Game Sedang Maintenance? Artinya Apa Sih?

Game Sedang Maintenance? Artinya Apa Sih? – Game yang sedang maintenance adalah salah satu momen yang paling menyebalkan bagi para pemain. Saat mood lagi pengen cari hiburan lewat game, eh ternyata game nya nggak bisa dimainkan karena maintenance.

Tapi walau menyebalkan, taukah kamu, bahwa ternyata maintenance itu amat sangat penting bagi sebuah game? Untuk lebih jelasnya, di sini saya akan sedikit membahas tentang apa itu maintenance dalam game, serta kenapa maintenance itu wajib. Nggak perlu basa-basi lagi, langsung aja kita bahas dari segi pengertiannya terlebih dahulu!

Apa Itu Maintenance?

Apa itu maintenance dalam game
Vector created by studiogstock – www.freepik.com

Setiap game yang terhubung via online, biasanya harus melakukan maintenance secara terjadwal. Bisa seminggu sekali, dua minggu sekali, ataupun sebulan sekali. Dalam bahasa Indonesia, maintenance artinya adalah “pemeliharaan”. Dalam hal ini, biasanya akan merujuk pada pemeliharaan server dalam game. Silakan baca tulisan sebelumnya untuk mengetahui tentang apa itu server dalam game beserta peranannya.

Jika disederhanakan, maksud dari pemeliharaan server alias maintenance ini adalah, tim publisher game akan melakukan sesuatu terhadap server yang digunakan. Dan sesuatu yang dimaksud itu juga bisa bermacam-macam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Backup, atau Menghapus Data

Sebuah game online, pasti akan dan harus mengingat progress yang telah dicapai oleh kita sebagai pemain. Misalnya adalah, rank yang sudah kita capai, berapa poin K/D dari karakter kita, item apa yang kita dapat atau beli dalam permainan, semuanya itu harus diingat oleh server game. Progress yang sudah diingat itu, akan disimpan dalam penyimpanan (storage) server.

Nah, saat game sedang maintenance, salah satu hal yang dilakukan oleh tim yang bekerja dalam game adalah mem-backup semua data tersebut ke penyimpanan yang lain. Hal ini bertujuan sebagai tindakan pencegahan jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap server. Jadi kalau misal server mendadak rusak karena satu dan lain hal, mereka masih punya data cadangan. Sehingga, data dari progress dari permainan kita tidak hilang begitu saja.

Ya kalau misal yang hilang cuma progress rank atau skin sih mungkin nggak terlalu masalah ya. Yang jadi masalah adalah kalau ternyata game tersebut sifatnya open world. Yang mana jika semua data yang tersimpan di dalam server tidak terselamatkan alias hilang, maka sia-sia sudah semua progress farming dan grinding yang sudah susah payah diperoleh. Maka, melakukan backup amatlah penting bagi kita sebagai pemain.

Selain itu, terkadang mereka juga harus menghapus beberapa data tidak penting yang tersimpan di dalam server. Agar tidak terlalu membebani penyimpanan pada server.

  • Menambah atau Mengubah Fitur Dalam Game

Server yang diputus untuk maintenance, biasanya juga akan dimanfaatkan oleh publisher game untuk menambahkan atau mengubah fitur-fitur yang terdapat di dalam game. Makanya, jangan heran kalau update dan perubahan dalam game itu biasanya terjadi setelah maintenance. Entah itu perubahan tema untuk event, item baru, skin baru, skill baru, map baru, atau yang lainnya.

  • Memperbaiki Bug Dalam Game

Terkadang, dalam game akan terdapat bug yang bisa mengganggu jalannya permainan. Kalau tidak diatasi, bisa saja bug tersebut akan membuat pemain jadi tidak nyaman. Maka, demi menjaga kenyamanan pemain, setiap bug yang ditemukan haruslah diperbaiki oleh para developer game. Dan dalam game online, biasanya perbaikan bug akan dilakukan pada saat server sedang offline untuk maintenance. Silakan baca tulisan sebelumnya untuk melihat penjelasan tentang apa itu bug.

Kenapa penambahan atau perubahan fitur serta perbaikan bug harus dilakukan saat maintenance? Kenapa servernya tidak dibiarkan menyala saja agar pemain bisa terus online tanpa harus menunggu waktu maintenance?

Kemungkinan besar, hal itu dilakukan agar pemain tidak merasakan gangguan jika memaksa untuk tetap online pada saat maintenance. Yang mana gangguan-gangguan yang terjadi itu, bisa saja membuat game mengalami crash. Walau mungkin karakter kita sedang dalam keadaan AFK sekalipun. Jadi, daripada dipaksakan dan membuat pemain tidak nyaman, serta berpotensi menimbulkan masalah-masalah baru, lebih baik sekalian diputus saja servernya.

Sebenarnya bisa saja maintenance dilakukan tanpa memutus server game. Seperti yang dilakukan oleh game Warframe. Akan tetapi, biasanya hal itu dilakukan jika mereka hanya melakukan perubahan-perubahan kecil saja.

Akhir Kata …

Nah, itulah arti dan sedikit penjelasan soal apa itu maintenance. Perlu diketahui juga bahwa terkadang, sang publisher game akan melakukan maintenance dadakan diluar jadwal rutinnya, jika ternyata ditemukan masalah yang urgent dan mesti cepat diperbaiki. Jadi kalau misal game favorit kamu sedang offline untuk maintenance, jangan ngamuk dulu yaa. Karena proses maintenance itu tidak lain adalah untuk selalu menjaga agar jalannya permainan terasa baik tanpa kendala.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P