Megapixel Besar Buat Apa? Berikut Penjelasannya!

Megapixel Besar Buat Apa? Berikut Penjelasannya! – Saat ini sudah ada banyak sekali smartphone yang menawarkan kamera dengan megapixel yang besar. Tak tanggung-tanggung, kamera dengan resolusi 64 megapixel pun seakan sudah menjadi standar baru bagi smartphone kelas menengah hingga keatas. Bahkan tak sedikit pula vendor hape yang menawarkan produknya dengan kamera lebih dari 100 megapixel.

Hal ini membuat mereka yang masih menggunakan kamera beresolusi 12 hingga 16 megapixel dijadikan sebagai bahan ledekan. Karena masih banyak orang yang menganggap bahwa semakin besar megapixel pada kamera, maka hasil foto akan semakin bagus. Padahal, itu nggak 100% benar ya. Dan bahkan saya berani beranggapan bahwa resolusi (megapixel) kamera yang sangat besar itu tak lebih dari sekadar gimmick untuk menarik minat konsumen.

Demi meluruskan anggapan yang sudah terlanjur beredar tersebut, disini saya akan memberikan sedikit penjelasan sederhana mengenai apa itu resolusi atau megapixel pada kamera. Entah itu kamera smartphone, mirrorless, dslr, maupun kamera lain termasuk action cam.

Megapixel besar buat apaKata “mega” pada “megapixel” itu artinya adalah jumlah pixel dalam jutaan. Misalnya nih, jika kamera tersebut disebut memiliki resolusi 1 megapixel, maka sensornya akan mampu menangkap dan menghasilkan gambar dengan total 1 juta pixel. Kalau 13 megapixel? Ya berarti akan ada 13 juta pixel dalam foto yang dihasilkan tersebut.

Pixel sendiri adalah kotak-kotak sangat kecil yang akan disusun dan dijadikan satu, untuk dapat menampilkan sebuah gambar. Silakan cek video dibawah supaya nanti lebih paham yaa. Coba kamu perhatikan keterangan yang terdapat di setiap foto yang kamu tangkap dengan smartphone mu. Lihatlah bagian detail, lalu nanti akan muncul keterangan resolusi yang bertuliskan sekian pixel dikali sekian pixel.

Misal fotomu itu punya resolusi 1000×1000 pixel, maka itu artinya foto yang dihasilkan adalah 1 megapixel. Karena hasil dari 1000×1000 pixel adalah 1 juta pixel. Dari sini paham?

Megapixel yang besar akan menghasilkan gambar yang lebih detail alias lebih tajam. Akan tetapi, ia sama sekali tidak mempengaruhi keindahan foto. Seperti misalnya dari segi warna, kecerahan, ataupun dynamic range, itu sama sekali nggak ada kaitannya dengan megapixel pada kamera. Karena sekali lagi, megapixel pada kamera itu adalah ukuran foto (dalam pixel) yang bisa ditangkap dan dihasilkan oleh kamera.

Nah, ada banyak hal lain yang mempengaruhi bagus atau tidaknya hasil foto. Termasuk diantaranya adalah sensor kameranya, lensa yang digunakan, hingga pengoptimalan software yang digunakan untuk memproses foto. Pengoptimalan software disini termasuk soal bagaimana kamera akan meracik settingan ISO dan shutter speed secara otomatis, untuk mendapatkan hasil foto dengan kecerahan yang pas.

Masih belum kebayang soal apa itu megapixel? Semoga video yang sudah saya buatkan ini bisa membantu untuk menjelaskan.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P