Home Pengetahuan Dasar Sebenarnya, Samsung Itu Darimana Sih Asalnya?

Sebenarnya, Samsung Itu Darimana Sih Asalnya?

12618
2
SHARE

Sebenarnya, Samsung Itu Darimana Sih Asalnya? – Cukup banyak pembaca blog Techijau.com yang bertanya soal negara asal dari Samsung, sebuah vendor smartphone yang amat populer di Indonesia hingga saat ini. Dan karena itulah mimin akan membahas mengenai hal tersebut pada posting kali ini.

samsungSamsung merupakan sebuah perusahaan raksasa elektronik asal Korea Selatan, yang saat ini sudah memasarkan produknya di berbagai belahan dunia. Produk yang mereka tawarkan pun bermacam-macam, mulai dari peralatan rumah tangga, hingga smartphone alias hape yang merupakan produk mereka yang paling populer di Indonesia.

Tapi…

Meskipun Samsung merupakan brand asal Korea Selatan, bukan berarti semua produk mereka dibuat atau dirakit di Korea Selatan juga loh! Mimin jelaskan sedikit ya, Gaes!

Untuk dapat memenuhi permintaan pasar di seluruh dunia, perusahaan elektronik seperti Samsung ini tentu harus memiliki kapasitas produksi yang tinggi. Dan ini tentu akan membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak di bagian produksi, plus area yang cukup luas untuk membangun pabrik.

Untuk memenuhi hal tersebut, biasanya Samsung dan perusahaan elektronik lain akan membangun pabrik di tempat (negara) lain atau bekerjasama dengan perusahaan perakitan barang elektronik yang biasanya akan menempatkan pabriknya di negara-negara dengan gaji murah seperti misalnya China, Vietnam, dan lainnya.

Tujuannya, tentu saja agar biaya produksi menjadi lebih sedikit, sehingga mereka bisa menjual produknya dengan harga yang tak terlalu mahal. Maka, jangan heran kalau kita menemukan hape Samsung Made in China, Made in Vietnam, atau bahkan Made in Indonesia.

Iya, kalau kamu menemukan hape Samsung yang kamu gunakan ternyata bukan Made in South Korea, kamu tak perlu panik karena belum tentu barang tersebut palsu. Jadi, kalau ada yang bertanya “Samsung tuh buatan mana sih?”, jawabannya yaa beda-beda, karena mereka bekerjasama dengan perusahaan perakitan dan atau membangun pabrik di beberapa negara yang berbeda. Dan ini bukan cuma berlaku untuk Samsung aja kok, karena hampir semua vendor gadget juga melakukan hal yang sama.

Untuk hape Samsung buatan Indonesia sendiri, sebenarnya juga merupakan kebutuhan khusus dalam rangka memenuhi regulasi TKDN yang berlaku di negeri ini, dimana semua vendor gadget yang ingin memasarkan gadget dengan konektivitas 4G LTE wajib memenuhi persyaratan TKDN seperti yang sudah mimin bahas pada posting Kenapa sekarang banyak hape made in Indonesia?

Lalu soal kualitas, gimana? Tenang aja, meskipun dibuat di negara yang berbeda-beda, kualitasnya tetap terjamin kok! Karena, pabrik perakitan itu tugasnya yaa hanya merakit komponen yang ada, dimana Samsung juga pasti punya standar-standar tertentu yang wajib dipatuhi oleh perusahaan perakitan untuk memastikan kualitas perakitan produk yang baik.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai brand Samsung yang bisa mimin bagikan. Dan semoga, nggak akan ada lagi salah kaprah mengenai hal ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, semoga bermanfaat! 😀

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here