan rel = alternate yang ada di antara versi-versi ini.

BACA JUGA : 7 Rahasia Ampuh Menjadi Brand Unik Anti Plagiat

  • Periksa tautan hreflang di URL seluler terpisah. Saat menggunakan elemen link rel = hreflang untuk internasionalisasi, tautkan antara URL seluler dan desktop secara terpisah. Hreflang URL seluler Anda harus mengarah ke versi bahasa/wilayah lain di URL seluler lain, dan menautkan desktop dengan URL desktop lain menggunakan elemen tautan hreflang di sana.
  • Pastikan server yang menjadi tempat hosting situs memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani tingkat crawling yang berpotensi meningkat. Proses crawling dan indexing tidak akan terasa berat oleh user ketika situs sudah memakai desain yang responsif dan ramah untuk semua perangkat seluler. Berbeda jika masih menggunakan dua host yang terpisah seperti m.example.com, maka selama proses crawling dan indexing, akan sedikit memberatkan server. Untuk itu, pastikan server memiliki kapasitas yang cukup kuat untuk menangani hal tersebut.

BACA JUGA : Optimasi Pemasaran Afiliasi Lewat Thread Twitter

  • Baik menggunakan host yang terpisah atau berupa situs responsif, ada baiknya jika Anda memberikan keamanan lebih pada konten website Anda. Caranya dengan menambahkan sertifikat SSL pada website. Saat ini, sudah banyak penyedia jasa SSL murah yang bisa Anda beli.

Mengapa Konten Anda Harus Mobile Friendly?

1. Kebanyakan Orang Memilih untuk Menggunakan Ponsel Daripada Desktop

Semakin banyak orang menggunakan ponsel cerdas dan tablet selama bertahun-tahun sehingga Anda ingin memastikan mereka dapat mengakses bisnis Anda melalui perangkat seluler mereka.

2. Mengurangi Waktu Muat

Salah satu alasan mengapa orang meninggalkan situs lebih cepat adalah karena waktu muatnya yang lama. Untuk menghindari hal tersebut serta dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik, Anda dapat mengoptimalkannya dengan mengubah menjadi responsive website yang memiliki tampilan mobile friendly.

BACA JUGA : Cara Efektif Membangun Personal Branding Menggunakan LinkedIn

Sebab, situs yang lebih ramah terhadap gadget apa pun akan memiliki waktu muat yang relatif lebih cepat sebab, konten image, video atau source di dalamnya relatif memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga untuk menampilkannya tidak membutuhkan waktu lama.

3. Anda Akan Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Sekitar 40% lalu lintas ke sebagian besar situs web sekarang berasal dari telepon seluler. Artinya, hampir setengah dari target pasar Anda membutuhkan situs web yang sesuai untuk seluler agar lebih mudah terhubung dengan bisnis Anda.

4. Manfaat SEO: Google Memberi Anda Peringkat Lebih Tinggi

Alasan lain mengapa Anda memerlukan situs yang dioptimalkan untuk seluler adalah karena itu memudahkan orang menemukan Anda dalam penelusuran online. Google mengumumkan bahwa mulai 21 April 2015 algoritma barunya mendukung situs web yang responsif seluler. Selain itu, dengan cara ini Anda tidak akan dihukum karena memiliki konten duplikat.

5. Mempermudah Pengelolaan Konten Anda

Memiliki situs web yang ramah seluler memungkinkan Anda menghemat waktu, energi, dan sumber daya untuk menerbitkan konten Anda secara online. Selain itu, salinan duplikat konten Anda hanya berpengaruh pada peringkat penelusuran Anda, jadi lebih baik memiliki satu situs web dan mengembangkan desain responsif.

6. Pengguna Seluler Adalah Pembeli yang Lebih Besar

Karena generasi yang bergerak cepat saat ini, ada kebutuhan dasar agar orang-orang diberi tahu secara instan. Salah satu manfaat pengoptimalan seluler adalah membuat pengguna seluler ingin membaca ulasan produk dan membandingkan merek lebih cepat dan membeli kapan pun mereka mau atau perlu.

BACA JUGA : Peran Website dalam Dunia Bisnis Online

7. Pembagian Media Sosial Sangat Besar di Perangkat Seluler

Menggunakan perangkat seluler memudahkan pengunjung situs web untuk berbagi postingan, gambar, dan video yang menarik dengan teman. Perhatikan bagaimana tombol media sosial ada di mana-mana saat Anda menjelajah dengan ponsel Anda? Jika tidak, kata BERBAGI ditampilkan secara mencolok di artikel.

8. Biaya Perawatan Lebih Rendah

Situs web responsif seluler mungkin dikenakan biaya di muka, tetapi biaya pemeliharaannya pasti jauh lebih rendah. Misalnya, Anda tidak perlu memformat ulang, menggandakan, atau menambahkan fitur ke konten dua kali, seperti yang akan Anda lakukan jika menggunakan desktop dan situs seluler.

9. Tautan Balik yang Lebih Baik

Selain peringkat mesin pencari yang lebih baik, URL unik menghasilkan pengaturan penautan yang lebih kuat. Semua tautan balik Anda akan mengarah ke domain yang sama, bukan dipisahkan antara situs web desktop dan situs web seluler.

10. Akan Membantu Situs Web Anda Mempersiapkan Masa Depan

Seperti yang disebutkan, semakin banyak orang yang memilih ponsel pintar dan menggunakan tablet. Memberikan layanan yang mereka butuhkan untuk terus menggunakan situs web Anda merupakan pemikiran bisnis yang baik.

Usai mengetahui mengapa Google lebih mengutamakan konten-konten situs yang mobile friendly, kini saatnya untuk Anda mulai menyiapkan situs dengan desain yang lebih ramah terhadap semua perangkat, baik mobile ataupun desktop.

BACA JUGA : 7 Ide dan Tips Digital Marketing untuk Budget Terbatas

Jika kesulitan membuat sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website yang sudah banyak dijumpai, mulai dari jasa pembuatan website toko furniture hingga website toko baju. Banyak yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mencari yang berada di sekitar tempat tinggal Anda dan konsultasikan keinginan Anda. Semoga bermanfaat.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P