Mudahnya Mengecek Kapasitas RAM di Laptop Kita

Mudahnya Mengecek Kapasitas RAM di Laptop Kita – Sebelum menginstall sebuah aplikasi,  terkadang kita harus memastikan berapa kapasitas RAM yang terdapat pada laptop ataupun komputer personal (PC) yang kita gunakan. Untuk memastikan apakah kapasitasnya sesuai dengan persyaratan minimum yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Karena kalau ternyata kapasitas RAM nya kurang, bisa-bisa laptop akan terasa ngelag saat sedang menjalankan aplikasi tersebut. Walaupun sebenarnya sih, RAM bukanlah satu-satunya patokan performa dari sebuah laptop. Silakan baca tulisan tentang fungsi dan manfaat RAM besar agar kamu tidak salah kaprah.

Untuk dapat memastikannya, kita bisa mengeceknya secara langsung dengan sangat mudah, tanpa harus menginstal atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara cek RAM laptop atau PC bisa dilakukan dengan dua langkah ini:

1. Ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian di sebelah icon windows. Lalu klik menu dxdiag yang muncul. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara cek RAM laptop2. Jika sudah, perhatikan gambar di bawah ini. Kapasitas RAM dari laptop kita akan terlihat pada bagian “Memory”. Dalam contoh ini, memory alias RAM dari laptop yang saya gunakan adalah 16.384MB, atau sama dengan 16GB. Karena hitungan 1GB itu sama dengan 1000MB.

Dan iya, sebenarnya istilah Memory itu merujuk pada RAM, dan bukan merujuk pada kapasitas penyimpanan yang biasanya berupa HDD ataupun SSD. Selama ini banyak orang yang salah mengira bahwa memory itu sama dengan kapasitas penyimpanan. Padahal, kapasitas penyimpanan itu disebut sebagai “Storage” (bukan ROM).

Melihat kapasitas RAM pada laptopPerlu diketahui bahwa dalam contoh ini, saya menggunakan laptop dengan OS Windows 10. Akan tetapi, seharusnya cara cek RAM laptop dengan Windows 8 ataupun 7 itu tidak jauh berbeda.

Jika kamu adalah seorang pemula alias masih baru belajar menggunakan laptop, ada baiknya kamu membaca postingan yang berkaitan dengan cara menggunakan laptop. Agar nantinya kamu bisa lebih mahir dalam memanfaatkan laptopmu.

Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P