Ini Maksud Dari Kata “Bug” Dalam Dunia Teknologi!

Ini Maksud Dari Kata “Bug” Dalam Dunia Teknologi! – Sebenarnya istilah ngebug itu sudah lama ada dalam dunia teknologi. Namun baru-baru ini saja istilah tersebut jadi lebih sering disebut dan didengar. Karena semakin banyak orang yang menggunakan smartphone. Yang notabene merupakan sebuah ponsel berteknologi mutakhir.

Di tulisan ini saya ingin memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu ngebug. Agar kita dapat mengerti maksud ketika ada orang yang menyebut istilah tersebut. Baiklah, kita mulai dari sejarah penyebutan istilah “bug” terlebih dahulu. Yang mana “bug” ini merupakan kata dasar dari istilah “ngebug” yang saat ini sering digunakan.

Arti Kata “Bug” Dalam Dunia Teknologi

Apa itu ngebug?

Jadi gini.. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia dan arti yang sebenarnya, “bug” itu adalah serangga. Atau lebih merujuk kepada serangga pengganggu, dan seringnya dikaitkan dengan kutu. Nah, alasan mengapa “bug” digunakan sebagai istilah dalam dunia teknologi adalah karena ia punya sejarahnya sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama, jaman dulu ukuran dari sebuah komputer itu bisa sebesar kamar. Salah satunya adalah “Mark 1”, sebuah komputer berukuran sangat besar milik militer Amerika Serikat.

Suatu ketika, komputer raksasa tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Dan setelah diperiksa, ternyata ada seekor serangga yang tersangkut di salah satu bagian dari hardware komputer. Sehingga komputer tidak dapat bekerja dengan semestinya. Sejak itulah istilah “bug” (serangga) sering digunakan jika terjadi masalah pada komputer.

Seiring dengan berkembangnya zaman, istilah ini masih digunakan sampai sekarang. Meski hampir tidak mungkin ada seekor serangga mampu masuk (dan tersangkut) ke dalam sebuah perangkat mungil seperti misalnya laptop yang kita gunakan. Dan istilah bug ini bukan hanya berlaku pada komputer dan atau laptop saja, tetapi juga digunakan pada perangkat lain termasuk smartphone.

Istilah ini digunakan untuk mengungkapkan bahwa terdapat sebuah kesalahan alias error pada perangkat. Namun seringnya, ia merujuk pada kesalahan pada level perangkat lunak alias software. Yang menyebabkan si perangkat atau program yang sedang dijalankan tidak dapat bekerja dengan semestinya. Dan program yang dimaksud di sini adalah aplikasi, ataupun game yang sedang kita mainkan.

BACA JUGA : Bedanya Software dan Hardware

Tidak ada standar bagaimana suatu perangkat bisa dikatakan memiliki bug. Yang pasti jika terdapat sesuatu yang janggal, tidak beres, atau perangkat tidak bekerja dengan semestinya, maka bisa disebut bahwa perangkat tersebut memiliki bug.

Jadi, Ngebug Adalah ..

Nah, setelah tau kata dasar dan juga sejarahnya, kita jadi tau bahwa ngebug artinya adalah ada sesuatu yang janggal dari program ataupun game yang sedang berjalan. Kalau dalam game PUBG Mobile, contoh bug yang pernah saya alami sendiri adalah ketika terjun dan parasut terbuka. Pas sudah menyentuh tanah, eh parasutnya nggak hilang. Terus karakternya malah meluncur cepat dengan parasut yang masih terpasang sampai entah kemana. Setelah jauh, baru parasutnya hilang.

Dan istilah ngebug ini juga berlaku pada berbagai game lain ya. Entah itu game FreeFire (FF), ML, atau yang lainnya. Kalau ada yang tidak beres, maka bisa dibilang, ketidakberesan tersebut adalah bug di dalam game.

Tapi, bug ini berbeda dengan lag (ngelag) dan juga cheat ya. Dan kedua istilah ini akan saya bahas pada posting lainnya. Semoga bermanfaat 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P