Home Pengetahuan Dasar Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu?

136998
285

Samsung Made In Vietnam, Asli Atau Palsu? – Beberapa waktu lalu mimin mendapati beberapa pengguna yang bertanya soal keaslian perangkatnya. Mereka mulai mencurigai atau meragukan keaslian dari perangkatnya tersebut ketika mereka mengetahui atau membaca label “Made in (Nama Negara)” pada dus perangkatnya.

Seperti salah seorang pengguna perangkat Samsung Galaxy yang tidak mimin sebutkan namanya ini misalnya, ia sempat mengemukakan pertanyaan seperti berikut:

Samsung yang asli itu “made in” mana sih? Kok punyaku made in Vietnam ya? Itu asli gak?

Bagi pengguna awam, pertanyaan macam ini memang cukup sering diajukan. Tidak mengherankan karena pastilah mereka khawatir tentang keaslian atau mungkin kualitas produk yang telah mereka beli dan gunakan.

Nah disini, mimin akan coba untuk mengulas sedikit lebih jauh soal masalah “made in” agar kamu para pembaca bisa lebih memahami arti dari kata tersebut. Kata “made in” dalam bahasa Indonesia berarti “dibuat di”, sehingga jika terdapat tulisan semisal “Made in Vietnam” itu artinya barang tersebut dibuat di negara Vietnam.

Made in China

Tapi bukankah Samsung berasal dari negara Korea Selatan? Ya memang benar, tapi produk yang mereka pasarkan akan dibuat di negara lain untuk lebih menghemat biaya produksi. Maksud kata “dibuat” disini sendiri artinya adalah diproses dan dirakit.

Sehingga jika ada kata “Made in (Nama Negara)” itu berarti perangkat tersebut diproses dan dirakit di negara yang disebutkan pada label, namun tetap berada dibawah standar dari masing-masing vendor, dalam contoh ini adalah Samsung.

Jadi apakah perangkat Samsung Made in Vietnam itu asli? Bisa dikatakan demikian, karena semua spesifikasi komponen yang digunakan pastilah sama persis dengan standar Samsung, hanya saja proses perakitannya dilakukan di negara Vietnam.

Tidak hanya Samsung, vendor-vendor besar dari negara lain pun juga demikian termasuk BlackBerry, ASUS, Apple dengan iPhone dan lainnya. Mereka menunjuk atau memilih tempat (negara) tertentu untuk proses merakit perangkatnya agar dapat menghemat biaya produksi.

Bayangkan saja jika iPhone dirakit langsung di Amerika, berapa banyak biaya yang mereka keluarkan hanya untuk menggaji karyawan di bagian produksi? Maka jangan heran jika produk-produk kelas atas memiliki label Made in China, Vietnam, atau bahkan mungkin Made in Indonesia. Lalu bagaimana soal kualitas?

BACA JUGA : Kenapa Sekarang Banyak Hape Made in Indonesia?

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, spesifikasi dari bahan yang digunakan pastilah sama dengan standar dari masing-masing vendor hanya saja tempat merakitnya saja yang berbeda. Proses perakitan itu pun harus dibawah standar yang ditentukan oleh vendor sehingga seharusnya kualitas dari produk yang dihasilkan kurang lebih sama. Jadi kamu jangan mudah percaya dengan rumor seperti ini:

PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “A” LEBIH BAGUS DARIPADA PRODUK YANG DIRAKIT DI NEGARA “B”

Yah, bisa dibilang itu hanyalah sebuah candaan, atau kerjaan orang yang mau cari sensasi aja, jadi kamu tidak perlu mempercayainya. Rumor itu sudah ada sangat lama, sejak BlackBerry masih menguasai dunia, dan disebarkan oleh alay-alay yang keranjingan BBM di masa itu.

Lebih lanjut, meskipun demikian, kamu tetap harus waspada ketika membeli hape (khususnya dengan harga murah) karena kemungkinan barang palsu akan tetap ada. Saran dari mimin, pastikan untuk membeli smartphone dengan garansi resmi untuk memastikan keasliannya, sekaligus juga agar lebih aman untuk masalah garansi.

BACA JUGA : Bedanya Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor

Di Indonesia sendiri, saat ini hampir semua produk smartphone 4G YANG DIJUAL KHUSUS UNTUK PASAR INDONESIA adalah rakitan Indonesia (made in Indonesia). Alasannya? Silakan baca tulisan pada link yang mimin cantumkan diatas tadi.

Kalau ingin beli online, pastikan kamu membeli di toko online terpercaya dan pastikan pada keterangan produk disebutkan bahwa produk tersebut adalah “Garansi Resmi” atau “Garansi Lokal” (yang artinya adalah, garansi hanya berlaku di wilayah tempatnya dijual, yaitu Indonesia). Untuk lebih memastikan lagi, silakan cek semua hal yang diperlukan, segera setelah barang sampai kerumah.

Oke, sekian aja ya untuk tulisan kali ini. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Follow juga IG kita di @techijau ya, dan subscribe akun YouTube kita. Semoga bermanfaat! 😀

SHARE

Author at techijau.com | Bukan pecandu selfie, cuma orang gaptek yang tertarik sama gadget. Disebut juga sebagai Mas Bocah | Suka post hasil kamera gadget juga di akun IG @masbocah. Follow aja, gak bayar kok :P

285 COMMENTS

  1. Min saya mw nanya kemaren sy beli hp samsung galaxy s8 edge buatan vietnam dengan versi 7.0, tp, jaringanbya msh 3g. Itu knpa ya min….?????

  2. Min tdi saya mw belik hp samsung j7 buatan vietnam, tp rasa nya kok kayak ada kurang, mulai dari tampilan nya, pas di bagian menu nya juga rasa ini brang palsu, saya ga jadi beli, lebih ringan iya juga,, kira2 tu asli apa palsu,???

  3. Info imei min. Pas di cek imei di kotak sama imei di hp beda, cuma perbedaannya terletak di (….nmr imei..)/01 ada garis miring dan angka tambahan, apakah itu termasuk hp yg berada dalam pengawasan atau di sadap. Hp made in vietnam.

  4. Min saya baru beli hp Samsung j8 d Vietnam tp jaringan nya kok aneh ya , mau di buat lte ga ada pilihan nya pake kartu eksis jaringan nya E , itu memang blm 4g atau gmna min

  5. min sy mau nanya nih kalo kan saya tuh beli hp samsung s8+ yg made in vietnam nah os nya tuh udah 7.0 tpi pas sy buka masih marsmellow knp yah? terus juga fingerprint nya pake jari sy tapi pas di coba sama jari org juga bisa kebuka knp tuh ?? makasihh

    • Setau saya nih gan.. saya jg pernah tertipu beli hp HDC. Semacam super copy yg kualitasnya bagus.. nah finger print nya emang bisa di buka oleh semua jari.. dan yang pasti waktu slide menu lebih lambat dan kurang halus.. waktu buka aplikasi tidak secepat hp orinya

  6. numpang nanya nih min.samsung service center tdk melayani service untuk perbaikan made in vietnam.counter lain nggak sanggup.karna kata nya program nya yg kena.ad tempat lain nggak ya min?samsung a9.thks

  7. Min. Mau nnya saya ad hp samsung A9 6 dn hpnya skg bootloop itu bisa diperbaiki gak yaa. Soalnya d smsung service center gak bisa nrima untk perbaikan hp buatan luar negri. Trimakasih

    • Bisa banget. Coba untuk masuk ke recovery mode (silakan cari di gugel yaa, aku belum pernah tes sendiri soalnya jadi gatau caranya), terus temukan dan pilih menu “wipe data / factory reset”

      NOTE: Semua data di hape bakal hilang

  8. Mas, saya mau tanya, hp galaxy grand prime saya mengalami bootloop dan saya ingin melakukan flashing. Nah tiu saya harus memakai firmware dari negara pembuatnya yaitu vietnam atau firmware dari indonesia?

    • Setauku, untuk beberapa brand hape, firmware khusus yang tersedia itu cuma untuk versi China dan atau US aja. Sisanya, pake versi global / worldwide. Jadi yaa sepertinya nggak ada firmware yang untuk versi khusus Indonesia

  9. Admin mau tanya saya pake s8 plus SM-G955FD ini made in mana ya ?tolong pencerahanya ..trus gmn crny untuk meng claim garansi internitonal

  10. Min.. saya mau nanya, ne ada yg jual samsung s8+ Made in vietnam cuman 1,2 jt tapi minus mic speaker nya aja. Kira-kira itu ori atau kw yaa? Soalnya saya ragu kalau itu ori.

  11. preet so tau lu bukan seperti itu cara ngebeain nya!!
    Samsung buatan Vietnam contoh nya a9 banyak yg palsu
    jangan mau beli gadget samsung merk vietnam disini udah ada yg beli ternyata palsu

  12. mas saya mau tanya nih saya punya hp on7 cuma di batu dan tulisan imei nya bahasa cina tapi aqu tes kode” samsung masuk semua ory apa kw mas

  13. Saya beli Samsung s8+ plus made in Vietnam jaringan real 4G , fingerprints hanya jari yang didaftarkan saja , juga Irish scanners berfungsi dengan baik. Kameranya juga bagus apalagi auto fokusnya ( kamera utama ) tp kamera depannya biasa aja . Ram juga real 4/64 GB tpi saya itu beli murah cuma 1,5 di jual beli online wkwk .. ITU asli apa KW ya min ? Saya beli di orang katanya dapet Dari hadiah .

  14. Saya beli j5 pro, ga nemu tulisan sein . Made in indonesia. Apa emang gt ya gan?
    Rasa ada yg kurang biasa di charger ja suka ada sein nya.

  15. Min kmren aq bli j1 ace tpi stlah di cek no imei nya ga ke dftar,,
    Trus g ada radio nya jga sdngkan klo yg asli ada radionya, itu udh jlas pnya aq palsu yah ??
    Dan juga batreinya made in malasya sdngkan hp nya indonesiaa,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here