Home Tutorial Sinkron Email Domain Pribadi Agar Bisa Dilihat di Hape Android

Sinkron Email Domain Pribadi Agar Bisa Dilihat di Hape Android

302
0
SHARE

Sinkron Email Domain Pribadi Agar Bisa Dilihat di Hape Android – Melakukan sinkronisasi email agar dapat dengan mudah diakses menggunakan smartphone yang kita gunakan merupakan salah satu hal penting bagi blogger seperti mimin ataupun profesional lainnya. Tujuannya tentu agar email tersebut dapat dibuka dan dibaca kapan saja, tanpa harus duduk di depan PC atau laptop.

Namun terkadang, beberapa pengguna bakal mengalami sedikit kesulitan untuk melakukan sinkronisasi khususnya jika mereka menggunakan email dengan domain pribadi, karena memang setting yang harus dilakukan sedikit lebih ribet dibandingkan dengan setting email gratisan macam Gmail ataupun Yahoo yang dapat dilakukan dengan instan.

Setting email domain pribadi di hape AndroidNah, bagi kamu yang juga sedang mengalami kesulitan untuk melakukan setting email domain pribadi pada hape Android, kamu bisa mengikuti tutorial singkat yang bakal mimin berikan pada posting kali ini. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan aplikasi Gmail untuk dapat melakukannya. Namun kalau kamu ingin menggunakan apps lain, nggak masalah kok! Karena langkahnya kurang lebih akan sama dengan apa yang mimin terangkan disini. Yuk, langsung kita cek langkah-langkahnya!

Setting Sinkronisasi Email Domain Pribadi Pada Hape Android

1. Cari dan buka aplikasi Gmail pada perangkat Android milikmu. Lalu, buka menu option yang terdapat di sebelah kiri atas layar (icon tiga garis bertumpuk) dan perhatikan gambar dibawah ini.

Setting sinkron email domain pribadi pada AndroidKlik pada icon segitiga kecil yang diberi tanda kotak merah diatas untuk melihat akun-akun email yang kita simpan disana. Lalu, pilih Add account (tambahkan akun).

2. Akan muncul menu Set up email, dan pilih Other. Sekarang, masukkan alamat email domain yang sebelumnya sudah kamu buat (misalnya: hai@domainkamu.com) pada cpanel hosting kamu. Sudah? Sekarang klik Next!

Cara agar email domain bisa dibuka di android3. Pada contoh ini, kita akan menggunakan pilihan Personal (POP3) untuk jenis email. Kemudian, barulah kita akan diminta untuk memasukkan password dari email tersebut.

Cara menghubungkan email domain pribadi pada Android4. Sudah? Sekarang login ke hosting yang kamu gunakan untuk domain dari email yang ingin kamu sinkronkan tadi, dan masuklah ke CPanel. Pada section Email, buka menu Email Accounts seperti pada gambar dibawah ini.

Sinkronisasi email domain di hape AndroidSekarang, akan muncul akun-akun email domain yang sudah kamu buat sebelumnya. Pilih alamat email yang ingin kamu sinkronkan dengan hape Android mu, lalu pilih Set Up Mail Client.

5. Akan muncul tampilan setup seperti pada gambar dibawah ini (tampilannya mungkin bisa berbeda, tergantung dari hosting yang digunakan). Pada section Manual Settings, perhatikan tulisan yang diberi kotak berwarna merah pada gambar dibawah ini.

Cara setting email domain di AndroidAkan terdapat keterangan setup untuk Incoming Server (server masuk, untuk menerima email) dan Outgoing Server (server keluar, untuk mengirim email). Nah, cocokkan setting IMAP Port (jika di langkah nomor 3 tadi kamu memilih IMAP) atau POP3 Port (jika di langkah nomor 3 tadi kamu memilih POP3) pada settingan di aplikasi email yang kamu gunakan di perangkat Android milikmu.

Namun untuk aplikasi Gmail versi terbaru, kita tak perlu lagi melakukan setting tersebut, dan kita hanya perlu memasukkan setting Server saja. Pada contoh ini, mimin menggunakan hosting dari Hawkhost. Dan untuk melihat alamat servernya, kita hanya perlu mengintip di form permalink yang ada di browser ketika membuka langkah nomor 5 pada CPanel. Sedangkan untuk Username, gunakan alamat email domain mu yaa. Sudah? Klik Next!

Nah sekarang, aplikasi email akan mulai memeriksa apakah settinganmu sudah benar atau belum. Jika semuanya benar, maka ia akan langsung tampil pada list email yang tersimpan. Untuk memastikan apakah ini bekerja atau tidak, cobalah untuk mengirim satu email percobaan ke alamat yang baru saja kamu sinkronkan dengan hape tadi, dan tunggu apakah ia bisa masuk atau tidak.

Gampang kan? Itulah langkah mudah untuk melakukan sinkronisasi email domain pribadi pada hape Android. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here