Beranda Pengetahuan Dasar Sebenarnya, Infinix Itu Darimana Sih Asalnya?

Sebenarnya, Infinix Itu Darimana Sih Asalnya?

74

Sebenarnya, Infinix Itu Darimana Sih Asalnya? – Kalau kemarin saya sudah membahas soal brand Samsung, kali ini saya akan membahas sedikit soal Infinix. Brand ini sudah beberapa tahun bermain di pasar smartphone Indonesia. Dan sejak awal kedatangannya beberapa tahun lalu, smartphone dari brand Infinix tergolong cukup bisa diterima dan disambut baik oleh masyarakat Indonesia.

Sejak awal kemunculannya, Infinix hadir sebagai penantang Xiaomi untuk menghadirkan smartphone murah dengan spesifikasi tinggi. Mereka juga terlihat sangat serius untuk menggarap pasar disini. Karena sejak diperketatnya ijin edar bagi perangkat dengan teknologi 4G, Infinix sudah melakukan berbagai upaya demi memenuhi regulasi TKDN sebagai syarat agar mereka mendapatkan ijin untuk memasarkan produknya secara resmi di Indonesia.

Tapi karena masih tergolong brand yang baru dikenal, mungkin beberapa calon konsumen akan bertanya-tanya, sebenarnya Infinix itu buatan mana sih?

InfinixYaa biasa lah, orang-orang memang suka begitu karena mitos soal “barang buatan negara ini bagus, sedangkan barang buatan negara ini jelek” tuh masih melekat di benak sebagian orang. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar. Oke deh, mari kita mulai bahasannya!

Hp Infinix Buatan Mana?

Menurut sumber yang saya baca, brand Infinix mulai didirikan pada tahun 2013, dimana Hong Kong menjadi markas utama mereka. Meski demikian, perusahaan ini mengklaim bahwa mereka mempunyai pusat R&D (riset dan pengembangan) di Perancis dan Korea, serta memusatkan perakitan perangkat di negara China. Lalu, itu artinya apa?

Artinya, meskipun Infinix berasal dari Hong Kong, namun kita pasti bakal melihat bahwa perangkat yang mereka pasarkan akan memiliki keterangan Made in China pada dus-nya. Yang mana brand-brand lain pun kebanyakan juga seperti itu. Jadi hanya karena ada keterangan “Made in China”, jangan mengira bahwa hape Infinix yang kamu gunakan itu palsu. Tapi kenapa sih kok mesti di oper-oper begitu segala? Asalnya dari Hong Kong, tapi dirakit di China? Kenapa tidak sekalian dirakit di markasnya saja?

Alasannya adalah untuk menekan biaya produksi. Jadi, perusahaan-perusahaan elektronik (termasuk Infinix) bakal membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak di bagian produksi. Plus, area yang cukup luas untuk membangun pabrik, demi memenuhi permintaan pasar.

Nah karena itulah, perusahaan elektronik membangun pabrik di tempat (negara) lain atau bekerjasama dengan perusahaan perakitan barang elektronik yang biasanya akan menempatkan pabriknya di negara-negara dengan gaji murah seperti misalnya China, Vietnam, dan lainnya.

Dan pada perangkat keluaran baru dari Infinix, kamu bahkan bakal menemukan keterangan bahwa hp Infinix Dibuat di Indonesia (Made in Indonesia) pada bagian dus-nya. Karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, hal ini adalah untuk memenuhi regulasi TKDN yang berlaku di negeri kita.

Daritadi nyebutin regulasi, emangnya regulasi apaan sih TKDN itu?

Gini gini… Sekarang ini, semua perangkat termasuk hape dan tablet atau bahkan MiFi yang punya konektivitas 4G LTE, wajib memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebanyak sekian persen (bisa berubah di tiap tahun), agar mendapatkan ijin edar secara resmi. Sebelum mendapat ijin tersebut, maka produk yang bersangkutan belum boleh dipasarkan secara resmi di Indonesia.

BACA JUGA : MiFi Itu Apa Sih? Kegunaannya Buat Apa?

Maka dari itu, banyak vendor hape yang memilih untuk melakukan perakitan produknya di Indonesia untuk menambah unsur TKDN. Karena memang opsi tersebut dinilai paling mudah untuk dipenuhi oleh mereka. Hal ini juga sudah saya bahas pada posting berjudul kenapa sekarang banyak hape made in Indonesia?

Jangan khawatir, kualitas produknya harusnya tidak jauh beda kok! Karena toh mereka (Infinix) sudah menentukan standar-standar tertentu untuk urusan perakitannya, sekaligus juga standar spesifikasi hardware yang jelas sudah mutlak ditentukan sebelumnya. Jadi mau dimanapun letak pabriknya. termasuk yang ada di Indonesia. tugas mereka hanyalah merakit komponen yang sudah ada sebelumnya.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai Infinix Mobility yang bisa saya bagikan disini. Kalau ada yang harus dikoreksi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! πŸ™‚

Artikel sebelumnyaPenjelasan Soal Fungsi & Keuntungan Fitur VoLTE
Artikel selanjutnyaGaleri Hape Android Kamu Tidak Menampilkan Foto atau Video Yang Tersimpan? Coba Tips Ini Deh!
Admin Techijau.com | Kurang pandai mainan socmed, khususnya IG

74 KOMENTAR

  1. gara2 beli infinix zero 8, satu keluarga ganti infinix semua, akhirnya beli infinix hot 10, beli lagi infinix zero 8, total 3 unit

    • Inih aku pake infinix hot 9 play, puas bngt sama hp ini, harga terjangkau fasilitas luar biasa, dengan batrai 6000mah aku bisa puas nge-game, batrai bisa sampai 2 hari ga di CES,, pokonya puas,, oh iya dan lagi soal camera bening ga kalah sama hp yg harganya menguras dompet

  2. Infinix emang HP keren… tadinya mau beli HP brand ternama, pas lihat Infinix Smart 3 plus 3GB/32GB aku beli karena harganya murah tapi speknya oke…. dan pas coba emang benar HP Infinix promo sama real sesuai… bahkan aku coba celupin ke air yg kutuang ke ember pas angkat HP tetap berfungsi normal. Infinix luar biasa…

  3. saya pakai infinix not 3 pro sudah 2 tahun lebih ….dan emang hp ini tahan banting juga ..apa kebetulan saja ..sering jatuh juga . pokoknya kuat banget …dan saya pakainya tidak pernah berhenti saya buat main gam …jika berhenti cuman waktu cas batrey saja ……Top banget infinix

  4. selama masa pemakaian infinix overal bgus smuaa finishing oke smuaa oke. intinyaa gak kalah dengan brand terkenal . klo blum coba emang g bakal tau hehe.
    infinix mantab

  5. pertama pake Infinix X551, ram 2 gb, Internal 8 gb,, sayang masih 3G doang, belom 4G, tspi untuk sekelasnya saya jagoin banget dah,, spek ga ada kalahnya ama hape yg speknya setara, yg harganya mahal sekalipun,, sekarang pake lagi Infinix X572, ram 3 gb, Internal 32 gb, harga jauh dibawah yg setara, yg brand nya mehong,, mantaaaf,, salut buat Infinix, murmer tapi spek mehong punya…

  6. ya inti nya hp bagus atau tidak nya kembali lg pada pemakai nya ja. gua pake hp murah 3 tahun pakai awet2 saja tuh tanpa ada rusak cm lecet pemakaian saja.

  7. Begini Gan . Soal Merk Relasi genk . Ada yg Mau mahal dan Berkualitas . Kalo Ane Murah Meriah bisa di Andal kan yang Penting Spesifikasi Gak Kalah Sama Yang Mahal dan Berkualitas Genk .
    Pasaran Murah Atau Ekonomis Memang Cocok untuk di Pasarkan Di Indonesia Bahkan mampu Bersaing Dengan Merk yang Ternama Sekalipun .

  8. Memang infinix harga bersahabat untuk spek ram 4GB dan kamera utama 24MP + front 12MP cuma 3,3jt. Tapi untuk service centernya masih langka gan. Gua udah ngubek dataran Bandung ga ketemu gan, nanya ke Bandung Elektronik Center (BEC) bilang di Jl. Kebon Bibit No.12, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116 tapi itu service untuk semua perangkat. Kalau agan tau service center di daerah bandung, tolong beri tahu..

  9. Infinix memang bagus, Aku pake Infinix Hot 4 Pro. Tpi kerapatan Layar Pixel masih kalah sama Xiaomi. Aku bandingkan Xiaomi Note 3 (401 dpi) punya adek, Xiaomi Note 4x punya temen, Oppo A37 punya kakak, Infinix Zero 4 punya kakak Ipar. Menurut saya Juaranya Infinix Zero 4 Dual SIM standbye

  10. Mas Pandu Dryad mohon pencerahannya
    HP saya Infinix zero 3 x552 baru 5bulan tapi ada kendala di charger masa charger 1jam cuma nmbah 3%
    Untuk kabel Dan adaptor Normal Mas
    Kira” klo di ajuin ke service center kena biaya ngga ?
    Okee thx.

  11. Mas Pandu Dryad mohon pencerahannya
    HP saya Infinix zero 3 x552 baru 5bulan tapi ada kendala di charger masa charger 1jam cuma nmbah 3%
    Untuk kabel Dan adaptor Normal Mas
    Kira” klo di ajuin ke service center kena biaya ngga ?
    Okee thx.

  12. Mas Pandu Dryad mohon pencerahannya
    HP saya Infinix zero 3 x552 baru 5bulan tapi ada kendala di charger masa charger 1jam cuma nmbah 3%
    Untuk kabel Dan adaptor Normal Mas
    Kira” klo di ajuin ke service center kena biaya ngga ?
    Okee thx

      • Nah, kalo ditanya soal produk spesifik, itu harus test langsung kak. Soalnya kadang kualitas satu produk bisa beda dengan yang lain walau merk nya sama. Sayangnya, aku belum pernah coba hape tipe itu, jadi kurang tau

  13. Saya udah puas banget pake infinix x551… Udah mau tiga taun masih bagus dan batrai nya masih oke… Sayang ketinggalan jaringan dan msh 3g.. Skrng pake infinix lg yg udah 4g… Takan berpaling ttp infinix d hati bis hp nya bandel

  14. Gan saya lagi tertarik ama hp infinix note 4 pro x571 yg baru menurut agan bagus ga ya, saya yg awam dengan spesifikasi hp sekilas membaca spesifikasi dan liat iklannya di youtube kayaknya bagus ya kalo di bandingkan dengan hp android yg lain yg lebih mahal dan bermerk, baru ada di lazada dan harga juga terjangkau 2.399.000 tp lagi diskon 2.299.000 ambil ga ya hehehehe

BERIKAN KOMENTARMU

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini