Inilah Yang Dimaksud Sebagai App Drawer di Android

Inilah Yang Dimaksud Sebagai App Drawer di Android – Pada posting bertemakan pengetahuan dasar untuk Android, kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu app drawer. Istilah ini memang cukup jarang disebut oleh para pengguna smartphone. Sehingga banyak dari kita yang tidak mengetahui apa atau bagian manakah yang dimaksud sebagai app drawer tersebut.

Saya sendiri baru mengetahui arti dari istilah ini saat membaca berbagai diskusi tentang utak-atik smartphone Android. Lebih tepatnya di tahun 2012, pada saat smartphone Android mulai populer dan menantang dominasi ponsel BlackBerry. Baiklah, cukup nostalgianya, mari kita mulai pembahasan singkatnya!

Apa Itu App Drawer di Android?

App drawer adalah sebuah menu atau halaman pada hp (smartphone) atau tablet Android, yang menampiklan semua aplikasi yang terinstal pada perangkat yang kamu gunakan. Contoh gambar tampilan app drawer adalah sebagai berikut:

App drawer adalah

Pada gambar diatas (bagian yang diberi tanda kotak merah besar) adalah gambar yang menunjukkan bagian mana yang dimaksud sebagai app drawer. Disinilah semua icon dari tiap aplikasi yang terinstal di hp kita akan ditampilkan.

Pada smartphone dan tablet Android modern, kita hanya perlu melakukan swipe ke atas saat sedang berada di halaman muka alias home screen. Maka, hp kita pun akan langsung menuju ke app drawer. Dan jika kamu ingin menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut, kamu tinggal mengklik atau menyentuh icon tersebut sekali saja.

Apa itu app drawer di AndroidSebagian smartphone memiliki UI (user interface) yang tidak benar-benar punya app drawer seperti halnya smartphone Android pada umumnya. Contohnya adalah MIUI yang digunakan oleh perangkat Xiaomi. Sebagai gantinya, mereka akan meletakkan semua aplikasi yang terinstal pada halaman muka alias home screen. Sehingga, kita cukup menggeser layar ke arah kiri atau kanan untuk dapat mencari aplikasi-aplikasi yang ada.

Beberapa orang lebih menyukai konfigurasi seperti ini karena dianggap lebih praktis. Namun sebagian orang lainnya cenderung kurang menyukai konfogurasi UI seperti ini. Karena bisa membuat tampilan home screen menjadi jauh dari kesan simple.

Pada smartphone Android yang menggunakan app drawer pada umumnya, kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diletakkan pada home screen. Tujuannya adalah, agar aplikasi tersebut lebih mudah untuk dicari dan dijangkau. Dengan begitu, tampilan di home screen pun bisa lebih simple.

Sedangkan untuk UI yang tidak benar-benar memiliki app drawer, kesan berantakan akan terasa. Karena semua aplikasi akan diletakkan pada home screen. Belum lagi jika kita ingin memasangkan widget. Agak sulit rasanya untuk membuatnya bisa tampil rapi. Tapi kembali lagi, kalau soal ini sih tergantung selera pribadi masing-masing ya.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang apa itu app drawer pada Android. Entah apapun merk smartphone yang kamu gunakan, mulai dari Samsung, Vivo, Oppo, Infinix, dan lain sebagainya, kalau ditanya soal app drawer, maka yang dimaksud itu ya yang sudah ditunjukkan di atas tadi. Kamu bisa mencari bahasan lain tentang berbagai istilah dalam dunia teknologi di blog Techijau.com ini. Semoga bermanfaat 🙂

Pandu Dryad
Founder techijau.com | Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :)