Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape

Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape

280
0
SHARE

Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape – Tulisan ini mimin buat karena sudah lelah dengan pertanyaan dari para pembaca soal kamera di hape. Rata-rata pengguna awam beranggapan bahwa semakin besar angka megapixel pada kamera, maka hasilnya akan semakin bagus. Benarkah demikian? Hemm…

Apakah besarnya megapixel di kamera hape akan menentukan kualitas hasil foto?

Sebetulnya ini tuh salah kaprah banget yaa. Oke, maklum sih, kan nggak semua orang ngerti soal fotografi. Dan jujur, dulu mimin pun pernah berpikir demikian. Namun setelah mencari tau sedikit demi sedikit dengan MEMBACA, (yang pastinya bukan memaca berita hoax) dan MENCARI TAU KEBENARAN (supaya tau info yang benar dan yang salah), akhirnya mimin pun dapat menemukan jawaban yang benar.

Nah di blog Techijau.com ini, mimin akan berbagi tentang apa yang mimin tau mengenai hal yang sudah mimin sebutkan diatas tadi. Jadi, silakan disimak yaa! Dan tolong, JANGAN MALAS MEMBACA yaa kalau memang kalian ingin benar-benar tau.

Apa Yang Mempengaruhi Hasil Foto di Kamera Hape?

Apa yang mempengaruhi hasil foto kamera hapeSebenarnya mungkin ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas hasil foto dari kamera hape, namun disini mimin hanya akan membeberkan sedikit saja berdasarkan apa yang mimin ketahui, diantaranya adalah :

  • Ukuran “Megapixel”
  • Jenis sensor dan ukurannya
  • Lensa
  • Prosesor & Pengoptimalan software

1. Megapixel

Ukuran dalam besaran megapixel pada kamera memang bisa dibilang penting. Tapi, kalau ada yang menganggap bahwa semakin besar megapixel pada kamera, maka hasilnya akan semakin baik, itu jelas salah! Kamu mesti tau dulu apa itu megapixel pada kamera.

Singkatnya, besaran megapixel pada kamera adalah besaran ukuran gambar yang bisa ditangkap oleh sensor kameranya. Semakin besar, maka hasilnya akan semakin tajam. Tajam disini maksudnya gimana? Oke, perhatikan gambar dibawah ini. Foto di sebelah kiri diambil dengan settingan megapixel yang lebih besar, sedangkan yang disebelah kanan diambil dengan settingan megapixel lebih kecil. Dan kedua foto ini diambil dengan kamera yang sama.

Fitur super resolution Zenfone 3
Super Resolution

Foto diatas merupakan bagian kecil dari foto utuh yang diambil (sudah di crop). Jadi bisa kita lihat bahwa megapixel yang lebih besar akan menghasilkan foto yang lebih tajam KHUSUSNYA JIKA SUDAH DI CROP atau di Zoom.

BACA JUGA : Perbedaan Optical Zoom dengan Digital Zoom

Intinya, megapixel ini hanya soal ukuran gambar. Gambar dengan jumlah pixel yang lebih sedikit, pasti akan terlihat pecah jika di zoom. Sedangkan gambar yang punya jumlah pixel lebih banyak, maka gambarnya akan masih terlihat tajam meski sudah di zoom dengan batas tertentu. Lebih lengkap soal megapixel, bisa kamu baca pada link yang mimin sematkan diatas yaa.

So, jangan kaget kalau kemudian kamu menemukan bahwa hasil foto dari hape dengan kamera ber-megapixel lebih kecil bisa lebih baik (dalam hal kualitas keseluruhan) daripada kamera ber-megapixel lebih besar dimana mimin juga pernah menemui hal seperti itu saat melakukan uji pakai smartphone. Dan jangan ada lagi pertanyaan macam “Kok hasil fotonya beda ya? Padahal kameranya sama-sama sekian megapixel?”.

2. Sensor dan Ukurannya

Jangan dipikir sensor yang dipakai tiap hape itu pasti sama yaa. Perbedaan penggunaan sensor ini adalah salah satu faktor utama apakah foto dapat diambil dengan baik atau tidak. Bahkan di satu brand yang sama, sensor yang digunakan hampir pasti berbeda di tiap tipenya. Misalnya, merk ABC punya produk dengan tipe A1 dan B1 dengan angka megapixel yang sama pada spek kameranya.

Kamera hape yang bagusNamun ternyata, sensor yang digunakan mempunyai kualitas yang berbeda, sehingga jangan heran kalau ternyata hasilnya pun bakal berbeda dalam keadaan tertentu. Ukuran sensor juga sangat mempengaruhi kualitas foto khususnya di area pencahayaan minim. Semakin besar ukuran sensornya, maka seharusnya bisa menangkap cahaya lebih banyak, sehingga hasil fotonya bisa lebih terang dengan noise yang sedikit. Eits, kalo soal kecerahan ini juga dipengaruhi oleh hal lain loh, seperti aperture misalnya.

BACA JUGA : 3 Hal Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto

Tapi sekarang ini, sudah dikembangkan sensor kamera hape dengan ukuran “standar” namun dapat menangkap cahaya lebih baik berkat teknologi yang diterapkannya. Sekali lagi, kualitas sensor itu sendirilah yang menentukan baik tidaknya hasil foto yang ditangkap. Baik atau tidaknya ini termasuk dalam hal warna, kecerahan, dan juga kontras.

3. Lensa

Sensor yang bagus, jika tak menggunakan lensa yang berkualitas baik, maka hasilnya pun takkan maksimal. Maka, jangan heran (lagi) kalau hasil foto dari hape yang berbeda bisa tak sama kualitasnya meskipun menggunakan spek sensor yang sama persis. Alasan penghematan biaya biasanya menjadi alasan vendor untuk memilih lensa yang berbeda, pun demikian dengan perbedaan terhadap pemilihan sensor kamera.

Yang mempengaruhi kualitas foto hapeDan yang tak kalah penting, pelindung lensa (lapisan terluar) pada kamera itu sendiri juga sangat mempengaruhi hasil foto loh! Sebagian vendor sudah menggunakan pelindung yang kuat dan jernih seperti saphire misalnya, agar lensa tak mudah tergores. Namun sebagian lain mungkin hanya membekali perangkatnya dengan pelindung lensa berbahan semacam plastik, yang tentu saja dengan alasan untuk menghemat biaya produksi agar harga jualnya murah.

Jika pelindung lensa ini ternyata tergores, meskipun tipis-tipis tapi pengaruhnya juga bisa sangat besar loh. Intinya, semakin baik kualitas lensa dan pelindungnya, maka hasil foto yang di dapat pun dapat lebih jernih dan maksimal.

4. Prosesor dan Software

Hehe, jangan salah! Untuk sekedar ngambil foto, hape kita ini punya unit prosesor khusus agar hasilnya bisa optimal. Tapi setau mimin, biasanya sih prosesornya ini sudah menjadi satu paket dengan chipset yang digunakan.

Nah setelah gambar diambil oleh sensor dan diteruskan ke prosesor, selanjutnya software akan memainkan peranannya untuk mengolah signal yang ditangkap oleh sensor tersebut menjadi sebuah gambar. Entah bagaimana, tapi pengoptimalan di sisi software ini juga pengaruhnya lumayan besar loh.

Mimin berkata demikian karena beberapa kali mimin mendapati hasil foto dengan “rasa” yang sedikit berbeda setelah menerima update software pada hape yang mimin gunakan. Jadi sekarang sudah paham kan kenapa hasil foto dari kamera hape bisa berbeda meskipun megapixel nya sama?

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa spesifikasi kamera yang ada tidak bisa dijadikan patokan apakah hasil foto dari suatu hape bakal bagus atau tidak, apalagi kalau cuma berpatokan pada ukuran megapixelnya saja.

Tapi mungkin kita bisa mendapatkan perkiraan kasarnya kalau sudah mengetahui sensor apa yang digunakan, serta lensa (dan pelindungnya) yang melengkapinya. Namun sekali lagi, itu cuma gambaran kasar alias perkiraan diatas kertas saja. Sehingga, perlu dilakukan pengujian langsung untuk mengetahui lebih lanjut. Di blog Techijau.com ini mimin juga biasa membuat pengujian kamera dari hape yang mimin review kok, coba cek aja di kategori Fotografi.

Tapi perlu dicatat yaa. Meski ternyata hapemu sudah menggunakan sensor terbaik, software paling oke dan sebagainya, bukan berarti tiap foto yang kamu tangkap bakal bisa otomatis keren. Karena ada faktor-faktor diluar itu yang juga bisa mempengaruhi hasil foto, misalnya pencahayaan dan teknik pengambilan gambarnya.

BACA JUGA : Tips Fotografi Menggunakan Kamera Hape ala Mimin Techijau

Oke deh, mimin rasa udah cukup sekian dulu nih untuk posting kali ini. Semoga bisa jadi pencerahan buat kalian yaa! Dan kalau misalnya ada hal yang perlu ditambahkan atau mungkin dikoreksi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY