ASUS Zenbook S UX393: Laptop Premium Dengan Warna Layar Akurat!

ASUS Zenbook S UX393: Laptop Premium Dengan Warna Layar Akurat! – Di awal tahun 2021 ini ASUS telah resmi meluncurkan beberapa seri laptop ultrabook terbaru dalam lini produk Zenbook. Salah satunya adalah ASUS Zenbook S UX393. Yang merupakan satu dari tiga seri Zenbook yang sudah resmi dibawa ke Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama, seri laptop Zenbook merupakan laptop kelas premium dari ASUS. Dan khusus untuk Zenbook S UX393, adalah seri yang paling premium diantara ketiga Zenbook lain yang diluncurkan berbarengan. Huruf “S” yang disematkan dalam nama laptop ini memiliki dua arti. Yang pertama adalah “Slim” yang berarti ramping, dan yang kedua adalah “Sophisticated” yang bisa diartikan sebagai mewah. Yang mana kemewahan dari laptop ini langsung terlihat pada pandangan pertama.

Keseluruhan body dari laptop tipis dan ringkas dari ASUS ini menggunakan material berbahan Magnesium Alloy. Sebuah material berbobot ringan namun terbukti kokoh. ASUS memadukan penggunaan material ini dengan desain elegan yang memperhatikan detail-detail kecil hingga membuatnya sangat eye-catching.

ASUS Zenbook S UX393 Indonesia

Contohnya bisa kita lihat pada bagian sudut-sudut dari body laptop ini. Di sana terlihat bagaimana ASUS mendesain tepian body hingga membentuk mirip potongan berlian. Atau disebut juga sebagai diamond-cut design. Yang terbukti memperkuat kesan elegan pada ASUS Zenbook S UX393. Potongan tersebut akan membentuk garis di sekeliling tepian body-nya. Dan ASUS memberikan warna red copper (warna tembaga) untuk membuatnya semakin terlihat mewah.

Fitur ASUS Zenbook S UX393

Kalau diperhatikan, ternyata ASUS Zenbook S UX393 dibuat sedikit lebih tebal dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu 15,77mm, dengan bobot hanya 1.35kg. Walau demikian, ketebalan tersebut masih tergolong sangat tipis untuk sebuah laptop, bahkan di kelas ultrabook sekalipun. Karena memang sudah menjadi tradisi bahwa ASUS Zenbook merupakan laptop yang dikenal tipis dan ringan.

ASUS memiliki alasan mengenai hal tersebut. Ketebalan yang sedikit dinaikkan tersebut adalah karena ASUS Zenbook S UX393 sudah dibekali dengan port yang sangat lengkap. Termasuk diantaranya ada USB Type-A, USB Type-C (support Thunderbolt 4), dan juga port HDMI. Kelengkapan port input dan output yang lengkap tersebut akan membuat laptop lebih praktis dan bebas ribet jika ingin menghubungkannya dengan berbagai perangkat lain.

Kelengkapan port ASUS Zenbook S UX393

Saya rasa alasan ini cukup bisa diterima. Karena justru akan lebih merepotkan jika ternyata laptopnya tipis, tapi kita perlu untuk membawa atau menggunakan dongle tambahan. Toh ketebalan yang hanya 1.57cm tersebut masih bisa dibilang sangat tipis.

Perbedaan dari segi fisik juga bisa kita lihat dari bagian layarnya. Layar dari laptop ini tidak menggunakan aspect ratio 16:9 seperti laptop pada umumnya. Melainkan, ia menggunakan aspect ratio 3:2 yang akan membuat permukaan layarnya jadi agak lebih lebar. Menurut keterangan dari ASUS, aspect ratio 3:2 digunakan agar penggunanya memiliki ruang kerja ekstra pada layar, sehingga layar dapat menampung lebih banyak objek.

Spesifikasi ASUS Zenbook S UX393Layar dengan panel IPS dengan bentang 13.9 inch tersebut bukan hanya istimewa dari segi aspect ratio-nya saja, akan tetapi juga memiliki berbagai keistimewaan lain. Mulai dari resolusi layarnya yang sangat tajam yaitu 3.3K (3300 x 2200 pixel), kecerahan hingga 500 nits, reproduksi warna standar cinema dengan 100% DCI-P3 dan 133% sRGB, hingga sertifikasi PANTONE untuk menjamin akurasi warnanya.

Selain itu, panel layar ini juga sudah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland untuk tingkat sinar biru (blue light) yang rendah. Tingkat blue light yang rendah akan membuat mata lebih nyaman dan tidak membuatnya cepat lelah ketika menatap layar dalam waktu lama. Keistimewaan dari layar dari ASUS Zenbook S UX393 ini membuatnya sangat cocok untuk para content creator, atau para profesional yang sangat membutuhkan tampilan layar dengan warna yang akurat. Panel layarnya ini adalah panel touch screen yang sudah mendukung input stylus dengan 4096 preasure level.

Performa

Beralih ke bagian dapur pacu. ASUS Zenbook S UX393 menggunakan prosesor terbaru yaitu Intel Core i7 generasi ke-11. Prosesor terbaru ini tidak hanya memiliki kecepatan CPU yang handal, tetapi juga didukung dengan chip grafis terintegrasi yang sangat powerful. Chip grafis Intel Iris XE Graphics terbaru tersebut mampu menghadirkan performa yang setara dengan chip grafis diskrit.

Hal ini terlihat dari hasil tes benchmark grafisnya. Yang menunjukkan bahwa kemampuannya tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan, termasuk untuk menjalankan berbagai game casual dan beberapa game esports.

Kemampuan grafis tersebut membuat laptop ASUS Zenbook S memiliki perpaduan yang menarik. Tipis dan ringan, namun performa cpu dan grafisnya juga bisa diandalkan. Hanya saja, kekhawatiran yang biasanya muncul dari sebuah laptop performa tinggi dengan layar beresolusi tinggi adalah dari sisi konsumsi daya dan juga temperaturnya.

Namun nampaknya hal ini sudah diantisipasi oleh ASUS. Karena nyatanya, ASUS Zenbook S UX393 mampu memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. Dalam simulasi pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark 10, laptop ini mampu memiliki daya tahan baterai hingga 13 jam dan 41 menit pada mode modern office. Yang mana daya tahan baterainya itu sudah sangat cukup untuk menemani bekerja seharian.

Dari sisi temperatur pun nampaknya bukan menjadi masalah bagi laptop ini. Dalam hasil uji stress test menggunakan aplikasi 3DMark pada mode Night Raid, laptop ini mampu lolos dengan skor 97,1% dengan temperatur CPU rata-rata di angka 56 derajat celcius.

Berdasarkan keterangan dari ASUS, stabilnya performa dan temperatur tersebut adalah hasil dari penerapan sistem pendinginan yang optimal dari ASUS Zenbook S UX393. Yang membuatnya dapat menahan suhu komponen di batas aman, yaitu dibawah 85 derajat celcius. Nampaknya desain ErgoLift System yang digunakan pada laptop ini juga punya pengaruh yang cukup besar. Karena pada saat laptop terbuka, bagian bawah dari laptop ini akan sedikit terangkat. Sehingga akan memberikan ruang ekstra untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Dari sisi penyimpanan, laptop terbaru dari ASUS di tahun 2021 ini menggunakan penyimpanan berjenis SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 1TB. Dan dukungan RAM berkapasitas 16GB LPDDR4X yang akan membuat performanya semakin optimal.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, ASUS Zenbook S UX393 juga memiliki berbagai detail-detail kecil lain yang membuatnya semakin nyaman untuk digunakan. Diantaranya ada fitur AI Noise Canceling yang berguna untuk meminimalisir noise pada saat melakukan conference call. Lalu ada juga fitur pemindai wajah yang menggunakan kamera infra merah yang memungkinkannya untuk mendeteksi wajah secara akurat walau dalam keadaan pencahayaan minim sekalipun.

Serta dukungan Wi-Fi 6 untuk konektivitas super cepat dengan latency yang lebih kecil, serta dukungan fitur NumberPad. Numberpad adalah sebuah fitur yang memungkinkan laptop untuk mengubah panel touch pad menjadi sebuah virtual NumPad dengan hanya melakukan satu klik saja.

Harga resmi ASUS Zenbook S UX393

Fitur ini akan memudahkan pengguna saat akan melakukan input angka. Dan walaupun NumberPad dalam keadaan aktif, kita masih bisa menggunakan touchpad secara normal. Sehingga penggunaannya pun sangat fleksibel. Berikut adalah harga resmi dan spesifikasi ASUS Zenbook S UX393:

Fitur ASUS Zenbook S UX393

Main Spec. ASUS ZenBook S (UX393)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 10 Home
Memory 16GB LPDDR4X

 

Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 13.9″ (3:2) IPS 3.3K (3300 x 2200), 500 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
Graphics Intel® Iris® X Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery, Micro SD card reader
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Audio by ICEpower®, Built-in speaker Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.60 x 22.40 x 1.57 ~ 1.57 cm
Weight 1.35 kg
Colors Jade Black
Price Rp24.999.000
Warranty 2 tahun garansi global
Pandu Dryad
Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P