Apa Itu Bug Pada Android?

Apa Itu Bug Pada Android? – Kalau kamu adalah salah satu pengguna baru smartphone (khususnya Android) maka pasti kamu akan menemukan banyak sekali istilah-istilah yang mungkin asing bagi kamu terutama jika sebelumnya kamu masih sangat awam akan dunia teknologi. Dan karena kamu sudah menggunakan smart device (perangkat pintar) maka alangkah baiknya jika kamu juga memahami istilah-istilah yang berkaitan dengannya agar kamu juga menjadi smart user (pengguna pintar). Nah pada posting kali ini, Techijau.com akan sedikit membahas tentang salah satu istilah yang cukup sering disebutkan dan di dengar di dunia teknologi, yaitu Bug.

Jika diartikan dalam arti yang sebenarnya, dalam bahasa Indonesia kata “bug” berarti serangga pengganggu (sering dikaitkan dengan kutu). Lalu apa kaitannya dengan teknologi? Nah saya akan sedikit menjelaskan tentang sejarah penamaan dan penggunaan istilah bug ini. Menurut Wikipedia, pada jaman dahulu (sekitar tahun 1945) ketika sebuah komputer masih memiliki ukuran sebesar kamar, pihak militer di Amerika Serikat menggunakan komputer “raksasa” tersebut dan dinamakan “Mark 1”.

Nah pada suatu ketika, komputer tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Dan setelah komputer tersebut diperiksa, ternyata ada seekor serangga yang tersangkut di salah satu bagian dari perangkat keras komputer. Sehingga komputer tidak dapat bekerja dengan semestinya. Sejak itulah istilah “bug” (kutu) sering digunakan jika terjadi masalah pada komputer.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan banyaknya perangkat canggih, istilah ini masih digunakan sampai sekarang meski hampir tidak mungkin seekor serangga mampu masuk (dan tersangkut) ke dalam sebuah perangkat mungil seperti smartphone yang kita gunakan misalnya.

Istilah ini digunakan untuk mengungkapkan bahwa terdapat sebuah kesalahan alias error pada perangkat, khususnya perangkat lunak atau software yang menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat bekerja atau berfungsi dengan semestinya. Software yang dimaksud disini bisa di level sistem, atau bisa bug pada aplikasi yang kita install. Termasuk aplikasi macam game pun juga bisa memiliki bug.

Tidak ada standar bagaimana suatu perangkat bisa dikatakan memiliki bug. Yang pasti jika terdapat sesuatu yang janggal, tidak beres, atau perangkat tidak bekerja dengan semestinya, maka bisa disebut bahwa perangkat tersebut memiliki bug.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya bahas soal apa itu bug. Untuk menemukan berbagai istilah lain, silahkan telusuri beberapa artikel terkait yang terdapat dibawah posting ini atau kamu bisa jelajahi artikel lain yang terdapat di blog ini. Semoga bermanfaat 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P