Beranda Pengetahuan Dasar Amankah Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Secara Terus Menerus?

Amankah Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Secara Terus Menerus?

0

Amankah Menggunakan Laptop Tanpa Baterai Secara Terus Menerus? – Kita semua tau bahwa setiap laptop pastilah memiliki sebuah baterai di dalamnya. Tujuannya adalah agar ia bisa digunakan di mana saja, tanpa harus terhubung dengan daya listrik dari stop kontak. Hal ini karena memang laptop merupakan sebuah perangkat komputer portable, yang dirancang untuk bisa dibawa-bawa.

Akan tetapi, pasti akan ada saat di mana baterai laptop mulai rusak, hingga bahkan tidak bisa digunakan lagi. Hal ini memang sangat wajar terjadi jika ternyata laptop sudah dipakai lebih dari satu tahun. Dan perlu diketahui juga bahwa umur baterai laptop sendiri bisa bervariasi, tergantung daripada perilaku pemakaian kita dan juga berbagai faktor lainnya.

Kalau sudah demikian, sebagian orang mungkin akan berpikir untuk melepas baterai laptop. Karena memang dalam keadaan baterai yang rusak, laptop harus terus terhubung dengan charger jika kita ingin mengoperasikannya. Alasan mengapa orang ingin melepas baterai laptop bisa bervariasi. Ada yang menginginkan agar bobot laptop bisa menjadi lebih ringan, ada pula yang takut bahwa baterai yang sudah rusak itu akan membawa “penyakit” baru jika terus dibiarkan terpasang. Lagipula, toh baterainya juga sudah tidak berguna lagi, kan?!

Apapun alasannya, ada dua hal penting yang mungkin akan dipertimbangkan sebelum benar-benar melepas baterai laptop. Pertama adalah, apakah laptop bisa menyala tanpa baterai jika langsung dihubungkan ke charger? Dan kedua, apakah hal itu aman untuk dilakukan?

Apakah Aman Menggunakan Laptop Tanpa Baterai?

Apakah aman menggunakan laptop tanpa bateraiMenjawab pertanyaan yang pertama tadi, bisa saya pastikan bahwa iya, laptop bisa menyala walau baterainya dilepas. Jadi, selama laptop masih terhubung ke daya listrik melalui perantara charger, maka tanpa baterai sekalipun, laptop bisa menyala dan beroperasi dengan normal.

Namun, apakah aman menggunakan laptop tanpa baterai untuk jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya pribadi, bisa saya katakan bahwa hal ini juga tergolong sangat aman. Bahkan praktik menggunakan laptop tanpa memasangkan baterai sudah sejak lama dilakukan oleh para pengguna laptop. Khususnya dulu, ketika baterai laptop masih sangat mudah untuk dilepas dan dipasang kembali.

Setidaknya, saya pernah mengoperasikan laptop tanpa baterai dengan menggunakan dua laptop yang berbeda. Dan keduanya tetap bisa beroperasi tanpa kendala selama bertahun-tahun saya menggunakannya tanpa baterai.

Tapi, Melepas Baterai Laptop Juga Bisa Berbahaya!

Perlu dicatat bahwa menggunakan laptop tanpa baterai bisa sangat aman JIKA dalam keadaan normal. Namun jika ternyata di tempat tinggalmu sering mengalami listrik padam mendadak, maka hal itu bisa sangat beresiko bagi kesehatan laptop. Karena jika laptop tengah beroperasi, lalu daya listrik tiba-tiba padam, maka hal itu bisa membuat beberapa hardware laptop menjadi rusak. Entah itu pada bagian HDD, ataupun hardware penting lainnya.

Solusinya?

Jika memang di tempat tinggalmu sering mengalami listrik padam mendadak, maka hanya ada dua solusi yang bisa dipilih. Yang pertama adalah dengan melakukan penggantian baterai. Dalam keadaan listrik padam mendadak, baterai (yang masih sehat) akan berfungsi sebagai sumber energi cadangan yang bisa membuat laptop bisa terus menyala. Sehingga akan terhindar dari resiko-resiko yang bisa terjadi akibat terputusnya aliran listrik ke laptop.

Lalu yang kedua, kita bisa memilih untuk membelikan perangkat bernama UPS. Yang mana UPS ini sendiri punya kemampuan untuk menyimpan sedikit daya listrik. Dan jika ternyata listrik mendadak padam saat kita mengoperasikan laptop, maka laptop masih akan bisa menyala selama beberapa saat dengan menggunakan cadangan tenaga yang disimpan dalam UPS.

Dengan demikian, kita pun masih punya waktu yang cukup untuk menyimpan pekerjaan kita, dan mematikan laptop dengan aman. Namun perlu diketahui bahwa laptop hanya akan bisa bertahan selama beberapa menit saja jika menggunakan cadangan daya dari UPS. Dan tidak sama dengan seperti saat laptop masih punya baterai yang sehat, karena daya yang disimpan oleh UPS ini sangat terbatas.

Biasanya, layar laptop akan meredup jika ia menggunakan cadangan daya dari UPS. Dan perlahan-lahan, layarnya pun akan semakin redup, seiring dengan terkurasnya daya yang disimpan oleh UPS. Ibaratnya, UPS ini hanya akan memberikan sedikit nafas tambahan bagi laptop, saat daya listrik padam. Namun hal ini masih jauh lebih aman karena kita masih punya kesempatan untuk mematikan laptop secara normal.

Jika kamu masih dalam tahap belajar menggunakan laptop, maka saya sarankan bagi kamu untuk membaca kumpulan artikel tentang cara menggunakan laptop untuk pemula. Agar nantinya, kamu bisa lebih mahir dan lebih paham tentang laptop yang kamu gunakan. Atau, kamu mungkin juga akan tertarik untuk membaca tulisan tentang apakah boleh menggunakan laptop sambil terus dicas?

Artikel sebelumnyaApakah Nokia Dragon Benar-benar Ada? Ini Faktanya!
Artikel selanjutnyaApakah Laptop Bisa Dipasangkan Kartu SIM & Diisi Kuota?
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini