Arti Istilah Crop Yang Sering Kita Dengar

Arti Istilah Crop Yang Sering Kita Dengar – Oke, kali ini saya akan menjelaskan apa arti dari cropping atau “crop” yang cukup sering disebut oleh netizen. Sebelum melanjutkan, kita mesti translate dulu nih kata “crop” tersebut.

Crop itu bisa memiliki dua arti. Yang pertama adalah tanaman, dan yang kedua adalah memotong sesuatu. Dalam artikel ini, crop yang kita bahas adalah yang punya arti (kata kerja) memotong. Karena kalau di Indonesia, biasanya istilah ini lebih sering digunakan pada sesuatu yang berkaitan dengan gambar, fotografi, ataupun video.

Jadi sederhananya, arti cropping dalam bahasa Indonesia adalah memotong sebuah gambar, foto, ataupun video. Memotong yang dimaksud di sini adalah dengan membuang bagian tertentu dalam sebuah foto atau gambar. Contoh ilustrasinya adalah seperti pada gambar berikut ini:

1. Gambar/foto asli yang belum dicropping.

Apa itu crop2. Preview pada saat gambar akan dicrop dalam proses pengeditan.

Arti cropping foto3. Hasil setelah gambar dicropping.

Crop adalahBiasanya, tujuan orang melakukan cropping gambar adalah agar gambar atau foto dapat menunjukkan atau menonjolkan objek utama di dalam gambar, dengan membuang bagian yang dirasa tidak perlu.

Dalam contoh foto di atas, objek utamanya adalah kucing. Lalu, kita melakukan sedikit cropping agar kucing tersebut dapat terlihat lebih menonjol di dalam foto. Dalam hal fotografi, cropping juga bisa diartikan sebagai digital zoom digital zoom (bukan optical zoom).

Hal yang sama juga berlaku pada gambar, ataupun video. Misalnya, kita mengambil sebuah screenshot screenshot sebuah percakapan (chat) via WhatsApp. Namun, kita hanya ingin menunjukkan bagian tertentu yang penting-penting saja, dan tidak ingin bagian lainnya terbaca karena bersifat pribadi. Maka, kita bisa melakukan cropping pada screenshot tersebut, dengan memotong atau membuang bagian yang tak ingin kita perlihatkan.

Cropping juga berguna ketika kita ingin menjelaskan sesuatu, ataupun membuat tutorial dengan tambahan gambar sebagai pelengkap. Agar orang bisa berfokus pada bagian mana yang harus diperhatikan dalam gambar yang kita sertakan dalam penjelasan / tutorial tersebut.

Nah, itulah penjelasan sederhana mengenai apa itu crop. Yang berlaku pada dunia fotografi, ataupun olah gambar digital. Kalau kamu ingin tau soal istilah lain yang berkaitan dengan teknologi, kamu bisa menemukannya pada blog techijau.com ini pada kumpulan tulisan di kategori istilah dalam teknologi istilah dalam teknologi. Semoga bermanfaat! 🙂

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P